Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diposting pada
Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tips Menurunkan Berat Badan Secara AlamiBagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak-lemak yang berlebih yang menumpuk di bagian-bagian tubuh. Dan mungkin anda yang sedang menjalankan program diet tapi belum juga membuahkan hasilnya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Anda harus menjalankan proses yang mungkin menurut anda kurang nyaman, misalnya tentang nilai asupan gizi, nutrisi, vitamin dan lemak yang harus sesuai.

Ada kebiasaan yang harus dirubah baik pola makan atau gaya hidup. Berikut ini ulasannya:

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tambahkan, Bukan Mengurangi

Pola makan sangat mempengaruhi keseimbangan tubuh anda, asupan yang sehat akan membuat berat badan juga sesuai. Jika anda sembarangan mengonsumsi makanan yang berlemak itu akan membuat badan semakin besar. Coba tambahkan menu makanan yang sehat dan mengurangi apa yang anda suka, karena belum tentu semua makanan yang anda suka membuat tubuh jadi ideal. Perhatikan makanan yang asupannya memiliki kandungan baik itu nutrisi, gizi, mineral dan vitamin. Tambahkanlah porsi makanan yang sehat, kurangi makanan yang kadar lemaknya tinggi.

Anda tidak dilarang mengonsumsi makanan atau camilan kesukaan anda, contohnya, anda suka dengan coklat, cobalah untuk membeli cokelat yang kadar Dark Chocolate 80%-99% dan kadar gulanya sedikit saja.

Olahraga

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga. Tidak sedikit orang yang merasa beban jika harus berolahraga setiap hari. Tapi jika anda memiliki kegiatan yang memicu pembakaran kalori, tidak harus berolahraga setiap hari. Kesibukan rutinitas setiap hari sama seperti anda berolahraga. Misalnya anda pergi ke kantor berjalan kaki setiap hari, itu sama seperti berolahraga setiap pagi.

Lakukan aktifitas yang bisa membuat anda bergerak aktif. Bila perlu olahraga ringan sebelum tidur malam. Tapi jika aktifitas anda hanya duduk di depan computer sebaiknya lakukan olahraga ringan, jogging pagi disarankan agar tubuh lebih rileks. Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

Berjalan Terus

Bagi anda yang kesehariannya sering berjalan kaki, itu adalah aktifitas yang bagus. Membiasakan diri berjalan, tidak hanya membuat badan sehat, dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh, aktifitas berjalan membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Pentingnya pergi bekerja atau ke manapun dengan menggunakan kendaraan umum, pasti anda perlu berjalan kaki ke halte bus atau ke tempat pangkalan mobil umum yang akan ditumpangi. Jarak yang cukup jauh lebih baik agar membakar lemak tubuh.

Ringankan Kalori Makanan

Jika biasanya anda mengonsumsi makanan yang kadar kalorinya tinggi, coba kurangi kadar kalorinya. Misalkan jika anda penggemar pizza dengan lapisan keju, minta kejunya diganti dengan keju rendah lemak. Atau minuman manis dan bersoda, ganti dengan gula jagung atau less sugar.

Perbanyak Air Putih

Bagi anda yang kurang minum, sebaiknya perbanyak air putih. Banyak sekali manfaat untuk metabolisme tubuh. Biasakan minum saat bangun tidur dan sebelum makan. Sangat disarankan air hangat setiap bangun pagi dua gelas agar merileksasi pencernaan dan tubuh. Minumlah secara rutin air putih 8-10 gelas perhari.

Kecilkan Ukuran Mangkok Anda

Dengan anda menggunakan piring atau mangkok dengan ukuran yang lebih kecil dari biasanya, akan membuat sugesti porsi makan berkurang, berbeda dengan menggunakan piring besar, anda akan tergoda untuk mengisinya penuh dengan makanan. Jika anda masih merasa kurang kenyang makanlah 1 buah pisang daripada menambah nasi.

Gunakan Waktu Yang Sama

Sistem tubuh kita bekerja dengan luar biasa alami, dengan otomatis tau kapan memperoses makanan dan lemak. Jangan mengurangi porsi makanan secara tiba-tiba, lakukan secara bertahap, kurangi sedikit-sedikit dan biarkan tubuh memiliki waktu untuk membiasakannya.  Tubuh secara otomatis membakar lemak yang menumpuk di ubah menjadi energi dan berjalannya waktu berat badan anda yang berlebih menjadi menurun.

200 Langkah Setelah Makan

Anda bisa berjalan sebanyak 200 langkah sejam setelah makan, jangan lakukan sehabis makan karena akan membuat perut anda terasa sakit. Hal ini sangat di sarankan agar membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Anda tidak perlu pergi keluar, cukup di tepat anda berada dan lakukan sebanyak 200 langkah dengan mengitarinya.

Jadikan Buah Sebagai Camilan

Jika anda merasa mudah lapar padahal belum jam makan, jadikan buah sebagai camilan. Kurangi camilan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Makanlah pisang atau apel yang cukup untuk menahan rasa lapar anda. Baca Juga: 17 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Beristirahat Yang Cukup

Memiliki tidur yang berkualitas dengan istrirahat yang cukup membantu metabolisme berjalan dengan normal. Jika kurang tidur dan metabolisme terganggu dan mengakibatkan kerja dan prosesnya terhambat yang mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh. Jadi biasakanlah tidur yang cukup agar tubuh kembali segar dan anda bisa melakukan semua aktifitas dengan lancar dan proses tubuh juga lancar. Baca Juga: Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Itulah beberapa tips untuk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan menggunakan produk obat-obat kimia agar langsing. Tapi perbanyak beraktifitas yang membakar lemak dan menjaga asupan makanan sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi anda.