Tips Memilih Kran untuk Dapur

By | 29/11/2019

Tips Memilih Kran untuk Dapur. Kran air pada ruangan Dapur merupakan salah satu detail yang paling penting diperhatikan untuk menunjang berbagai aktivitas, seperti mencuci perabotan kotor dan membersihkan bahan-bahan makanan. Salah memilih, maka sudah barang tentu akan membuat kegiatan perdapuran menjadi tidak nyaman dan terganggu. Nah, berikut adalah beberapa tips dalam memilih kran air untuk Dapur.

Stop Kran

  1. Pilih Kran Berleher Fleksibel

Pada umumnya, kran air untuk bagian Dapur mempunyai ukuran leher panjang dan tinggi. Hal ini dimaksudkan agar para penggunanya bisa mencuci peralatan Dapur berukuran besar. Namun begitu, pilihlah kran yang juga memiliki leher fleksibel supaya arah jatuhnya air bisa diatur sesuai keperluan.

  1. Perhatikan Kualitas Sambungan

Kebanyakan orang menganggap kran berbahan dasar stainless steel yang anti-karat lebih baik ketimbang plastik dalam mengatasi perkara kebocoran. Namun faktanya, bahan atau material bukanlah faktor yang bisa menjamin tidak terjadinya masalah tersebut, melainkan desain dari sambungan. Jadi, pastikan pilih kran yang memiliki desain sambungan sempurna, lengkap dengan karet penutup dan detail-detail kecil lainnya, yang dimaksudkan untuk mencegah kebocoran.

  1. Intensitas Pancuran Air yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Setiap kran mempunyai kekuatan dan pola pancuran air berbeda-beda. Ada kran yang mampu mengalirkan air kencang dengan kekuatan yang terpusat pada satu titik, ada juga yang menyebar dengan intensitas rendah seperti Shower Head di kamar mandi.

Setiap kekuatan dan pola pancuran tersebut tentu diperuntukkan bagi kebutuhan berbeda-beda. Namun jika untuk sekedar mencuci atau membilas perabotan Dapur yang tidak terlalu kotor, pancuran dengan intensitas air menyebar seperti Shower Head adalah yang paling tepat. Sebaliknya, jika untuk mencuci perabotan dengan noda berat, maka pancuran kencang yang berpusat pada satu titik jauh lebih baik. Maka dari itu, pilihlah kran yang kekuatan pancuran airnya bisa diatur sesuai kebutuhan.

  1. Mempunyai Dua Pilihan Suhu Air

Kendati pada umumnya aktivitas di dapur lebih banyak menggunakan air dingin, namun bukan berarti air dengan suhu panas tidak diperlukan. Oleh sebab demikian, pilihlah kran yang memiliki dua opsi suhu air agar kegiatan perdapuran Anda lebih mudah dan lancar.

  1. Pilih Kran Air yang Berbahan Stainless Steel

Kean air mempunyai bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Kran berbahan dasar besi tebal dan PVC memang bisa digunakan di dalam mau pun luar ruangan, namun yang bermaterialkan Stenlees Steel jauh lebih cocok untuk diterapkan di bagian Dapur.

  1. Pilih Kran dengan Handle yang Nyaman

Dewasa ini kran tersedia dengan berbagai macam handle, ada yang diputar secara manual, ada pula yang sudah dilengkapi dengan sensor otomatis yang bisa dioperasikan hanya lewat sentuhan atau pun gerakan. Pilihlah handle yang menurut Anda paling nyaman, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Stop Kran

Kesimpulan

Pada dasarnya, pemilihan kran air yang tepat sangat tergantung pada masing-masing kebutuhan dan penggunaannya. Kran air yang berbahan baku Stainless Steel memang lebih tahan lama, yang bermaterialkan plastik mempunyai harga yang lebih terjangkau, serta pemasangan dan perawatannya pun lebih mudah. Selain itu, pastikan kran air yang dipilih tetap selaras dengan detail-detail lain yang ada di ruangan Dapur Anda, seperti halnya Kitchen Set.

Baca Juga: Manfaat Air Untuk Kesehatan Tubuh

Demikian beberapa tips dalam memilih kran air Dapur. Agar lebih mudah dalam pemasangan atau perbaikan, pastikan Anda juga menyematkan stop kran air pada saluran utama.