Tetap Berpikir Positif Ditengah  Pandemi  Virus Corona

By | 28/04/2020

Tetap Berpikir Positif Ditengah  Pandemi  Virus Corona. Berpikir positif disaat hidup penuh masalah, bagi saya sendiri memang terasa sulit. Apalagi saat seperti ini, dalam masa wabah corona yang menjangkiti di banyak Negara. Kita dipaksa ikut himbauan pemerintah untuk melakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), yang otomatis mengganggu usaha saya untuk menafkahi keluarga.

Semua kegiatan yang biasa dilakukan setiap harinya terganggu, kita secara tidak langsung dipaksa untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, selalu mencuci tangan, kita juga harus memakai alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan bila keluar rumah. Untuk saya sendiri yang menjual jasa tentu berjabat tangan adalah suatu kebiasaan agar kita terlihat ramah oleh pelanggan.

Diawal merasakan dampak PSBB ini, pikiran negatif yang muncul dalam benak saya tiap harinya tidak membuat perasaan khawatir, cemas dan tertekan berkurang. Malah semakin setres, lalu saya ambil keputusan untuk melangkah dari pikiran negatif saya dan mencari referensi tentang berpikiran positif.

Saya ketemu artikel yang mulai membangunkan pikiran saya untuk berpikir positif. Ternyata ada banyak manfaat dari berpikir positif yang sebelumnya tidak saya ketahui. Dari pengalaman ini, saya ingin membagikan beberapa manfaat dan cara kita untuk berpikiran positif dalam segala kondisi:

SELALU INGAT TUHAN

Pengalaman saya bila kita selalu ingat Tuhan, maka kita akan ingat Tuhan tidak akan memberikan masalah melebihi kemampuan kita. Semua yang kita lalui akan dimaknai sebagai jalan kita mengandalkan Tuhan. Perasaan tenang dan pikiran positif itu tumbuh dan kita akan dapat berpikir dalam mencari solusi di setiap masalah.

BIASAKAN BERSYUKUR

Pikiran negatif lahir dari membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang terlihat lebih bahagia. Oleh karena itu kita harus mulai membiasakan diri untuk bersyukur. Kita syukuri apa yang telah kita miliki, bersyukur untuk pekerjaan kita, bersyukur untuk kesehatan kita dan keluarga. Mengeluh tidak membuat masalah yang kita hadapi jadi hilang, untuk itu.

HINDARI MENYALAHKAN ORANG LAIN

Pikiran negatif juga lahir dari kebiasaan menyalahkan orang lain atau keadaan. Mental yang dibangun dari kebiasaan menyalahkan orang lain atau keadaan akan membuat mental kita lembek, mudah kesal dan emosi. Dengan mental seperti itu masalah kecil dapat terlihat besar dan membuat kita memiliki perasaan selalu tak mampu. Yang terbanyang hanya hal buruk saja.

INGAT SELALU TUJUAN KAMU

Apa tujuanmu? Pikiran negatif menghilangkan tujuan hidup, kita akan hidup tanpa tujuan semua yang dikerjakan tidak memiliki alur awal hingga akhir yang ingin dicapai. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita menumbuhkan pemikiran positif. Mental pejuangnya tumbuh karena motivasi untuk terus maju pada tujuan hidup, keadaan sesulit apapun dapat dihadapi.

HATI-HATI BERBICARA PADA DIRI SENDIRI

Ada istilah “Mulutmu adalah Harimaumu” ini menyadarkan kita untuk menjaga perkataan kita. Banyak peneliti yang mengemukakan hasil penelitiannya, bila manusia lebih banyak berbicara pada diri sendiri dibanding dengan orang lain. Dengan perkataan positif pada diri sendiri akan memberikan kita kekuatan dan keberanian menghadapi segala keadaan. Perkataan positif yang dilakukan setiap hari akan memperkuat keteguhan hati, sama seperti kita memakukan paku ke tembok yang dipukul palu berulang agar paku itu bisa kokoh menempel di dinding.

Baca juga: Berbagai Obat Flu Alami Yang Manjur Dan Aman

LALU BAGAIMANA CARA MENCEGAH VIRUS CORONA?

  1. Rutin Mencuci Tangan
  2. Jaga Jarak Dengan Orang Lain
  3. Hindari Kebiasaan Memegang Mata, Hidung dan Mulut
  4. Selalu Gunakan Masker
  5. Bila Tak Penting, Tetaplah di Rumah

APA SAJA GEJALA BILA TERINVEKSI VIRUS CORONA?

Umumya:

  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit Tenggorokan
  • Demam

BILA MERASAKAN GEJALA TERSEBUT HARUS KEMANA?

Anda dapat memeriksakan diri anda ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 yang dapat anda cari di google. Untuk di bandung kita dapat pergi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin di jalan Jl. Pasteur No.38, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161. Rumah Sakit ini sudah memiliki Rapid Test Virus Corona dan pengecekan kesehatan yang cukup mendalam.

aplikasi halodoc

Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak tentang kesehatan, saya rekomendasikan untuk mengunjungi Halodoc.com. Disitu kita bisa belajar banyak hal tentang kesehatan dan kita bisa konsultasi kesehatan pada dokter secara pribadi. Untuk lebih mudahnya kita bisa instal aplikasi Halodoc pada smartphone anda. Semoga Bermanfaat