Taman Srigunting yang Masih Eksis di Semarang

By | 02/02/2020

Taman Srigunting yang Masih Eksis di Semarang. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke kota Semarang, maka tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Taman Srigantung. Taman ini berada di daerah Kota Lama Semarang, dengan menyuguhkan beberapa pemandangan indah pada taman tersebut. Taman ini juga menghadirkan pemandangan kota lama dengan bangunan-bangunan tua ala masa kolonial Belanda sebagai latar belakangnya. Maka dari itu, suasana di taman ini sangat kental dengan Semarang pada masa penjajahan Belanda.

Taman Srigunting Semarang

Fasilitas yang Ditawarkan oleh Taman Srigunting

Taman Srigunting, menawarkan beberapa fasilitas umum yang bisa Anda gunakan saat berkunjung ke sana. Anda bisa singgah di taman tersebut setelah puas berjalan mengitari kawasan Kota Lama di Semarang. Anda bisa bersantai sejenak  bersama keluarga atau sahabat dengan suasana taman yang asri serta menyejukkan. Di tempat ini dilengkapi dengan beberapa tempat duduk serta tempat yang bisa dibuat untuk mengistirahatkan badan. Pepohonan yang rindang menjadi bisa menghindarkan Anda dari sinar matahari yang menyengat.

 

Selain itu, ada pemandangan yang sangat sayang dilewatkan oleh Anda ketika berkunjung ke tempat itu. Anda akan disuguhi berbagai pemandangan Kota Lama dengan latar belakang bangunan klasik era kolonial Belanda. Pemandangan itu sangat sayang kalau Anda tidak mengabadikan dalam sebuah foto. Pemandangan bangunan-bangunan dengan gaya lama akan membawa Anda kembali pada kenangan kota Semarang pada masa kolonial. Selain itu pemandangan di sekitar taman sangat bersih dan asri, tidak ada sampah berserakan di kawasan taman.

 

Jika Anda berkunjung ke Taman Srigunting pada malam hari, Anda akan suguhi pemandangan taman yang cantik dari taman tersebut. Gemerlap cahaya dari lampu-lampu taman akan menemani Anda di area taman itu. Gemerlap lampu taman yang indah serta beragam makanan khas Semarang akan menemani malam Anda di taman tersebut. Anda bisa mencicipi salah satu dari sekian banyak makanan khas Kota Semarang yang dijajalkan oleh pedagang kaki lima di sana.

 

Pertumbuhan Taman Srigunting

Pada awalnya Taman Srigunting adalah tempat parade tentara Belanda, pada masa kolonial, untuk berlatih militer. Luas taman tersebut pada awalnya mencapai tempat yang sekarang digunakan sebagai Gedung Kerta Niaga. Hal ini disebabkan, taman tersebut merupakan pusat latihan bagi para tentara Belanda untuk mempertahankan benteng dari serangan musuh. Pada masa lampau, Kota Lama merupakan benteng yang dibangun setelah pusat pemerintahan VOC berpindah dari Jakarta ke Semarang. Maka dari itu, kawasan taman ini cukup luas dan tertutup dari penduduk pribumi.

 

Lalu pada akhir periode 1970 sampai awal 1980, taman ini beralih fungsi menjadi taman dan kawasan hijau. Hal ini dilakukan untuk mengubah taman tersebut menjadi salah satu paru-paru kota Semarang. Namun taman ini belum bisa diakses oleh masyarakat umum. Baru pada tahun 2004, dibangun jalan untuk akses bagi para pengunjung. Hal ini dilakukan agar para penduduk setempat dapat menikmati keindahan dari taman tersebut.

 

Sampai sekarang Taman Srigunting, tepat menjadi paru-paru kota Semarang sekaligus tempat wisata bagi para warga maupun pengunjung. Taman menjadi tempat wisata yang menghadirkan pemandangan Kota Lama dari berbagai sudut. Taman ini di kelilingi oleh beberapa bangunan bersejarah seperti Gedung Kerta Niaga, Greja Blenduk, Gedung Jiwasraya, dan Gedung Marba dari empat penjuru. Sekarang, teman tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Kota Semarang. Taman tersebut sekarang beralih fungsi menjadi tempat wisata dan sering digunakan sebagai tempat berkumpul beberapa komunitas lokal pemuda Semarang.