Resep Kue Kering Semprit Dijamin Mudah dan Enak

By | 08/04/2020

Resep Kue Kering Semprit Dijamin Mudah dan Enak. Kue semprit merupakan salah satu jenis kue kering yang biasa disuguhkan ketika momen Lebaran. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari huruf S hingga mirip bunga mawar. Rasanya sangat gurih tetapi juga sedikit manis, Anda bisa menjadikannya sekadar sebagai camilan dan teman menonton TV. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah sekali didapatkan karena selain sederhana harga dari semua bahan juga terbilang terjangkau. Untuk resep kue kering semprit dari segi pembuatannya juga lebih simpel tetapi agar hasilnya menarik, Anda perlu menyiapkan oven.

resep kue semprit kismis

Bahan-bahan dari Resep Kue Kering Semprit

Sebelum mengetahui resep kue kering semprit, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kue kering semprit satu ini. Untuk itu, langsung saja berikut ini terdapat beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Bahan Adonan

Untuk bahan-bahan adonannya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini.

  • 40 gram Tepung Maizena
  • 380 gram Tepung terigu berprotein sedang

 

Bahan Pelengkap

  • 2 sdt Vanili bubuk
  • 150 gram Gula pasir
  • 150 gram Susu bubuk putih
  • 200 gram Mentega yang dicairkan
  • 2 butir Telur ayam yang dipisah antara bagian kuning dan putihnya

 

Topping

  • 110 gram Kismis

 

Cara Pembuatan Resep Kue Kering Semprit

Jika Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, maka tahap selanjutnya adalah membuatnya. Resep kue kering semprit satu ini sangatlah mudah asalkan bahan sudah dilengkapi. Jika Anda belum mengetahui tahapan-tahapannya, maka simak saja beberapa cara berikut ini.

  • Mencampurkan Adonan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sebuah wadah berukuran sedang untuk mencampurkan semua bahan adonan. Masukkan tepung maizena dan juga tepung terigu ke dalam wadah tersebut. Pastikan untuk mencampurkannya dengan rata agar antara tepung maizena dan tepung terigu bisa menyatu. Agar lebih mudah, Anda bisa melakukannya dengan proses ayak sehingga nanti hasilnya bisa sangat maksimal.

  • Mencampurkan Bahan Pelengkap

Apabila semua bahan adonan sudah Anda campurkan secara merata, maka selanjutnya adalah mencampurkan bahan pelengkap. Masak mentega di atas teflon lalu panggang beberapa saat hingga mentega benar-benar mencair. Setelah itu pindahkan cairan mentega ke dalam wadah kecil dan tambahkan kuning telur di dalamnya. Jika sudah, jangan lupa menaburkan vanili bubuk dan juga gula pasir. Kemudian, aduk menggunakan mixer agar hasilnya benar-benar maksimal.

  • Campurkan Bahan Adonan dan Bahan Pelengkap

Saat proses mencampurkan bahan pelengkap menggunakan mixer sudah berjalan selama beberapa menit, selanjutnya campurkan bahan adonan ke dalamnya. Campurkan bahan adonan sedikit demi sedikit agar nantinya tidak menggumpal dan bisa teraduk dengan maksimal. Pastikan untuk mengulangi mixer berkali-kali hingga adonan benar-benar tercampur dengan maksimal dan tidak ada bahan yang menggumpal sedikitpun.

  • Siapkan Loyang dan Plastik Cetakan

Setelah semua adonan siap, resep kue kering semprit selanjutnya adalah memasuki tahapan pembuatan bentuk. Pertama-tama olesi loyang dengan sedikit minyak goreng agar nanti tidak lengket saat mencetak adonan. Lalu, Anda bisa memasukkan seluruh adonan lumer tersebut ke dalam plastik dan terapkan pada loyang menjadi bentuk-bentuk yang disukai. Bentuk yang paling umum dari kue satu ini adalah bentuk bunga mawar. Jangan lupa juga menambahkan kismis pada bagian atasnya.

  • Oven

Cara yang terakhir adalah memasukkan seluruh adonan yang telah dibentuk ke dalam oven. Pastikan setiap bentuk sudah memiliki sedikit jarak antara satu sama lain agar nantinya tidak lengket. Atur suhu oven menjadi sekitar 170 derajat dan panggang selama kurang lebih 20 menit hingga berubah warna menjadi lebih kecokelatan. Setelah itu, Anda bisa mengeluarkannya dan memasukkan ke dalam wadah toples.

Nah, itulah resep kue kering semprit yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Resep satu ini bisa Anda coba sendiri di rumah dengan sangat mudah dan cepat. Yang terpenting adalah sudah menyiapkan semua bahan-bahannya dan tinggal membuat saja.