Resep Kue Kering Donat Yang Lucu dan Enak

By | 23/04/2020

Resep Kue Kering Donat Yang Lucu dan Enak! Sejarah kue donat konon pada awalnya diperkenalkan pertama kali pada Pekan Raya Jakarta 1968. Gerai yang pertama mengenalkan adalah American Donut yang pemiliknya merupakan orang asli Amerika. Kemudian kue satu ini mulai terkenal dan banyak dikreasikan oleh orang-orang sehingga menjadi salah satu kue favorit. Resep kue kering donat ini pada akhirnya sudah sangat tersebar di kalangan masyarakat sehingga apabila ingin membuatnya tidaklah sulit.

Resep Donat Mini Kue Kering

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang sesuai dan mulai membuatnya. Namun, jika belum bisa, simak saja beberapa informasi berikut ini.

Bahan-Bahan Resep Kue Kering Donat

Menjadi salah satu makanan favorit, donat tidak hanya terkenal sebagai kue basah saja, tetapi sudah ada banyak yang mengkreasikannya sebagai kue kering. Jika Anda memang ingin mengetahui resep kue kering donat, maka simak saja beberapa rincian bahan berikut ini.

Bahan Adonan

  • 500 gram Tepung terigu
  • 3 sdm susu bubuk rasa vanila atau coklat (menyesuaikan)

Bahan Pelengkap

  • 2 butir Telur
  • 11 gram Ragi instan bubuk
  • 4 sdm Gula pasir
  • 3 sdm Mentega margarin
  • 2 sdt Garam halus

Bahan Tambahan

  • 250 gram Minyak goreng

Topping

  • Coklat masak dengan berbagai warna

Cara Pembuatan Resep Kue Kering Donat

Setelah Anda membeli semua bahan yang dibutuhkan, resep kue kering donat selanjutnya adalah praktik untuk membuat secara langsung. Donat sendiri memiliki bentuk yang sangat mudah dibuat sehingga Anda tidak memerlukan cetakan yang begitu rumit. Cukup siapkan wajan penggorengan dan wadah yang dibersihkan.

  • Campurkan Seluruh Adonan

Pertama-tama, pastikan untuk mengocok 2 butir telur yang telah dipersiapkan sebelumnya. Anda harus mengocoknya dalam waktu yang sangat lama menggunakan sendok atau garpu hingga benar-benar mengeluarkan busa. Setelah itu, sisihkan dulu kocokan telur tersebut dan Anda bisa mengambil wadah baru untuk memasukkan bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, mentega, garam halus, dan gula pasir. Jangan mengaduk dengan mixer karena ini merupakan adonan yang tidak cair. Jangan lupa untuk memasukkan kocokan telur sebelumnya untuk

  • Aduk Adonan Hingga Kalis

Cara membuat resep kue kering donat selanjutnya adalah dengan mengaduk seluruh adonan hingga benar-benar kalis. Anda harus mengaduknya secara manual karena adonan kue kering donat tidak akan bisa diaduk menggunakan mixer. Mungkin Anda butuh untuk mengaduknya terus selama kurang lebih 15 menit. Intinya, lakukan terus proses tersebut hingga adonan sudah terasa kalis dan siap untuk dibentuk.

  • Bentuk Adonan

Jika adonan sudah terasa benar-benar kalis, Anda bisa langsung membuatnya menjadi bentuk donat. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan bentuk kue kering satu ini sehingga sangat mudah untuk membuatnya. Pastikan hanya mengambil satu sendok saja lalu bentuk dengan bagus karena jika terlalu banyak maka tidak akan menjadi kue kering. Habiskan seluruh adonan dengan perlahan-lahan.

  • Goreng dan Lelehkan dengan Cokelat Warna

Setelah semua adonan telah Anda bentuk dan ditaruh di atas loyang, langsung saja panaskan wajan menggunakan minyak yang telah disiapkan. Goreng secukupnya dan angkat hingga benar-benar kering. Lalu, masukkan hasil gorengan tersebut ke dalam cokelat yang telah dilelehkan tersebut hingga warnanya tampak begitu cantik. Setelah itu angkat donat kering dan sisihkan hingga benar-benar dingin.

Baca juga:  resep kue kering choco chips

Nah, itulah resep kue kering donat yang bisa Anda buat sendiri dalam keadaan santai atau berkumpul bersama teman. Cukup siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan lengkap, dan Anda bisa langsung membuatnya.