Resep Kue Kering Almond Yang Praktis

By | 20/06/2020

Resep Kue Kering Almond Yang Praktis. Kue kering selalu menjadi cemilan favorit saat menghabiskan waktu bersama keluarga. Biasanya berbagai jenis kue kering juga disajikan saat momen atau perayaan tertentu seperti saat natal atau lebaran. Berbagai jenis kue kering ini bisa Anda buat sendiri, salah satunya adalah kue kering almond. Jika Anda ingin membuat sendiri, ikuti resep kue kering almond berikut ini.

resep kue almond

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Tahap paling penting dari resep kue kering almond adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering almond.

  1. Tepung terigu 150gr
  2. Almond bubuk 50gr
  3. Gula tepung 100gr
  4. Kuning telur 2 butir
  5. Margarin 50gr
  6. Mentega tawar dingin 125gr
  7. Susu bubuk 30gr
  8. Maizena 25gr
  9. Baking powder 1/2sdt
  10. Almond cincang / almond flake 100gr.

 

Langkah Membuat Kue Kering Almond

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di atas, selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah pembuatan dari resep kue kering almond berikut ini. Cara membuat kue kering almond ini pun relatif mudah. Berikut tahap pembuatannya.

 

  1. Kocok Mentega dan Gula Halus

Langkah pertama, masukkan gula halus, mentega dan margarin tawar terlebih dahulu. Selanjutnya kocok selama 3 menit atau hingga adonan berubah warna menjadi putih. Berikutnya masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok. Pastikan kuning telur terkocok dengan sempurna sebelum memasukkan kuning telur selanjutnya.

  1. Masukkan Bahan-Bahan Kering

Jika sudah tercampur rata, selanjutnya masukkan bahan-bahan kering. Pertama masukkan almond bubuk terlebih dahulu, kemudian aduk hingga merata. Jika sudah, selanjutnya masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena dan baking powder secara bergantian. Saat memasukkan bahan-bahan tersebut pastikan sambil diayak. Setelah semua bahan masuk ke dalam wadah adonan sebelumnya, aduk hingga merata. Untuk menambah cita rasa, masukkan pula sedikit garam, unsalted butter atau margarin tawar yang sudah dilelehkan dan ekstrak vanilla ke dalam adonan. Aduk lagi hingga merata. Tambahkan pula almond iris atau almond flake aduk lagi hingga merata.

  1. Siapkan Loyang dan Cetak Adonan

Langkah terakhir dalam tahap pembuatan resep kue kering almond adalah mencetak adonan yang sudah dibuat. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas baking dan ditaburi tepung atau loyang yang diolesi margarin tipis-tipis sebelumnya. Untuk mencetak adonan, Anda bisa menggunakan sendok atau menggunakan piping bag. Jika menggunakan sendok, sendokkan adonan sedikit demi sedikit ke atas loyang. Jika menggunakan piping bag, cetak bulat-bulat adonan tersebut dengan berhati-hati. Hal tersebut karena adonan kue ini mudah meleber.

Jika semua adonan sudah tercetak semuanya, selanjutnya berikan taburan di atas adonan yang sudah tercetak tersebut untuk meningkatkan cita rasa. Anda bisa memberikan taburan berupa almond iris atau parutan keju. Sebelum memberikan taburan, oleskan dengan kuning telur terlebih dahulu untuk membuat bagian atas kue berwarna lebih menarik. Jika sudah, terakhir tinggal panggang adonan di dalam oven api bawah bersuhu 140°C selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, kue kering almond pun siap dihidangkan.

Baca juga:  resep kue kering cornflakes

Kue kering adalah camilan yang sangat disukai oleh keluarga di Indonesia. Apalagi saat hari-hari atau momen tertentu seperti saat perayaan hari raya idul fitri atau saat natal yang mengundang banyak keluarga. Kue kering yang manis dan renyah akan membuat suasana keluarga semakin hangat. Jika Anda ingin membuat sendiri, resep kue kering almond di atas bisa menjadi panduan Anda membuat sendiri kue kering untuk hidangan keluarga.