Resep Ayam Bakar Krispi Bumbu Madu dan Saus Teriyaki

Resep Ayam Bakar Krispi Bumbu Madu dan Saus Barbeque. Siapa sih yang tidak tahan dengan godaan ayam bakar? Rasanya yang berbeda-beda sesuai dengan bumbu yang digunakan, membuat orang ingin mencobanya berkali-kali dengan bumbu yang berbeda-beda. Anda yang penasaran tidak sempat ke restoran untuk mencobanya, kenapa tidak buat sendiri resep ayam bakar krispi di rumah?

Caranya sebenarnya cukup rumit, apalagi Anda memanggang ayamnya dengan bentuknya yang utuh. Tentu memerlukan kesabaran dan waktu yang lebih lama agar dagingnya matang dengan sempurna. Tapi tenang saja, rasanya yang lezat membuat waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia. Berikut variasi resep ayam bakar dengan tekstur krispi.

Cara Membuat Ayam Bakar Krispi Saus Madu

Cara Membuat Ayam Bakar Krispi Saus Madu

Bahan-bahan:

  1. Ayam 1 ekor
  2. Garam sesuai dengan selera
  3. Baking powder 2 sdm
  4. Mentega yang sudah dicairkan 3 sdm
  5. Madu 2 sdm

Cara membuat:

  1. Bersihkan 1 ekor ayam sampai bagian dalam-dalamnya. Buang semua jeroannya dan sisihkan. Anda dapat memasak jeroannya sesuai dengan selera Anda. Setelah bagian dalamnya dikeluarkan, keringkan seluruh badannya dengan menggunakan tisu atau dimasukan ke dalam lemari es. Anda yang memasukannya ke dalam lemari es, perlu menunggu beberapa jam lagi untuk bisa diolahnya.
  2. Setelah badannya mengering, berikan taburan garam secukupnya dan baking powder. Lumuri semua bagian badannya sampai merata. Perlu Anda ketahui, baking powder adalah kunci utama ayam menjadi krispi sempurna. Jangan lupa berikan lada atau merica bubuk agar memberikan rasa pedas yang menyegarkan.
  3. Letakan ayamnya di loyang yang sudah Anda lapisi dengan kertas alumunium foil atau menggunakan kawat panggangan.
  4. Pertama-tama panggang terlebih dahulu dengan kondisi suhu yang masih rendah selama 30 menit. Jika Anda memakai oven dengan 2 tingkat, di tahap ini Anda letakan loyangnya di bagian bawah.
  5. Setelah 30 menit, pindahkan loyang ke bagian atas dan panggang dengan kondisi suhu yang lebih tinggi. Berikan waktu sekitar 30 menit. Perhatikan ayamnya apakah sudah kecokelatan dan matang. Kalau belum tambahkan sekitar 10 menit.
  6. Setelah matang, keluarkan ayamnya dan berikan madu dan mentega ke seluruh badannya. Sajikan di atas piring.

Baca juga: Resep Mie Aceh

 

Cara Membuat Ayam Bakar Krispi Saus Teriyaki

Cara Membuat Ayam Bakar Krispi Saus Teriyaki

Bahan-bahan:

  1. 1 ekor ayam segar
  2. Garam sesuai selera
  3. Baking powder 2 sdm
  4. Mentega cair 3 sdm
  5. Saus teriyaki 100 ml liter
  6. Merica bubuk atau lada bubuk sesuai selera
  7. Daun rosemary

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan ayamnya sampai bagian dalamnya dan keringkan seluruh badannya. Kalau tidak, masukan ke dalam lemari es terlebih dahulu lalu tunggu beberapa jam.
  2. Setelah kering, berikan garam di semua bagian badannya dan baking powdernya. Baking powder membuat ayamnya menjadi lebih krispi.
  3. Sebelum diletakan di atas alat bakarnya, ada baiknya Anda memberikan alas ayamnya dengan menggunakan kertas alumunium foil agar permukaan kulitnya tidak mudah gosong. Setelah itu letakan ayamnya di atasnya.
  4. Siapkan arang dan letakan ayamnya yang sudah diberi alas alumunium foil di atas alat bakarnya.
  5. Bakar sampai seluruh ayamnya matang. Menggunakan alumunium membuat ayamnya menjadi lebih cepat matang dan kematangannya lebih merata dibandingkan Anda tidak menggunakannya.
  6. Keluarkan ayamnya kalau sudah matang dan lumuri dengan saus teriyaki.
  7. Sajikan dengan irisan daun rosemary.

Baca juga: Resep Capcay yang Nikmat

Dengan mengikuti resep ayam bakar krispi di atas, pastinya Anda dapat membuat ayam bakar Anda menjadi lebih krispi. Tidak banyak orang tahu kalau baking powder membuat permukaan ayam menjadi lebih krispi. Jangan sampai Anda melewatkan bahan kunci tersebut bagi Anda yang ingin membuatnya lebih renyah dan gurih.