Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami. Menjaga penampilan memanglah penting, khususnya bagi wanita yang memperhatikan setiap detil penampilannya. Memiliki Rambut indah mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Tapi tidak sedikit orang yang mengalami kerontokan yang parah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan yaitu polusi, stres, turunan, paparan zat kimia, hingga kebiasaan makan yang buruk. Untuk memperbaiki kondisi rambut agar tidak terjadi kerontokan yang parah, harus memperhatikan gizi dan nutrisi dalam tubuh kita. Pola makan yang baik adalah hal terpenting terlepas dari melakukan perawatan dari luar saja.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

 Ada beberapa jenis makanan yang mampu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan. Berikut @MasPenulis berikan ulasannya.

Telur

Telur kaya akan kandungan protein, Vitamin B1, B2, B12, dan biotin. Kandungan Biotin yang masuk menutrisi dari dalam tubuh untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Jika biasanya perawatan dari luar menggunakan putih telur, yang dapat anda lakukan untuk menutrisi rambut dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi telur. Jadikan telur sebagai asupan sehari-hari. Manfaat lain telur: 5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Kacang Almond

Kacang Almond memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Magnesium juga diklaim dapat mengatasi masalah rambut rontok secara alami. Jika biasanya kacang Almond diambil minyaknya saja untuk masker rambut. Ternyata Cukup dengan mengkonsumsi 4-5 buah kacang almond per hari untuk memperkuat rambut dari dalam.

Salmon

Salmon adalah ikan yang kaya akan omega-3 nya, manfaat yang tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan pada salmon juga berkhasiat untuk mengurangi rambut rontok yang alami dan efektif. Dalam pengolahnyapun beragam seperti mengukus, menggoreng, dan memanggang. Tidak hanya enak di lidah tapi juga berkhasiat menutrisi rambut anda.

Bayam

Bayam memiliki vitamin A dan C yang cukup banyak. Vitamin yang terkandung berfungsi melembutkan tiap helai rambut seperti menggunakan kondisioner rambut alami, vitamin A dan C membantu merangsang pertumbuhan rambut. Konsumsilah Bayam setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Wortel

Betakaroten dalam wortel selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Betakaroten ini penting untuk menyehatkan rambut. Caranya cukup mudah, dengan minum jus wortel setiap hari, dapat mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Bisa juga mengkonsumsi langsung seperti dijadikan sebagai salad atau diolah menjadi sup.

Gandum

Gandum memiliki kandungan gizi yang baik. Kandungan seng yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kekurangan gizi seng bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah dapat terjadi karena masalah pada saluran pencernaan, yang terjadi karena kekurangan seng. Sertakan gandum saat sarapan dengan menaburkan di atas sereal, atau mencampurnya dengan yogurt.

Oats

Terdapat kandungan serat, seng, dan zat besi yang membantu mengatasi rambut rontok. Kandungan lainnya yaitu asam lemak Omega-6 yang baik untuk rambut dan menjadi cara mencegah rambut rontok. Jadi, biasakan untuk mengkonsumsi semangkuk oatmeal sebagai sarapanmu.

Seafood

Seafood atau hidangan dari laut seperti ikan, udang, dan kerang, memang sangat digemari karena kelezatannya. Tidak hanya karena kelezatannya saja tapi karena memiliki kandungan yang kaya akan asam sulfur, seng dan lemak yang mampu mencegah rambut rontok secara efektif.

Sayur Toge

Sayur Toge kaya akan silica, fungsi nutrisi ini yaitu menyerap semua vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Silica juga sangat baik untuk kesehatan rambut karena merangsang pertumbuhan rambut dan menjadi cara merawat rambut rontok dari dalam secara alami. Selain tauge, sayuran lain yang juga memiliki kandungan silica adalah mentimun dan paprika.

Buah Kenari

Kenari dikenal sebagai makanan untuk rambut karena mengandung tinggi asam lemak omega-3, yang berkhasiat mengurangi rambut rontok. Beberapa kandungan seperti seng, besi, vitamin B1 dan B6 yang membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok secara efektif.

Baca Juga: Cara Alami Yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Perawatan dari luar memang penting, tapi menperhatikan asupan mineral, vitamin dan gizi jauh lebih penting untuk menjaga kesehatan rambut untuk mencegah kerontokan yang parah. Demikian beberapa makanan yang dapat memperbaiki dan menutrisi rambut agar jadi lebih sehat dan indah.