6 Penyakit Yang Banyak Diderita Wanita

Diposting pada

Penyakit Yang Sering Diderita Wanita6 Penyakit Yang Banyak Diderita Wanita. Pria dan wanita tentu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dimana dari kebiasaan-kebiasaan tersebut kerap menyebabkan suatu penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Pada dasarnya semua orang dapat beresiko terkena penyakit tertentu, namun pernahkah anda mengetahui ada beberapa jenis penyakit yang lebih beresiko menyerang wanita? Lalu apa yang menyebabkan terjadinya hal tersebut?

Dengan kondisi biologis dan fisiologis pada pria wanita yang berbeda. Beberapa kondisi gangguan kesehatan pada wanita lebih mempengaruhi dibanding pria, misalnya gangguan pola makan atau pun hormonal. Penyakit autoimun jadi lebih berisiko menyerang wanita dibanding pria. Penyakit yang sering menimpa wanita misalnya saja penyakit lupus, sekitar 9 dari 10 yang terkena penyakit ini adalah kaum wanita.

Penyakit memang sebuah kondisi yang harus dihindari semua orang baik itu pria maupun wanita. Namun ada beberapa jenis penyakit yang dianggap lebih sering menimpa wanita daripada pria. Hal ini terjadi karena wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah dibandingkan pria dan untuk mengetahui jenis penyakit apa saja? Silahkan anda simak ulasan kami berikut ini:

6 Penyakit Yang Banyak Diderita Wanita

1. Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang wanita dari pada pria. Penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dikalangan wanita. Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi dan agar terhindar dari kanker payudara, lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi secara dini apakah anda terkena kanker payudara atau tidak. Periksakan diri ke dokter misalnya dengan melakukan medical check up atau memeriksa tubuh sendiri saat mandi.

2. Serangan Jantung

Penyakit Jantung salah satu penyakit yang belakangan ini sering terjadi yang dapat menyebabkan kematian dan lebih banyak menyerang wanita. Hal tersebut terjadi karena wanita lebih rentan karena lemahnya daya tahan tubuh. Dengan rutin berolahraga anda dapat mengurangi resiko dari penyakit ini. Menjaga asupan makanan dan memperhatikan nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi seseorang mengalami pengeroposan tulang dan biasanya terjadi pada wanita yang telah menginjak usia 40 tahun lebih. Resiko terkena osteoporosis lebih besar terjadi pada wanita dibanding dengan pria. anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandung kalsium yang cukup tinggi seperti susu, yoghurt, keju, brokoli dan sawi.

4. Depresi

Depresi lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Banyak penelitian yang menyatakan perbandingan 2:1 depresi terjadi lebih banyak pada wanita karena wanita lebih sering merenung dibanding pria. Jangan anggap remeh depresi karena jika dibiarkan berlarut-larut maka akan merusak kesehatan anda. Perluas hubungan sosialisasi anda dengan teman atau tetangga. Jangan biarkan depresi atau stress menyita waktu anda.

5. Insomnia

Insomnia adalah masalah gangguan susah tidur yang disebabkan karena tekanan darah yang tidak normal dan hal ini biasa terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun. Insomnia bukan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, jangan dibiarkan terjadi berlarut-larut karena dapat menyebabkan wanita menjadi lemas, mudah letih juga beresiko terkena penyakit hipertensi dan serangan jantung.

6. Lupus

Tidak sedikit orang yang terkena penyakit lupus. Lupus adalah penyakit autoimun kronis, penyakit tersebut disebabkan karena sel imun tubuh menyerang jaringan yang sehat sehingga memicu kerusakan pada kulit, sendi, dan organ. Gejalanya dari lupus yaitu mudah lelah, sakit kepala, rambut rontok, dan persendian bengkak. Penderita lupus lebih banyak menyerang wanita. Tapi, penyakit ini jarang didiagnosa di awal, sehingga penderita biasanya menyadarinya setelah terkena dampak lupus untuk waktu yang lama.

Itulah beberapa penyakit yang lebih banyak menyerang wanita. Untuk itu anda harus selalu memperhatikan makanan yang anda konsumsi serta rutinlah berolahraga agar tidak mudah terserang penyakit. Semoga ulasan ini bermanfaat.