Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu Hamil
Ibu Hamil

Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil. Buah memang memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Tapi bagi para ibu hamil ada beberapa  jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi. Alasannya, karena ada beberapa kandungan yang tidak baik dikonsumsi saat mengandung.

Jika dikonsumsi akan membahayakan bagi janin. Maka sebagai ibu, kita harus jeli untuk memilih buah yang baik untuk kandungan anda. Berikut ini @MasPenulis ulas.

8 Pantangan Buah Untuk Ibu Hamil

1. Durian

Pantangan ibu hamil yang pertama adalah buah durian. Buah dengan wangi yang khas ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tapi dalam dunia medis, durian tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Terdapat kandungan alkohol yang tidak bagi ibu hamil dan sering menyebabkan perut ibu terasa panas. Jadi, bagi anda penggemar buah durian, sebaiknya jangan mengonsumsinya selama masa kehamilan.

2. Nangka

Pantangan ibu hamil yang kedua adalah buah nangka. Nangka juga salah satu yang memiliki aroma yang khas dan warna kuning yang menggoda. Sama halnya dengan durian, buah nangka memiliki kandungan alkohol yang tinggi yang tidak baik bagi ibu dan janin. Hindari dan jangan konsumsi nangka demi kesehatan anda dan janin.

3. Nanas

Buah dengan ciri khas rasa asam dan manis ini cukup banyak digemari oleh masyarakat. Nanas memang nikmat dikonsumsi karena memberikan efek segar. Tapi, menurut medis sebaiknya tidak mengonsumsi saat masa kehamilan, khususnya nanas muda. Terdapat kandungan zat yang kurang baik jika dikonsumsi saat hamil. Misalnya seperti zat bromelain yang menyebabkan leher rahim menjadi lunak dan mengakibatkan keguguran karena tidak mampu menampung janin yang berkembang semakin besar.

Lalu ada kandungan alkohol yang tinggi yang menyebabkan perut ibu terasa panas. Jadi sebaiknya para ibu hamil tidak dulu mengonsumsi selama masa kehamilan agar janin sehat.

4. Pepaya Muda

Buah dengan ukuran besar dengan warna orange dan memiliki kandungan air yang cukup banyak didalamnya sangat disukai masyarakat sebagai pencuci mulut. Pepaya boleh dikonsumsi bahkan disarankan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan.

Tapi pepaya muda harus dihindari oleh Ibu hamil karena buah ini belum matang dan masing mengandung getah yang bisa mengakibatkan kontraksi sehingga bayi beresiko terlahir prematur. Getah juga membuat plasenta menjadi lengket dan gatal. Konsumsilah pepaya yang sudah benar-benar matang.

5. Jengkol

Biasa dikonsumsi sebagai lalapan, jengkol jadi penikmat ketika makan. Buah ini sebaiknya untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat menyebabkan penghambatan asupan nutrisi dari ibu hamil ke janinnya melalui plasenta. Selain itu, jengkol dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih bekerja keras, sehingga membuat ibu hamil merasa cepat lelah.

6. Anggur

Buah yang berwarna ungu atau hijau ini memang sering dikonsumsi sebagai camilan, rasanya yang manis dan segar membuatnya disukai  semua kalangan masyarakat. Tapi, ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya di masa kehamilannya. Karena terdapat kandungan gula yang cukup tinggi pada anggur yang bisa menyebabkan resiko pada ibu dan janin menjadi obesitas.

Lalu, kandungan gula yang ada pada anggur mudah berubah menjadi fermentasi, tentu fermentasi tidak baik karena mengandung alkohol yang bisa membuat perut ibu terasa panas.

7. Cempedak

Mungkin anda tidak terlalu mengenal buah Cempedak yang memiliki bentuk seperti nangka. Itu karena buah ini sekarang menjadi buah langka. Tapi sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah ini pada saat masa kehamilan karena bisa menyebabkan kontraksi dini.

8. Buah Kepel

Buah kepel, buah ini memiliki bentuk luarnya yang mirip seperti sawo dan kiwi. Buah ini memiliki bau harum dan tekstur buah yang lembut. Rasanya juga manis. Bagi ibu yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut dikarenakan akan menyebabkan keputihan berlebih. Untuk itu ibu hamil sebaiknya jangan memperburuk kondisi dengan memakan buah kepel, untuk menghindari keputihan tidak memburuk.

Sebaiknya sebelum mengonsumsi buah, pastikan anda mencucinya hingga bersih. Karena kebanyakan para petani menggunakan pestisida agar buah tidak dimakan hama. Jangan sampai langsung dimakan sekalipun buah sudah terlihat bersih, harus tetap dicuci terlebih dahulu agar pestisida tidak ikut termakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Demikian penjelasan beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Semoga artikel pantangan ibu hamil ini dapat bermanfaat.