Nutrisi Dan Vitamin Agar Cepat Hamil

Diposting pada
Nutrisi Dan Vitamin Agar Cepat Hamil
Nutrisi Dan Vitamin Agar Cepat Hamil

Nutrisi Dan Vitamin Agar Cepat Hamil. Bila sebelumnya baca dulu yuk 6 Makanan Peningkatan Kesuburan Bagi WanitaTidak sedikit wanita yang sudah menikah, tapi belum juga hamil. Berbagai usaha program kehamilan dilakukan agar cepat hamil. Perlu anda ketahui ada beberapa jenis vitamin yangdiperlukan untuk program hamil agar membantu meningkatkan kesuburan. Anda perlu meningkatkan asupan vitamin tertentu dan menghindari makanan atau minuman yang tidak sehat. Hal tersebut harus dilakukan untuk memperbaiki tingkat kesuburan agar bisa cepat hamil. Berikut ini asupan penting untuk meningkatkan kesuburan.

Nutrisi Dan Vitamin Agar Cepat Hamil

Zinc (seng)

Anda dan pasangan harus mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zinc dalam jumlah yang cukup. Kandungan zinc berfungsi untuk menjaga kesuburan wanita maupun pria. makanan yang mengandung zinc yaitu Tiram atau kerang bisa anda dan pasangan konsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Makanan lainnya yaitu lobster, kepiting, biji-bijian, kacang-kacangan dan susu.

Asam folat

Bagi anda yang menginginkan cepat hamil, harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung asam folat cukup banyak. Asam folat atau vitamin B-kompleks berfungsi untuk membantu membentuk sel darah merah. Bagi anda yang belum hamil, Vitamin ini membantu memproduksi darah bagi tubuh sedangkan bagi ibu hamil vitamin ini dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf yaitu masalah pada sumsum tulang belakang bayi.
Kandungan asam folat bisa anda dapatkan dari buah jeruk, biji-bijian dan sayuran hijau.

Coenzyme Q10

Dengan rutin mengkonsumsi suplemen Coenzyme Q10 (CoQ10) bisa membantu mengatasi masalah kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Kandungan dalam suplemen CoQ10 berfungsi untuk membantu fungsi dasar sel.

Asam lemak Omega-3

Disarankan mengkonsumsi asam lemak esensial atau asam lemak omega 3 yang dapat anda temukan dalam minyak ikan dan tanaman atau minyak kacang tertentu. Minyak ikan yang sudah banyak diproduksi ini, anda bisa temukan di apotek. Fungsi dari asam lemak omega 3 yaitu untuk meningkatkan kualitas embrio.

Zat besi

Perbanyak asupan zat besi dalam menu makanan yang anda konsumsi setiap hari. Zat besi membantu untuk membentuk hemoglobin pembawa oksigen yang terdapat pada sel darah merah. Membantu jaringan dan organ di tubuh Anda untuk memperoleh oksigen yang dibutuhkan. Zat besi bisa anda dapatkan dari makanan seperti daging, tahu dan sayuran berdaun hijau gelap.

Kalsium

Asupan kalsium lebih dikenal manfaatnya untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Tapi tetap dibutuhkan bagi anda yang ingin cepat hamil untuk menjaga kesehatan tubuh. Asupan kalsium bisa diperoleh dari susu dan sayuran hijau.

Vitamin B6

Vitamin lainnya yang dibutuhkan yaitu Vitamin B6 yang berfungsi mencegah gejala yang tidak menyenangkan pada saat Anda hamil nantinya yaitu gejala morning sickness yang sering dialami para ibu hamil. Mengurangi mual atau muntah saat hamil.

Vitamin E

Vitamin E membantu meningkatkan dan memperbaiki kemampuan implantasi sel telur yang sudah dibuahi yang berfungsi untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Anda bisa memperoleh sumber alami vitamin E dari bayam dan brokoli, minyak gandum, kacang-kacangan, almond, zaitun dan minyak bunga matahari. Banyak merk vitamin e untuk kesuburan wanita, namun sebaiknya anda konsultasikan dahulu dengan dokter ahli.

Vitamin C

Antioksidan dibutuhkan untuk menjaga kesuburan anda dan pasangan. Vitamin C berfungsi  untuk menjaga keseimbangan endokrin dan meningkatkan kesuburan, khususnya bagi  wanita dengan kadar progesteron rendah. Selain itu vitamin C membantu untuk menjaga  keseimbangan antara estrogen dan progesteron. Sumber makanan yang mengandung vitamin C alami seperti jeruk, lemon, limau, brokoli, cranberry dan tomat. Konsumsilah setiap hari.

Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin kunci untuk meningkatkan kesuburan. Manfaat Vitamin B12 yaitu untuk meningkatkan peluang terjadinya ovulasi yang sehat, khususnya bagi wanita yang bermasalah dengan siklus ovulasinya. Manfaat lainnnya yaitu memperbaiki lapisan dalam rahim, untuk mendukung terjadinya implantasi sel telur yang telah dibuahi.

Vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria. Vitamin ini berfungsi merangsang kadar estrogen dan progesteron. Vitamin D dibutuhkan sebelum dan saat hamil. Khususnya saat hamil bisa mengurangi risiko terjadinya persalinan prematur serta komplikasi kehamilan lainnya.

Beta karoten

Phytonutrient atau beta karoten memiliki peran penting untuk membantu mengatur hormon Anda dan dapat mencegah terjadinya keguguran dini saat anda hamil nantinya.
anda bisa mendapatkan kandungan Beta karoten dari  wortel, melon, ubi jalar, bayam, brokoli dan kale.

Bromelain

Enzim bromelain dibutuhkan untuk untuk membantu penyerapan protein dalam tubuh. Enzim ini juga membantu proses implantasi telur yang telah dibuahi. Peranan penting bromelain untuk mendapatkan asupan yang cukup, tepat setelah ovulasi. Buah nanas memiliki kandungan bromelain. Jika ingin mengkonsumsi nanas pilihlah nanas yang sudah matang.

Kolin

Kolin adalah nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak bayi. Kolin juga telah terbukti mengurangi risiko cacat lahir. Untuk mempersiapkan kehamilan disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki asupan kolin. Telur dan kembang Kol memiliki kandungan kolin yang cukup banyak.

Selenium

Selenium memiliki peranan yang baik dalam meningkatkan metabolisme estrogen pada wanita. Selenium mampu melindungi sel telur dari efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Selenium bisa anda dapatkan dalam sayuran hijau, biji-bijian dan ikan.

Baca Juga: Ciri Atau Tanda Awal Kehamilan

Multivitamin diperlukan agar cepat hamil, bagi anda yang ingin membeli multivitamin sebaiknya minta saran dokter dan jangan asal beli. Wanita yang sedang berusaha untuk hamil, dengan rutin meminum asupan multivitamin dalam jumlah yang cukup dan mengurangi masalah kesuburan, terutama masalah dengan ovulasi. Itulah beberapa vitamin yang dapat membantu anda cepat hamil. Semoga bermanfaat bagi anda.