Manfaat Ubi Jalar Untuk Kecantikan

Diposting pada

manfaat ubi jalar untuk kecantikanManfaat Ubi Jalar Untuk KecantikanTahukah anda akan manfaat dari Ubi jalar? Ubi jalar termasuk dari jenis umbi-umbian yang paling sering dikonsumsi sebagai camilan oleh masyarakat. Selain karena manis dan mengenyangkan ubi jalar memiliki manfaat untuk kecantikan. Terdapat kandungan nutrisi, Omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, juga vitamin A, B, C, K dan vitamin E. lalu bagaimana memanfaatkan ubi jalar untuk kecantikan? Berikut ini penjelasannya.

Mengatasi Kulit Berminyak

Siapkan ubi jalar, lalu cuci hingga bersih dan rebus ubi jalar hingga matang. Tunggu ubi hingga dingin, dan kemudian di mash. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu dan satu sendok perasan lemon, aduk hingga rata lalu aplikasikan di wajah anda seperti masker. Biarkan hingga 20 menit lalu  bersihkan dengan air hangat. Baca Juga: Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami

Meningkatkan Tekstur Kulit

Air rebusan dari ubi jangan dibuang karena ternyata bermanfaat untuk meningkatakan tekstur dan membersihkan kulit. Karena terdapat kandungan nutrisi yang baik. Saring air rebusan tersebut kemudian masukan dalam botol dan taruh di dalam lemari es untuk mendinginkan. Gunakan air rebusan tersebut secara rutin sebagai toner untuk kulit untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit yang teriritasi.

Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Tidak hanya untuk membersihkan kulit tapi juga air rebusan ubi jalar bisa mengatasi tumit yang pecah-pecah. Cukup dengan merendam kaki anda dalam air bekas rebusan ubi selama 15 menit secara rutin dapat membantu mengatasi pecah-pecah pada tumit anda.

 Mengatasi Lingkar Hitam Mata

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan ubi jalar yang sudah direbus sebentar saja tidak usah sampai matang, biarkan hingga dingin kemudian potong iris tipis lalu tempelkan 2 potong irisan ubi jalar di mata anda. kandungan zat dalam ubi yaitu antosiani yang baik dan berfungsi untuk mengurangi pigmentasi, juga terdapat anti inflamasi yang dapat  menyingkirkan lingkaran hitam, keriput, dan bengkak mata.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lainnya dari ubi jalar yaitu bisa membantu untuk meremajakan kulit yang kering. Caranya, siapkan 1 ubi jalar yang berukuran besar lalu rebus hingga cukup lunak kemudian tambahkan 1 sendok madu, 1 sendok susu, dan 1 sdm air jahe yang diblender dari rimpang jahe dan kemudian disaring. Campurkan semua bahan tersebut secara merata. Gunakan sebagai masker ke wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20  menit lalu bilas dengan air hangat.

Melembabkan Kulit

Kandungan nutrisi ubi jalar mampu melembabkan kulit. Cara membuatnya simpel. Siapkan setengah cangkir ubi jalar rebus kemudian tambahkan 1 sdm oat, dan 1sdm yogurt, lalu campur ketiga bahan tersebut seperti membuat scrub. Aplikasikan pada kulit anda dengan menggosok-gosokannya setelah itu bilas dengan air hangat.

Mengatasi Rambut Kering

Untuk mengatasi rambut kering anda bisa menggunakan Ubi jalar. siapkan 1 buah ubi jalar, 1 cangkir yogurt, 1 sdm madu,  2 sdm krim kelapa dan 1 sdm minyak zaitun atau minyak almond. Haluskan semua bahan tersebut. Kemudian aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas dengan shampoo dan air hangat. Baca Juga: Manfaat Ubi Jalar Untuk Kulit, Wajah Dan Rambut

Menjaga Elastisitas Kulit

Ubi jalar merupakan sumber makanan dan kaya akan vitamin C yang bermanfaat juga membantu memproduksi kolagen kulit. Kolagen berfungsi membantu dalam menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak kencang dan awet muda.

Sumber Anti-oksidan

Ubi jalar mengandung beta karoten yang cukup banyak. Beta karoten merupakan anti-oksidan penting dan berfungsi untuk mencegah berbagai jenis penyakit dan kanker. Membantu memperbaiki sel dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan UV yang berlebih, membuat lapisan pelindung untuk kulit dari sengatan sinar UV yang berbahaya dari matahari.

Mencegah Stres Kulit

Ubi jalar mengandung mineral seperti magnesium dan Zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Magnesium berfungsi untuk membantu merelaksasi dan bertindak sebagai pencegah stres pada kulit.

Membuat Kulit Lebih Halus

Kandungan lainnya dari ubi jalar adalah vitamin E dengan jumlah yang cukup banyak. Vitamin E berfungsi sebagai nutrisi bagi kesehatan kulit, sehingga membuat kulit lebih halus. Dengan rutin mengonsumsinya anda bisa membuat kulit lebih halus dan mulus.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Kandungan beta karoten dalam ubi jalar, berfungsi membantu memproduksi makanan yang sangat ideal untuk membantu pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi ubi jalar dapat memenuhi nutrisi pada rambut. Jika anda kekurangan nutrisi bisa menyebabkan beberapa masalah seperti misalnya rambut kusam,  rusak, bercabang juga rontok. Maka konsumsilah ubi jalar untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.

Rambut Bersinar Alami

Selain dengan mengonsumsi ubi jalar bisa membantu pertumbuhan rambut. Ternyata ubi jalar bisa digunakan sebagai masker rambut. Untuk membuat masker dari ubi kita membutuhkan bahan lainnya. Cara membuatnya siapkan ubi yang sudah direbus tapi tidak perlu terlalu matang. Lalu bahan lainnya yaitu madu, yoghurt dan minyak zaitun. Masker rambut ini bermanfaat untuk anda yang memiliki rambut yang kusam, kasar, membuat rambut terhidrasi juga bersinar alami.

Ubi jalar dikategorikan sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan dengan makanan lain. Terdapat banyak mineral penting yang baik untuk tubuh seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium, enzim, protein, dan karbohidrat. Ubi jalar merupakan sumber makanan yang kaya akan flavonoid, anti-oksidan, dan serat pangan yang memberikan manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Ada beberapa jenis ubi jalar yang memiliki banyak nutrisi, dengan warna daging seperti oranye, ungu, atau kuning biasa. Ubi jalar salah satu makanan sumber kalori pati yang cukup banyak, tapi  tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, jadi baik sekali utuk dikonsumsi setiap hari.

Cara Merawat Kecantikan Kulit Dengan Ubi Jalar

Ubi jalar bukan hanya makanan populer yang akrab bagi kebanyakan orang Indonesia tetapi juga merupakan bahan yang ideal untuk perawatan kecantikan. Cobalah perawatan kecantikan alami dengan ubi jalar di bawah ini, kulit Anda akan cepat menjadi halus dan berseri-seri.

Cara merawat kecantikan kulit dengan ubi jalar

  1. Manfaat perawatan kecantikan menggunakan ubi jalar

Apakah Anda tahu manfaat ubi jalar? Berikut ini beberapa manfaatnya :

  • Mempertahankan elastisitas kulit: Ubi jalar adalah sumber yang baik dari vitamin C. Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi kolagen – bahan aktif yang mempertahankan elastisitas kulit.
  • Antioksidan: Ubi jalar kaya beta-karoten (bila diubah menjadi vitamin A) – antioksidan kuat – membantu memulihkan sel-sel yang rusak dari paparan sinar ultraviolet, melindungi kulit Anda dari efek berbahaya dari sinar ini.
  • Membantu kulit lebih rileks : Ubi jalar kaya magnesium. Magnesium adalah mineral yang dapat membantu tubuh Anda rileks, ini sangat bagus untuk kulit Anda.
  • Selain itu, ubi jalar juga mengandung kadar vitamin dan mineral yang tinggi seperti vitamin B, K, E, asam lemak omega 3, fosfor, kalium, natrium, seng, dan antosianin … Jadi, perawatan kulit yang indah dari ubi jalar selalu menjadi salah satu bahan pertama yang dipilih banyak orang.
  1. Cara membuat perawatan wajah cantik menggunakan ubi jalar

Ubi jalar untuk merawat kulit

Cara penggunaan : Rebus ubi jalar, dinginkan dan haluskan. Tambahkan 1 sendok teh madu murni (dan 2-3 sendok teh jus lemon jika kulit Anda sangat berminyak), aduk rata. Oleskan campuran ke seluruh wajah dan leher. Bersantai selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Catatan: Untuk menghindari hilangnya nutrisi, jangan sampai ubi jalar terlalu lama saat direbus.

Jus ubi jalar untuk meningkatkan elastisitas kulit

Cara melakukannya: Setelah merebus ubi jalar, jangan buru-buru membuang air rebusan karena air rebusan ubi jalar mengandung banyak nutrisi untuk membersihkan dan memperbaiki tekstur kulit. Saring airnya, tempatkan dalam wadah yang bersih dan tempatkan di dalam kulkas untuk di dinginkan. Menggunakan air rebusan ubi jalar dapat menghilangkan kotoran, membersihkan kulit secara mendalam dan menenangkan kulit yang teriritasi.

Ini adalah salah satu perawatan wajah paling indah yang tersedia di rumah, jadi sebaiknya Anda menerapkannya setiap hari untuk memperbaiki kulit Anda dengan cepat.

Menyembuhkan lingkaran hitam dan bengkak

Cara melakukannya: Oleskan 2 potong ubi jalar ke kulit di sekitar mata, bahan aktif antosianin pada kulit jenis ini dengan penggunaan pigmentasi dan anti-inflamasi akan membantu Anda menghilangkan lingkaran hitam, kerutan dan bengkak.

Mencegah penuaan kulit (terutama untuk kulit kering)

Bahan:

  • 1 ubi jalar besar, direbus (direbus hingga lunak dan bisa dikupas dengan mudah)
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan susu segar
  • 1 sendok makan jus jahe (jahe cincang halus, dibungkus dengan kain tipis dan diremas dalam air)

Cara melakukannya: Campur semua bahan, oleskan ke wajah dan leher. Bilas dengan air hangat setelah sekitar 20 – 25 menit. Perawatan wajah kulit sederhana ini digunakan untuk menghidrasi dan meremajakan kulit, mencegah penuaan.

Dengan sisa campuran, Anda bisa menyimpannya di kulkas dan menggunakannya selama 2-3 hari.

Pelembab

Bahan:

  • 1/2 cangkir ubi jalar rebus, potong biji delima.
  • 1 sendok makan oatmeal
  • 1 sendok makan yogurt.

Cara: Campurkan semua bahan ke dalam campuran yang halus. Oleskan campuran ke wajah dan leher, pijat lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Oleskan pelembap yang sesuai.

  1. cara memilih ubi jalar untuk perawatan kulit

Dengan perawatan kecantikan wajah dari alam, pemilihan bahan baku selalu memainkan peran yang sangat penting. Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda memilih ubi jalar:

  • Ubi jalar dengan usus oranye gelap memiliki nilai gizi tertinggi.
  • Sebaiknya pilih ubi jalar yang berat dan halus mengkilap.
  • Umbi ubi jalar kecil dan menengah mengandung lebih sedikit pati daripada umbi besar.
  • Ubi jalar segar kaya akan antioksidan beta-karoten dibandingkan ubi yang memiliki kulit pucat.
  • Hindari membeli ubi jalar dengan bintik-bintik pada kulitnya.

Cara mengawetkan ubi jalar

  • Jangan simpan ubi di kulkas.
  • Ubi jalar harus disimpan di tempat yang sejuk, kering dan berventilasi baik.
  • Karena kadar gula yang tinggi, ubi jalar mudah rusak jika dibiarkan terlalu lama.

Demikianlah penjelasan manfaat ubi jalar untuk #kecantikan. Semoga bermanfaat bagi anda.