Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan
Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Siang Untuk KesehatanBagi anda yang memiliki segudang rutinitas dan sering kurang tidur, sebaiknya tidak menyepelekan jam tidur anda. Setelah melakukan banyak aktifitas, tubuh perlu beristirahat yang cukup untuk merileksasi otot dan saraf-saraf dalam tubuh. Sempatkan waktu untuk tidur siang, meskipun hanya 1 jam tapi sangat berpengaruh pada kesehatan anda.

Ternyata tidur siang dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya.

Kebanyakan orang memilih menyelesaikan pekerjaan dan memaksakan diri bekerja padahal tubuh sudah sangat lelah. Padahal ketika tubuh lelah, hasil pekerjaan juga terkadang menjadi kurang maksimal. Berikut ini @MasPenulis ulas beberapa manfaat dari tidur siang.

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Meningkatkan Daya Ingat Otak

Manfaat pertama dari tidur siang yaitu dapat meningkatkan daya ingat pada otak, menjaga  daya ingat sangatlah penting, khususnya bagi para lansia. Semakin bertambahnya umur, daya ingat cenderung menurun, mudah melupakan memori di masa lampau.

Bagi anak-anak, tidur siang dapat membantu meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Meskipun Anak-anak yang masih sangat muda, aktifitas mereka sehari-hari juga banyak dan sama pentingnya tidur siang setelah mereka belajar atau mungkin mengkhafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah ataupun dirumah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Meningkatkan Kewaspadaan

Melakukan tidur siang ditengah padatnya aktifitas dapat meningkatkan kewaspadaan, khususnya bagi anda yang memiliki pekerjaan yang mewajibkan konsentrasi penuh. Karena ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka yang disebabkan oleh kelelahan.

Lalu untuk pekerjaan atau aktifitas lain terutama setelah makan siang, anda mengalami kantuk berat, tentu sulit untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang setidaknya 30 menit dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Meningkatkan Mood

Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan mood. Neurotransmitter serotonin dalam tubuh mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita. Hormon ini juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Jumlah hormon serotonin wanita biasanya memiliki jumlah hormon lebih sedikit dibandingkan pada pria sehingga kemungkinan wanita sering mengalami depresi lebih besar dibandingkan pada pria.

Tapi ketika tubuh kita stress akibat kelelahan, serotonin yang digunakan jadi lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Hal tersebut akan menyebabkan cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.

Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Tidur siang dapat membantu meningkatkan persepsi sensorik sama halnya seperti manfaat tidur malam. Tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas, seperti memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

Mengatasi Insomnia

Tidur siang ternyata dapat mengobati insomnia. Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari tidak baik bagi kesehatan. Tubuh membutuhkan istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jangan anggap sepele hal tersebut, jika diabaikan maka anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi, karena selain membahayakan diri sendiri tapi juga orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

Mengurangi Stress

Stress bisa dialami oleh siapa saja. Stress adalah sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Mengerjakan segudang aktivitas yang menyita banyak waktu,tenaga dan otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. meskipun banyak aktivitas yang dijalani, lebih lakukan tidur siang walaupun hanya 30 menit.

Dengan beristirahat sistem dalam tubuh secara otomatis mengoptimalkan kembali seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

Baca Juga: Hilangkan Stress Dengan Manfaat Kopi

Mencegah Penyakit Jantung & Stroke

Tidur siang teratur ternyata dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah sangat lelah dan mengantuk  pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Apalagi yang lebih parah jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein untuk menahan rasa kantuk pasti berakibat buruk pada kesehatan. Cukup melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit saja setiap harinya akan dapat mencegah penyakit jantung serta stroke.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Jika anda kurang tidur, hal tersebut akan menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, sebenarnya membantu kita dalam respon anggota tubuh. Tapi, kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, yang akan melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Dan efek dari kelebihan hormon ini, akan merusak dan menjadi penyebab dari penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Melakukan pekerjaan harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Karena ketika tubuh istirahat akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan siap melakukan aktifitas hari-hari. Dengan rutin tidur siang setidaknya 30 menit akan mencegah dari berbagai penyakit. itulah beberapa manfaat dari tidur siang, semoga bermanfaat bagi anda.