Manfaat Takokak, Tanaman Liar yang Kaya Manfaat

By | 08/12/2019

Manfaat Takokak, Tanaman Liar yang Kaya Manfaat. Takokak atau di beberapa daerah di Indonesia sering disebut dengan rimbang, tak jarang dianggap sebagai tanaman liar atau tanaman gulma. Hanya sedikit orang yang terkadang memanfaatkan untuk sayur atau sebagai lalapan. Namun, tahukah Anda jika tanaman yang dianggap gulma ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Manfaat Takokak tidak bisa dianggap remeh karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi dan beberapa zat kimia yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Takokak

Berbagai Manfaat Takokak untuk Kesehatan Tanaman takokak ini biasa tumbuh di daerah tropis seperti di Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki beragam nama di berbagai daerah. Seperti di Minangkabau sering disebut rimbang, cokowanan, cepoka dan beberapa nama lainnya. Jenis tanaman ini biasanya mudah ditemukan karena tumbuh secara liar. Karena itu masyarakat Indonesia sering menjadikan bagian buah dan daunnya sebagai sayur. Di balik bentuknya yang kurang menarik dan tumbuh liar, tanaman ini mengandung banyak manfaat terutama untuk kesehatan.

Berikut 4 manfaat takokak Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan utama dengan jumlah yang sangat tinggi di dalam tanaman takokak adalah kandungan zat besi. Karena itu jugalah, manfaat takokak yang utama ini adalah untuk mencegah timbulnya gejala anemia. Zat besi di dalam takokak akan merangsang produksi dari sel darah merah sehingga bisa tetap mencukupi kebutuhan manusia. Inilah yang membuat takokak sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah gejala anemia.

  1. Mengatasi dan Mencegah Peradangan

Manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman takoak ini adalah bisa mencegah maupun mengatasi peradangan. Di dalam tanaman takokak ini, baik itu pada bagian buah maupun pada bagian daunnya memiliki banyak kandungan senyawa  sterol carpesterol. Pada senyawa ini juga mengandung sifat antiinflamasi. Nah, sifat antiinflamasi inilah yang sangat efektif dalam mencegah terjadinya peradangan bahkan juga bisa mengatasinya jika memang sudah terjadi peradangan.

  1. Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Mata

Di dalam buah takoak banyak terdapat kandungan Vitamin A yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah bisa membantu mengatasi keluhan atau masalah pada mata yang tidak bisa melihat dari jarak jauh. Dengan begitu, masalah mata minus atau tidak bisa melihat dari jarak jauh bisa diatasi. Tak hanya itu saja, mengonsumsi buah  ini secara rutin bisa mencegah dari berbagai masalah kesehatan pada mata.

Baca juga: Mengenal Ablasio Retina, Penyakit Mata yang Senyap

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat takoak selanjutnya untuk kesehatan adalah membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan. Seperti misalnya gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare. Anda bisa mengambil manfaat baik dari bagian buah ataupun daunnya.  Cara kerja tanaman ini yakni dengan menetralkan asam lambung terlebih dahulu. Ketika asam lambung sudah normal maka kesehatan pencernaan pun juga ikut terjaga.

Tanaman takokak memang tidaklah seterkenal tanaman tradisional atau sayuran lain di Indonesia. Tanaman ini lun tumbuh liar di dan banyak dianggap sebagai gulma orang masyarakat. Namun setelah dipelajari lebih lanjut, bisa diketahui jika tanaman ini ternyata juga memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang manfaat takokak untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaat ini kini Anda bisa memanfaatkan bagian dari tanaman takokak ini untuk dikonsumsi. Mengetahui manfaat berbagai tanaman herbal di sekitar Anda akan memberikan pengetahuan lebih tentang tanaman dan khasiatnya untuk tubuh.