Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Strawberry Untuk KesehatanManfaat Strawberry Untuk KesehatanBuah dengan warna merah dan memiliki rasa manis dan memberikan efek segar ini memang banyak disukai oleh masyarakat. Tidak hanya karena rasanya buah Stroberi atau strawberry memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa kandungan baik seperti vitamin C, mangan, folat dan kalium. Buah strawberry juga dapat anda temukan di pasar tradisional atau supermarket. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau bisa anda olah menjadi selai atau jus. Perlu anda ketahui, dalam buah strawberry juga ada kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Lalu apa saja manfaat dari buah satu ini? Berikut ini manfaat mengkonsumsi stroberi:

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Selain kaya akan vitamin C, buah stroberi juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti B1, B2, B3, B5, dan B6 serta nutrisi magnesium, kalsium, asam folat, zat besi fosfor dan juga tembaga. Kandungan antioksidan dalam stroberi juga sangat berguna untuk melawan radikal bebas sehingga tidak mudah terkena penyakit dan virus.

KESEHATAN MATA

Antioksidan yang terkandung pada strwaberry berperan untuk mencegah terjadinya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya. Vitamin C mampu membantu meningkatkan fungsi dan masa hidup dari sel-sel retina.

Baca Juga: Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

MEMILIKI SIFAT ANTI INFLAMASI

Selain terdapat kandungan antioksidan yang tinggi ada juga quercetin yaitu flavonoid dan zat anti inflamasi yang dapat mengurangi resiko aterosklerosis. bersamaan dengan melakukan olahraga teratur dapat mengurangi pembentukan plak aterosklerosis. Stroberi juga kaya vitamin C, yang memiliki manfaat untuk mencegah peradangan .

MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Kandungan antioksidan dan polifenol yang melimpah pada buah stroberi, membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk melindungi jantung anda dari penyakit. kandungan seperti anthocyanin atau antioksidan, berperan melindungi lapisan dari sistem peredaran darah dan juga melindungi arteri dari penumpukan plak serta bermanfaat untuk mengatur tekanan darah agar tetap stabil.

MEMBANTU MENCEGAH KANKER

Kandungan vitamin yang baik seperti vitamin C dan serat mampu memberikan perlindungan kesehatan dari penyakit kanker kerongkongan dan usus.beberapa penelitian juga membuktikan sifat anti kanker dari buah stroberi dikaitkan dengan asam ellagic yang dapat mencegah kanker kulit, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, dan kanker payudara.

MENGATUR TEKANAN DARAH

Buah stroberi mengandung anthocyanin (antioksidan) yang tinggi dapat membantu lapisan pembuluh darah lebih rileks agar tekanan darah lebih stabil. Kalium yang ada dalam stroberi juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Produksi hormon dalam tubuh meningkat dengan kandungan antioksidan dalam strawberry yang disebut dengan adiponectin. Hormon ini bekerja dalam meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan anda. Kadar serat dan air membantu dalam program diet karena saat mengkonsumsi beberapa buah stroberi akan membantu anda membuat anda tidak mudah lapar.

MENINGKATKAN FUNGSI OTAK

Tidak hanya menjaga kesehatan mata, antioksidan juga bermanfaat untuk melindungi sel otak dari kerusakan yang disebabkan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan berperan juga mengubah cara neuron di otak berkomunikasi satu sama lain, serta berperan penting untuk peningkatan kesehatan otak.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Bergizi Yang Mudah Didapat

MENCEGAH SEMBELIT

Makan makanan yang tinggi akan kandungan air dan serat, seperti buah stroberi, buah anggur, buah semangka, dan buah melon dapat membantu anda tetap terhidrasi dan membuat buang air besar anda tetap teratur dan mengurangi resiko terkena sembelit.

MERINGANKAN GEJALA ALERGI

Anti inflamasi dari quercetin dalam stroberi berguna untuk meringankan gejala alergi, misalnya pilek, mata berair, dan gatal-gatal. Dengan mengkonsumsi buah stroberi secara alami gejala alergi akan berangsur-angsur membaik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah stroberi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.