Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

manfaat pisang
manfaat pisang

Manfaat dan Khasiat Pisang Untuk KesehatanTahukah kamu salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia? Bukan hanya sebagai ‘cuci mulut’ setelah makan, pisang juga sering diolah sebagai bahan dasar masakan. Pisang banyak disukai bahkan buah yang satu ini jadi favorit masyarakat, kandungan gizi juga nutrisi buah pisang itu tinggi. tentunya banyak masyarakat yang ingin tahu kandungan gizi dan nutrisi apa saja yang ada di dalam buah pisang.

Pohon pisang hampir ada di setiap daerah, terdapat juga beberapa macam pisang, bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang., berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Pasti anda menjadi semakin ingin tahu sebenarnya apa saja kandungan nutrisi yang ada di buah pisang. Pada pembahasan selanjutnya akan kita ketahui bersama apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari buah pisang yang baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Semoga ini jadi informasi yang berguna untuk anda.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Berapa banyak kandungan vitamin dalam buah pisang belum diketahui banyak orang, meskipun banyak yang mengkonsumsinya. Banyak juga yang mengetahui peran gizi dan nutrisi apa saja sih yang terkandung didalamnya. Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik dan sangat banyak. misalnya Vitamin A  sebanyak  81 IU yang baik sebagai antioksidan membantu melawan berbagai jenis penyakit, Vitamin B6 atau yang dikenal juga dengan nama Prydoxine sebanyak 0,5 mg yang sangat baik untuk membantu  menutrisi kulit juga rambut, juga terdapat Vitamin C sebanyak 9 mg, vitamin B12 sebanyak 0,1 mg vitamin B3 sebanyak 0,8 mg.  Dengan mengonsumsi satu saja perhari akan sangat membantu kita menjaga kesehatan tubuh.  Kandungaan gizi dan nutrisi itu yang menjadi alasan mengapa buah pisang memiliki manfaat yang sangat baik.  Selain kandungan-kandungan yang telah kita lihat seperti di atas, pembahasan selanjutnya akan @MasPenulis akan bahas seperti dibawah ini.

Mineral apa saja sih yang terkandung didalamnya?

Ternyata buah pisang ini mengandung beberapa jenis mineral yang dapat membantu sistem tubuh kita. Kandungan mineral yang terkandung seperti Kalium sebanyak 450 mg, Potassium sebanyak 400 mg  Folat sebanyak 25 microgram, Mangan sebanyak 0,3 mg, Zat besi sebanyak 0,3 mg, Sodium 1 mg dan Magnesium sebanyak 34 mg.Karbohidrat sebanyak 23 mg. Kandungan mineral yang ada dalam satu buah pisang saja sudah memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia.

Protein yang sangat kita butuhkan untuk kesehatan tubuh ada  pada buah pisang, protein yang tinggi membantu menunjang metabolisme sistem tubuh kita. Masih banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak dan sedikit protein.

Kandungan serat pada buah pisang sudah pasti memberikan manfaat untuk sistem pencernaan tubuh, jadi selalu dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Ini beberapa manfaat pisang untuk kesehatan kita:

Untuk kesehatan Ginjal

Kalium yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi. Kalium inilah yang membantu menjaga kerja dan fungsi ginjal. Makanlah setiap hari.

Memperlancar Peredaran Darah

pada  buah pisang terdapat potassium yang berfungsi membantu memperlancar sistem peredaran darah ke seluruh tubuh. Tentu saja jika peredaran darah kita lancar semakin sedikit resiko terkena berbagai macam penyakit.

Membantu kesehatan Usus

Seperti yang telah disebutkan, buah pisang memiliki kandungan serat yang pastinya menghindarkan kita dari segala macam penyakit di usus seperti sembelit ataupun kanker usus. Serat membantu memperlancar kerja usus kita.

Untuk kesehatan Mata

Vitamin lain yang terkandung yaitu vitamin A yang berfungsi melindungi membran mata. Pastinya kesehatan mata perlu diperhatikan agar terhidar dari bahaya yang merusak system jaringan mata seperti katarak atau resiko kebutaan.

Menjaga kesehatan Jantung

Mineral dan elektrolit kalium memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan-kandungan itu membantu memperlancar aliran darah ke jantung. Karena dengan lancarnya aliran darah mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mengobati Penyakit Maag

Banyak yang beranggapan jika anda mengalami sakit maag itu dilarang mengonsumsi pisang, padahal kandungan dalam buah ini mampu mengurangi kembung dan nyeri pada lambung. Bahkan jika di konsumsi setiap hari akan mencegah sakit maag. Jadi makanlah secara rutin.

Diet / Mengurangi Berat Badan

kandungan fruktosa pada pisang dan kandungan gula alami, menjadikan buah pisang digemari masyarakat yang sedang melakukan program diet. Protein, kandungan lemak dan karbohidrat yang cukup memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Membantu Menghilangkan Jerawat

Pisang bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi juga menutrisi kulit supaya terhindar dari muculnya jerawat. Ada cara untuk kalian yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Hanya dengan menghaluskan buah pisang dan jadikan sebagai masker mampu menghilangkan bekas jerawat, lakukan perawatan itu selama 15 menit setiap hari. Baca Juga:  8 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengobati Penyakit Anemia

Zat besi pada buah pisang memberikan manfaat untuk yang mengalami anemia. Makanlah buah pisang setiap hari khususnya yang memiliki sakit anemia, pasti akan sangat berkhasiat pada tubuh anda.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Jadi konsumsilah pisang karena manfaatnya akan membantu menjaga kesehatan anda. Demikian beberapa penjelasan manfaat dari buah pisang.