Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil
Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat pisang untuk Ibu HamilBuah pisang memiliki banyak kandungan yang baik untuk dikonsumsi. Sebelumnya saya telah bahas di: Manfaat dan Khasiat Pisang Untuk KesehatanBuah ini memang digemari masyarakat umum. Tidak sulit juga untuk mendapatkannya. Selain karena tekstur yang lembut dan manis banyak kebaikan pisang untuk para ibu hamil.

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi 3-4 buah pisang setiap hari. Kandungan nutrisi pada pisang mampu mencukupi kebutuhan ibu dan janin. Berikut ini kandungan dan mafaat buah pisang.

Manfaat pisang untuk Ibu Hamil:

Kekayaan asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Asam folat berfungsi untuk pembentukan dan  perkembangan saraf dan otak, juga susum tulang belakang. membantu mencegah defisiensi asam folat yang bisa mengakibatkan bayi terlahir secara premature atau cacat.

Mencegah anemia

Anemia pada ibu hamil adalah hal yang sering terjadi. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan masalah saat akan melahirkan. Jadi selama masa hamil makanlah pisang yang mampu mencukupi zat besi ibu hamil hingga melahirkan.

Manfaat vitamin B6

Dalam pisang mengandung vitamin B6 adalah vitamin yang larut didalam air. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan pengembangan sel sistem syaraf pusat pada janin. Dengan jumlah yang seimbang vitamin B6 ini akan mengurangi mual di pagi hari. Jumlah harian vitamin B6 yang diperlukan ibu hamil yaitu 1,9 miligram. Vitamin B6 juga meningkatkan sel darah merah atau hemoglobin.

Mengatasi Gangguan sembelit

Sembelit terkadang terjadi pada ibu hamil. Pisang mampu mengurangi perut kembung dan melancarkan buang air besar. Hal ini dikarenakan pisang mengandung serat dan juga antacid yang membantu kerja usus. Terdapat 6 gram serat  satu buah pisang.

Obat diare alami

Terdapat kandungan Pektin yang membantu meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air yang ada usus. Maka dengan manfaat pisang untuk ibu hamil, gejala diare dapat terkurangi.

Sebagai sumber Kalsium

Kalsium yang berfungsi untuk perkembangan tulang. Untuk syaraf kalsium bermanfaat untuk memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot pada dalam kandungan.

Antioksidan yang terkandung didalamnya

Vitamin C yang terkandung sebesar 33 % pada setiap buahnya yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Kaya Protein

Protein yang terkandung pada pisang cukup tinggi. Protein bermanfaat sebagai sumber kalori dan pembentukkan antibodi bagi janin dan si ibu. Jika kekurangan protein dapat menyebabkan resiko bayi lahir terlahir cacat seperti bibir sumbing.

Kaya Kalium

Kalium yang ada pada pisang membantu supaya ibu tidak terkena kram pada kaki dan mengurangi pembengkakan. Makanlah pisang setiap hari.

Sebagai penyeimbang darah

Terdapat 4700 mg kalium pada pisang. Ibu hamil terkadang mengalami gangguan fluktuasi pada tekanan darah. Kandungan kalium bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

Meningkatkan energi

Pisang dapat menyediakan energi dengan cepat. Pisang memiliki tiga jenis gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pada 225 gram Pisang terdapat 28 gram gula yang dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil apalagi memasuki trimester ketiga dan akan melahirkan.

Kaya akan karbohidrat

Pisang sering dikonsumsi sebagai cemilan bagi ibu hamil di jam-jam tertentu saat mereka lapar.  Hal itu baik sekali karenaselain cepat kenyang,  kebutuhan karbohidrat untuk ibu hamil terpenuhi.

 Menjaga gula darah dan Kolesterol

Tentu anda tidak menginginkan terkena kolestrol pada masa kehamilan anda. Nah, Pisang dapat mempertahankan tingkat kolesterol dan gula darah selama masa kehamilan. Kandungan gula dalam Pisang seimbang jadi bisa mencegah kolestrol. Cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari.

Baik untuk menyusui

Setelah anda melahirkan, lanjutkan saja mengkonsumsi Pisang. Karena, membantu untuk mengembalikan setiap mineral yang hilang. Kandungan mineral dibutuhkan untuk membantu memproduksi ASI. Terdapat juga kandungan kalsium, pada 100 gram pisang terdapat 100 mg kalsium.

Meningkatkan nafsu makan

Untuk para ibu yang suka merasa mual bisa memakan satu pisang sebelum makan. Karena rasa yang manis mampu meningkatkan nafsu makan. Makan sangat penting agar menjaga kebugaran dan kesehatan ibu dan janin.

Menurunkan berat badan setelah melahirkan

Kandungan mineral seperti kalium dan magnesium penting untuk ibu hamil dan menyusui. Selain aman dikonsumsi untuk ibu menyusui, pisang membantu ibu yang telah melahirkan untuk menurunkan berat badannya secara alami. Pisang juga dapat membuat proses metabolisme berlangsung lebih cepat. Pisang dapat menghasilkan membran yang dapat melindungi usus, membantu menghancurkan racun dalam tubuh serta dapat merangsang agar dapat mencerna dengan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil. Konsumsilah secara teratur untuk menjaga kesehatan anda dan bayi. Semoga tulisan @MasPenulis bisa bermanfaat bagi para pembaca.