Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Diposting pada
Manfaat Teh Hijau
Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Tak peduli musim apa, teh bisa jadi minuman yang enak karena bisa disajikan dengan es atau panas. Ada banyak penelitian yang menemukan bukti klinis bahwa minum teh benar-benar dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Kita sudah tidak asing lagi dengan teh hijau. Sesuai dengan namanya teh hijau adalah teh yang berwarna hijau. Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan teh hitam yang sering kita konsumsi. Tapi dari sisi harga teh hijau ini sedikit lebih mahal dibanding teh biasa. Teh hijau kaya akan kandungan antoksidan yang berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Tidak hanya itu antioksidan dalam teh hijau bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan membantu mencegah penuaan dini. Tapi tidak semua orang tahu vitamin apa yang terkandung dalam teh hijau ini. Mari kita lanjutkan pembahasannya. Dengan aroma teh hijau yang enak, minum teh bisa jadi cara paling menyenangkan untuk mendapatkan cukup cairan ke tubuh Anda setiap hari.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa teh dapat membantu kesehatan jantung dan melindungi gigi.

Teh hijau memiliki kafein yang lebih kecil dari kopi, sehingga mengkonsumsi teh ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti kopi.  Teh juga memiliki kandungan antioksidan penting untuk tubuh yaitu polifenol dalam jumlah cukup tinggi. Teh herbal tertentu dikenal dengan nilai obatnya, termasuk menenangkan sistem pencernaan.

Untuk harga menurut @MasPenulis juga cukup ekonomis, walaupun sedikit lebih mahal dari teh biasa.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

1. Teh mengandung antioksidan. Antioksidan bekerja untuk mencegah tubuh cepat sakit dan dengan demikian membantu membuat kita awet muda dan melindungi kita dari kerusakan akibat polusi.

2. Meringankan Gejala Asma. Senyawa Teofilin dalam teh hijau mampu membuat rilek dan mengendorkan otot saluran bronkial. Ini berguna untuk meringankan gejala asma.

3. Teh dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian menemukan pengurangan risiko serangan jantung yang hampir 20 persen dan 35 persen mengurangi risiko stroke di antara mereka yang meminum satu sampai tiga cangkir teh hijau hari. Mereka yang minum empat atau lebih cangkir teh hijau setiap hari memiliki 32 persen pengurangan risiko serangan jantung dan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

4. Teh dapat membantu menurunkan berat badan. Polifenol berperan penting menjaga kesehatan tubuh, sehingga kita terhindar dari obesitas atau kegemukan yang mampu menimbulkan penyakit.

5. Teh dapat membantu melindungi tulang Anda. Teh mengandung senyawa fluoride yang berfungsi menjaga tingkat kepadatan tulang.

6. Teh membuat senyum tetap cerah. Selain fluoride, Peneliti Jepang telah menemukan bahwa teh dapat mengurangi kehilangan gigi. Ini mengubah pH di mulut Anda saat Anda meminumnya dan itu yang mencegah gigi berlubang. Selain itu, teh tidak seperti banyak minuman lainnya, tidak mengikis email gigi.

7. Menjaga kesehatan liver. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, maka kerja hati dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas akan semakin ringan.

8. Teh herbal bisa menjaga sistem pencernaan. Teh hijau, bisa baik untuk orang dengan sindrom iritasi usus besar karena antispasmodik, teh dan jahe bisa menenangkan mual.

Baca juga: Cara Alami Yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah dibahas diatas, teh hijau memiliki kandungan polifenol dan zat antoksidan lainnya. Dengan minum teh hijau setiap hari akan membantu menyehatkan kulit, menghindarkan kulit dari penuaan dini, munculnya garis halus pada wajah, mengencangkan kulit, menghilangkan kusam pada wajah.

Menjaga Kesehatan Rambut

Masalah rambut rusak  biasanya dialami kaum wanita. Karena wanita memiliki rambut yang lebih panjang dibandingkan pria. Masalah rambut rontok dan bercabang disebabkan oleh kekurangan nutrisi pada rambut. Teh hijau ini berperan membantu untuk menutrisi rambut sehingga menguatkan akar rambut dan menyehatkan rambut. Oleh karenanya ada beberapa produk shampo dan perawatan rambut yang menggunakan ekstrak teh hijau.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat lain dari teh hijau adalah untuk mengatasi jerawat. Ya jerawat merupakan masalah wajah yang ditimbulkan akibat adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Dengan membuat masker wajah dari teh hijau dan bisa dicampur dengan madu supaya teh hijau bisa menempel diwajah. Setelah itu diamkan selama 15-30 menit supaya terserap masuk ke kulit wajah baru dibilas menggunakan air biasa sampai bersih. Masker teh hijau berkhasiat menyehatkan dan menutrisi kulit anda. Dan juga paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Tapi jika ingin lebih simpel, carilah produk pembersih muka yang mengandung ekstrak teh hijau.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebih atau sedang menjalankan program diet, minumlah secara rutin teh hijau setiap hari. Kandungan dalam teh hijau memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan. Teh hijau membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh apalagi jika diminum sebelum anda berolahraga akan memberikan efek yang baik pada tubuh. Minumlah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatur Tekanan Gula Darah

Didalam dunia pengobatan, seperti pengobatan cina yang mengutamakan pengobatan herbal. Teh hijau selalu jadi minuman utama, karena kandungan teh hijau ini membantu untuk mengatur tekanan gula darah. Minum teh hijau setiap hari sangat disarankan bagi penderita Gula darah.

Kandungan antioksidan didalam teh hijau, diyakini lebih baik dari pada kandungan vitamin E. Fungsi anti oksidan tinggi ini yang membantu menyehatkan setiap sel ditubuh kita dan mengindari resiko kanker akibat  mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaat teh hijau untuk mengurangi resiko kanker:

Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Penyakit kanker yang satu ini sering banyak terjadi pada wanita. Sebuah analisis studi observasional menyatakan bahwa wanita yang suka mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko 22% lebih rendah bila dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Mencegah Kanker Prostat

Kanker yang banyak terjadi pada kaum pria ini juga berbahaya. Dan untuk mengurangi resiko tersebut,konsumsilah teh hijau dengan rutin karena hasil studi yang telah dilakukan menyatakan bahwa pria yang rutin minum teh hijau memiliki resiko 48% lebih rendah dibandingkan pria yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Mengurangi Resiko Kolorektal

Sebuah Studi yang melakukan analisis terhadap 69710 wanita di China. Menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko 57% lebih rendah mengalami kanker kolorektal dibandingkan wanita yang tidak minum teh hijau.

Setelah kita tahu begitu banyak manfaat teh hijau ada baiknya kita mulai rutin mengkonsumsi teh hijau setiap hari supaya kita menjadi lebih sehat. Sekian pembahasan dari saya semoga bermanfaat. Terima kasih.

Yuk Bantu Share biar teman dan keluargamu jadi tahu manfaat teh hijau. Makasih