Manfaat Mengkudu Dan Cara Mengolahnya Untuk Pengobatan

Diposting pada
Manfaat Mengkudu
Manfaat Mengkudu

Manfaat Mengkudu Dan Cara Mengolahnya Untuk PengobatanMengkudu sudah cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dan sering dijadikan bahan untuk pengobatan. Tapi sedikit saja yang tau manfaat mengkudu yang populer di maskyarakat. Memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini.

Mengkudu tumbuh di banyak wilayah daratan Indonesia dan memiliki beberapa nama diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), noni (Aceh), Wengkudu (Bali) dan lain-lain. Biasanya, mengkudu yang masih mentah sering digunakan untuk campuran rujak. Sedangkan yang sudah matang buahnya digunakan untuk pengobatan.

Manfaat Mengkudu Dan Cara Mengolahnya Untuk Pengobatan

Memang, mengkudu memiliki bau yang tidak sedap, namun kandungan dalam buah mengkudu yang sudah matang di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Kandungannya yaitu morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa di dapat dari mengkudu:

Mengatasi Hipertensi

Bagi anda yang mengalami Tekanan darah tinggi atau hipertensi, anda bisa memanfaatkan mengkudu sebagai bahan obat alami. Cara pembuatannya juga mudah, siapkan dua buah Mengkudu yang telah matang di pohon, lalu cuci bersih dan tambahkan satu sendok makan madu. Mengkudu diperas dan ambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Minumlah obat ini dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk

Manfaat berikutnya dari mengkudu yaitu dapat mengobati batuk. Cara membuat obatnya dengan menyiapkan satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo/bujanggut yang sudah dicuci bersih. Kemudian, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air hingga yang tersisa hanya satu gelas, setelah itu saring air rebusan tersebut. Minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari tiap pada pagi dan sore hingga sembuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Obat Sakit Perut

Khasiat lainnya dari mengkudu tidak hanya buahnya tapi juga daunnya yang dijadikan bahan obat alami sebagai obat sakit perut. sakit perut bisa terjadi pada siapa saja, jika anda terkena sakit perut, anda dapat membuat alami dari daun mengkudu.

Caranya juga mudah, siapkan tiga lembar daun mengkudu yang sudah dicuci bersih, kemudian tumbuk tidak harus sampai halus, lalu seduh dengan air panas dan saring air ramuan tersebut. Tambahkan sedikit garam agar tidak terlalu pahit. Minum satu gelas sehari hingga sakit perut sembuh.

Baca juga: Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Mengobati Sakit Kuning

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit kuning. Kandungan dalam mengkudu mampu membantu menyembuhkan sakit kuning. Dengan menyiapkan bahan yang diperlukan yaitu 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon lalu di cuci bersih dan sedikit madu alami. Cara pembuatan obat ini cukup simpel, buah mengkudu diperas untuk diambil inti sari airnya, kemudian dicampur dengan madu dan aduk sampai merata, setelah itu saring airnya. Dapat diminum 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin dan flu

Manfaat mengkudu lainnya yaitu untuk menyembuhkan dari demam, masuk angin dan flu. Cara membuat obatnya yaitu siapkan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur, lalu cuci bersih kedua bahan tersebut. Kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih biarkan sampai yang tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu saring air rebusan tersebut, tunggu hingga hangat kuku lalu bisa diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi Kulit Bersisik

Selain untuk kesehatan, buah mengkudu bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Dengan menggunakan buah mengkudu yang sudah matang di pohon. Caranya mudah sekali, ambil 1 buah mengkudu yang matang, cuci bersih, lalu potong menjadi dua bagian, kemudian oleskan ke bagian kulit yang bersisik, biarkan selama 5-10 menit, setelah itu dibersihkan dengan air hangat.

Itulah beberapa manfaat mengkudu untuk pengobatan. Semoga bermanfaat.