Manfaat Masker Kopi Untuk Kulit Wajah

Diposting pada

Manfaat masker kopiManfaat Masker Kopi Untuk Kulit WajahBagi anda penikmat kopi, selain memberi efek segar dan menambah energi pada tubuh, ternyata kopi juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit. Didalam kopi ada kandungan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang tinggi yang baik untuk kulit wajah.

Kopi yang digunakan untuk masker ini bukan kopi yang dijual kemasan, harus yang terbuat dari kopi bubuk yang murni. Kafein pada kopi tidak selalu bersifat buruk, terdapat manfaat baik untuk kecantikan kulit seperti menghilangkan mata panda karena kurang tidur, menghilangkan selulit, mengurangi peradangan kulit dan lain-lain.

Manfaat Masker Kopi Untuk Kulit Wajah:

Anti-Inflamasi

Kandungan kafein bermanfaat untuk menambah energi, khususnya bagi anda yang sering begadang. Anti inflamasi yang tinggi bermanfaat menghilangkan bengkak dan kemerahan apapun pada kulit wajah (jerawat).

Mencerahkan Kulit

Manfaat lain dari Kafein yaitu dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Kafein berperan baik menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan melindungi kulit dari serangan bakteri, jamur serta virus yang membuat kulit menjadi terlihat kusam. Dengan menyiapkan 1 sendok makan bubuk kopi murni yang kemudian bisa dicampur bersama dengan sedikit garam dan sedikit air lalu campurkan hingga merata, aplikasikan seperti anda menggunakan sabun muka kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga: 6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih Bersinar

Mengencangkan Kulit

Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk mengencangkan kulit karena kafein juga dapat meminimalisir penuaan dini. Caranya sangat mudah siapkan bubuk kopi dan putih telur lalu campur kedua bahan tersebut kemudian gunakan sebagai masker, biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan pada kopi lebih tinggi dari pada sayuran dan buah-buahan. Kandungan tersebut sangat baik untuk membantu mencegah anda dari berbagai macam penyakit dan membantu mencegah dari kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari dan sinar UV. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa dengan menggunakan kopi sebagai masker dapat melindungi lapisan kulit dari radikal bebas berbahaya. Cara kerjanya dengan menghambat beberapa enzim protein, sehingga mengurangi resiko terkena kanker kulit. Diuretik pada kopi dapat mengobati kondisi penyakit yang disebut Rosaceae (kemerahan dan iritasi) karena kerusakan akibat sinar matahari.

Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kandungan antioksidan dalam kopi murni dapat menurunkan potensi pada penyakit kanker kulit. Kandungan dalam kopi memberikan perlindungan untuk kulit wajah dengan cara menghambat enzim protein tertentu sehingga risiko pertumbuhan kanker dapat berkurang. Dengan rutin menggunakan masker kopi murni sangat baik untuk kulit.

Baca Juga: Manfaat Dan Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Wajah

Mengobati Penyakit Rosacea

Rosacea adalah salah satu penyakit kulit yang umumnya muncul di bagian wajah seperti di kening, pipi atau hidung disertai dengan munculnya bintik atau benjolan kecil kemerahan yang mengandung nanah. Adanya benjolan bisa mengganggu dan mempengaruhi tampilan anda, benjolan tersebut bisa terjadi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Ada trik khusus dari Kopi murni untuk mengatasi masalah tersebut, cukup menggunakan bubuk kopi murni sebagai masker dapat mengobati rosacea secara alami.

Mengatasi Lingkaran Hitam Bawah Mata

Jika sering begadang biasanya membuat mata dikelilingi lingkaran hitam di mana ini juga biasanya dialami oleh orang yang terlalu sibuk tanpa beristirahat hingga begadang. Anda bisa memanfaatkan ampas kopi untuk membantu menghilangkannya. Cukup dengan menyeduh sedikit kopi murni, ambil bagian ampasnya lalu oles secara perlahan ke area bawah mata. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Melembutkan Kulit

Manfaat lain dari Kopi murni yaitu dapat melembutkan kulit wajah. Kulit wajah Anda akan terasa begitu lembut ketika Anda menggunakan kopi dan bahan lainnya untuk masker kulit. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini yaitu 2 sdm bubuk kopi murni, 2sdm susu murni, dan 1 sdm madu murni atau yoghurt. Campurkan semua bahan tersebut lalu aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Menghidrasi Kulit

Tidak hanya air putih yang dapat membuat kulit wajah terhidrasi dengan sempurna, tapi juga ampas kopi bisa membantu menghidrasi kulit. Kandungan yang ada dalam kopi dapat membuat kulit menjadi lembab atau terhidrasi secara lebih alami. Bagi anda yang memiliki jenis kulit yang kering, sangat dianjurkan membuat masker kopi dengan cara yang sama seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya dan pakailah susu dan bukan yogurt.

Menyegarkan Kulit

Kopi yang dijadikan masker sangat mampu membuat kulit jauh lebih segar, yakni dengan membuat es batu dari larutan kopi. Jika mencuci muka dengan air biasa saja tidak cukup untuk membuat kulit wajah terasa lebih segar.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu siapkan segelas air dan 2 sendok makan kopi, lalu larutan tersebut bisa Anda tuang pada cetakan es batu dan masukkan ke dalam kulkas, tunggu hingga benar-benar beku. Setelah beku, es batu tersebut bisa diambil dan digosok-gosokkan ke wajah hingga es batu habis. Terakhir bilas wajah anda menggunakan air biasa.

Sebagai Eksfoliator

Manfaat lain dari Bubuk Kopi murni yaitu sebagai eksfoliator atau untuk membantu proses pengangkatan kulit mati. Bubuk kopi bisa digunakan sebagai scrub atau masker wajah yang akan mengelupas. Anda pasti pernah mengalami fase kulit mengelupas khususnya pada wajah dan tangan. Cukup dengan menyiapkan satu sendok makan kopi murni dan satu sendok makan air lalu aduk dan aplikasikan pada wajah atau kulit yang sedang mengelupas.