Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Secara Umum

Diposting pada

manfaat kunyit untuk kesehatanManfaat Kunyit Untuk Kesehatan Secara UmumBahan dapur yang satu ini lebih banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Akan tetapi, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai bahan dasar jamu. Manfaat dan khasiatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Tapi masih banyak yang belum mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam kunyit. Kali  ini kita akan bahas apa saja kandungan dalam kunyit untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Kunyit Secara Umum

Mineral

Mineral dalam kunyit seperti magnesium, mangan, kalsium, besi, natrium,kalium, alumunium, kobalt, dan juga bismuth.

Minyak Atsiri

Dalam Kunyit terdapat kandungan minyak atsiri sekitar 2-5 persen yang terdiri dari seskuiterpen dan merupakan turunan dari turmeron (alpha turmeron, aril-turmeron dan beta turmeron), atlanton, bisabolen, seskuifellandren, aril kurkumen, zingiberin dan humulen. Bila anda bermasalah dengan tulang, penggunaan minyak atsiri dari tanaman kunyit berkhasiat untuk membantu mengatasi penyakit arthritis dan reumatik. Aroma minyak atsiri pada kunyit juga dapat memberikan efek menghangatkan dan menenangkan.

Zat-zat

Zat lain yang juga terdapat pada kunyit ini diantaranya adalah arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammar dan juga tannin.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Anti inflamasi

Kunyit kuning mampu mencegah inflamasi. karena dalam Kandungan minyak volatile yang dimiliki kunyit sangat signifikan menghasilkan anti inflamasi dan kandungan minyak tersebut jauh lebih kuat dari pada minyak atsiri.

Karena pigmen kuning pada kunyit yang disebut curcumin. Kandungan dalam kunyit sudah diuji oleh para peneliti dan ternyata efek anti inflamasi curcumin sebanding dengan obat hydrocoltisone dan fenibulazon sebagai anti inflamasi.

Manfaat Kunyit Untuk Pencegah Kanker

Curcumin yang terkandung dalam kunyit, ampuh memproteksi tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat mencegah serta memerangi sel kanker di dalamnya. Cara kerja curcumin adalah menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh. Mencegah Kanker hati, usus besar, dan darah.

Manfaat Kunyit Untuk Penderita Diabetes

Manfaat lain dari Kunyit dapat mengatasi masalah diabetes karena dapat mengatur insulin. Membantu sistem pangkreas juga memproduksi insulin didalam tubuh manusia. Senyawa anti glikemik dalam kunyit dapat menyeimbangkan insulin, membantu mengatur kerja sistem tubuh dan mencegah dari resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Lemak

Curcumin juga mampu mengurangi lemak dalam tubuh. Ya, tidak hanya dapat mencegah diabetes, ternyata mampu mengatasi lemak yang berlebih serta mencegah dan menghilangkan akumulasi lemak berbahaya pada tubuh kita.

Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Alzhaimer

Penyakit alzheimer atau lebih dikenal penyakit pikun ternyata bisa dicegah menggunakan kunyit. Manfaat luar biasa dari Curcumin memproduksi protein antioksidan yang akan melindungi otak dan mecegah penyakit alzhaimer.

Manfaat Kunyit Sangat Baik Untuk Hati

Bagian dalam tubuh kita yang mungkin jarang anda perhatikan adalah kesehatan hati. Kandungan dalam kunyit dapat mendetoksifikasi xenobiotic yang  beracun dari zat kimia. Menetralisir racun dan membantu kerja hati.

Manfaat Kunyit Untuk Mengurangi Resiko Leukemia

Sudah Banyak dilakukan penelitian oleh para dokter dan hasilnya pun luar biasa. Ternyata Curcumin yang terkandung mampu mengurangi resiko terserang leukemia. Kunyit dapat menghambat mutagenitas hidrikarbon aromatic polisiklik  juga menghambat radiasi kerusakan kromosom dan mencegah pembentukan amina heterosiklik  berbahaya

Manfaat Kunyit Untuk Perlindungan Kardiovaskular Dan Melindungi Jantung

Mencegah oksidasi kolesterol baru bisa mengurangi pembentukan atau perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung. Sumber vitamin B6 yang membantu untuk menjaga tingkatan homocistiene agar tidak terlalu tinggi Vitamin B6 dan juga dikaitkan dengan mencegah penyakit jantung.

Manfaat Kunyit Untuk Menurunkan Demam

Untuk menurukan demam bisa anda gunakan kunyit sebagai bahan obat alami. Dengan merebus Kunyit dengan air dan hasil rebusan tersebut mampu menurunkan demam. Ambil 1 buah kunyit lalu iris tipis lalu rebus sampai mendidih. Saring air rebusan lalu minum. Minumlah 2 kali sehari. Baca Juga: 6 Penyebab Gusi Gatal Dan Solusinya

Manfaat Kunyit Untuk Radang gusi

Sakit pada radang gusi memang bisa menimpa pada siapa saja da nada cara mudah untuk mengatasinya yaitu,  siapkan 1/2 ibu jari kunyit campur dengan 3 potong gambir. Tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus lalu rebus dengan 2 gelas air dan tunggu hasilnya  menjadi 1 gelas. Minumlah secara rutin 3 kali sehari.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Mengangkat Sel Kulit Yang Mati

Kunyit sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk kecantikan kulit tubuh. Kunyit mampu mengangkat sel kulit mati.  Caranya siapkan beberapa kunyit lalu tumbuk tidak perlu terlalu halus lalu campurkan dengan tepung chickpea secukupnya, dan aplikasikan scrub kunyit pada tubuh anda.

Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penuaan Dini

Khasiat dari kunyit mampu mencegah kerutan akibat penuaan dini.  Masker yang dibuat untuk mendapatkan khasiatnya dibutuhkan bahan lainnya yaitu tepung beras, susu, dan jus tomat. Siapkan bubuk kunyit 2 sendok makan, 1 sdm susu dan 1 sdm jus tomat. Aduk rata 3 bahan itu dan siap untuk dijadikan masker. Pastikan membersihkan wajah anda terlebih dahulu, kemudian pakailah masker tersebut pada wajah anda.  Diamkan 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.

Manfaat Kunyit Untuk Menghilangkan Jerawat

Antioksidan pada kunyit membantu menghilangkan jerawat. Siapkan 1 sdm bubuk kunyit tambahkan madu dan yogurt.campurkan ketiga bahan tersebut hingga pasta lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat sampai bersih. Baca manfaat lainnya di: Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Berikut beberapa manfaat kunyit yang bisa anda manfaatkan bagi kesehatan dan kecantikan.