Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Diposting pada
Manfaat Kunyit
Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit Untuk KecantikanAnda tentu sudah tahu Kunyit adalah salah satu rempah yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Selain sebagai bahan bumbu masakan dan juga sebagai bahan ramuan herbal untuk pengobatan, kunyit juga bermanfaat sebagai bahan untuk kecantikan. Sebelum kita membahas lebih lanjut manfaat kunyit, ada baiknya anda mengetahui apa saja kandungan dalam Kunyit yang sangat bermanfaat, berikut ini ulasannya

Kandungan Kunyit

Terdapat beberapa kandungan dan zat–zat yang sangat berguna dalam kunyit. Tidak heran manfaat yang didapat digunakan juga banyak. Kandungan yang terdapat di dalam kunyit yaitu kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% yang dimana zat ini sangatlah berguna bagi regenerasi sel-sel mati yang ada pada tubuh kita, selain itu juga dalam kandungan ini mengandung Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol serta sineil. Kunyit juga mengandung Karbohidrat sebanyak 3%, Lemak sebanyak 1-3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam – garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit Dan Wajah

Menghilangkan Komedo

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan yaitu menghilangkan komedo, jerawat dan menyamarkan noda akibat jerawat. Untuk menghilangkan komedo dan jerawat beserta bekasnya cara meracik kunyit cukup mudah, yang anda perlukan adalah satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan, lalu ditambahkan susu murni atau yoghurt satu sendok teh,  dan cicampur dengan madu murni. Dan oleskan pada wajah secara merata. Dengan pemakaian yang rutin hasilnya pun akan lebih maksimal.

Menghaluskan, Mencerahkan Dan Melembabkan Kulit

Kunyit juga secara efektif dapat menghaluskan, mencerahkan, sekaligus melembabkan kulit.  Cukup dengan menghaluskan beberapa kunyit dan tambahkan satu sendok madu asli, aduk rata dan aplikasikan ke wajah. Biarkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga:  8 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengencangkan Kulit Dan Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Manfaat lainnya yaitu untuk mengencangkan kulit jadi terlihat awet muda. Bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah kering cara membuatnya membutuhkan bahan lain.Campur putih telur dengan minyak zaitun, jus lemon, air mawar, dan bahan utamanya yaitu kunyit yang sudah dihaluskan lalu aplikasikan ke wajah tunggu sampai masker mengering dan bilas hingga bersih.

Dan bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, cukup campur kunyit yang sudah halus dengan jus tomat dan tepung beras.

Mengatasi Kulit Yang Memiliki Produksi Minyak Berlebih

Minyak berlebih diwajah sering membuat kulit terlihat mengkilat dan kusam. Ada cara alami dengan menggunakan kunyit yaitu mencampur 3 sendok bubuk kunyit dengan 4 sendok air dari perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan oleskan pada wajah. Lakukan secara rutin maka minyak berlebih diwajah akan semakin berkurang dan wajah jadi tidak terlihat kusam lagi.

Mengurangi Ketombe Dan Juga Rambut Rontok

Masalah yang sering terjadi pada wanita yaitu ketombe dan rambut rontok. Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit, caranya juga mudah. Siapkan kunyit yang sudah dicuci bersih dan parutlah kunyit tersebut, peras parutan kunyitnya dan ambil air perasannya untuk digosokan pada kulit kepala.

Mengurangi Bulu Di Kulit

Ramuan dari kunyit bisa digunakan untuk mengurangi bulu dengan dan cata membuatnya juga sangat mudah. Dengan menggunakan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan air. Lalu aplikasikan ke tangan atau kaki dan tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air.

Mengangkat Sel–sel Kulit Mati

Kandungan dalam kunyit juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk membuat racikan ini diperlukan bahan lain yaitu chickpea atau kacang arab. Dengan mencampur bubuk kunyit dengan tepung chickpea juga sedikit air, lalu aduk merata. Racikan ini seperti scrub, aplikasikan ke bagian tubuh yang ada sel kulit mati. Anda bisa menggunakan scrub  kunyit ini secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan Kulit Belang Akibat Terbakar Sinar Matahari

Untuk membuat racikan ini, ada dua cara yang bisa anda gunakan jika ingin menghilangkan kulit yang belang. Cara pertama, mencampur kunyit yang telah dihaluskan dengan youghurt. Kedua, mencampur kunyit yang telah dihaluskan dengan perasan air lemon. Oleskan racikan ke bagian kulit yang belang secara merata. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kesalahan Saat Mencuci Muka Bisa Sebabkan Masalah

Gunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman untuk kecantikan yang alami. Itulah beberapa manfaat dari kunyit untuk kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.