Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan

Manfaat Kemiri
Manfaat Kemiri

Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan. Kemiri adalah satu dari bahan bumbu dapur yang sering digunakan untuk masakan. Selain untuk bumbu masakan, kemiri juga dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Sebenarnya manfaat kemiri sudah ditemukan dan digunakan dari zaman dahulu kala oleh nenek moyang kita. Cara mendapakan minyak dari biji buah kemiri, bisa dengan cara merebus atau disangrai atau digoreng tanpa minyak. Tapi zaman sekarang sudah banyak yang menjual minyak kemiri, hanya berhati-hati saja dalam memilihnya. Jangan sampai tertipu atau dicampur dengan bahan berbahaya. Berikut @MasPenulis akan ulas manfaat minyak kemiri untuk rambut dan Kecantikan.

Minyak Kemiri Menyuburkan Rambut

Sudah bukan rahasia lagi, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari minyak kemiri untuk menyuburkan rambut. Caranya, ambil minyak kemiri, lalu teteskan ke kulit kepala dan oleskan secara merata, pijat-pijat lembut kepala anda, tunggu hingga 1 jam setelah cuci dengan shampoo dan bilas hingga bersih.

Mengatasi Rambut Rontok
Tidak sedikit wanita yang mengalami masalah rambut seperti kerontokan. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan minyak biji kemiri. Kandungan protein dan mineral yang terkandung dalam kemiri berkhasiat untuk menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya.

Menumbuhkan Rambut
Manfaat lainnya dari minyak kemiri ternyata dapat membantu mengatasi kebotakan karena kandungan dari kemiri dapat merangsang tumbuhnya rambut. Penggunaan minyak kemiri bisa mencegah kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut.dan menjadikan rambut lebih kuat dan sehat dari sebelumnya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Menghitamkan Rambut
Bagi anda yang mendambakan memiliki rambut hitam berkilau secara alami bisa anda dapatkan dengan menggunakan minyak kemiri. Terdapat kandungan dalam minyak kemiri dapat membantu untuk menghitamkan rambut dan berkilau. Gunakanlah secara rutin Minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala anda dan akan membuat rambut kembali berkilau.

Menghilangkan Ketombe
Ketombe adalah masalah yang rambut yang sering dialami oleh masyarakat. Selain karena tidak cocok shampo atau karena debu, ketombe membuat anda tidak nyaman dan kurang percaya diri. Tapi ternyata untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan minyak kemiri. Caranya dengan teteskan minyak kemiri secara merata pada kulit kepala dan pijat-pijat secara lembut. Secara ajaib, Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala anda dari ketombe. Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan dari minyak kemiri yaitu untuk dunia kecantikan. Kemiri bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, alis dan bulu mata.

Merawat Kecantikan Kulit
Tidak hanya untuk rambut, minyak kemiri juga digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Dalam minyak kemiri terdapat kandungan yang sangat bermanfaat yaitu antioksidan yang berfungsi untuk menjaga keremajaan kulit, selain itu membantu untuk menghilangkan keriput dan garis halus dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Menyuburkan Alis dan Bulu Mata

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, minyak kemiri bermanfaat untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Hal tersebut juga berlaku untuk semua jenis rambut yang ada pada tubuh manusia, misalnya alis, bulu mata, janggut dan kumis.

Caranya dengan menggunakan sedikit minyak kemiri dan tambahkan sedikit getah, campur kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang anda inginkan, misalnya alis dan bulu mata.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Pada zaman sekarang ini, sudah banyak yang menjual minyak kemiri di pasaran atau toko-toko kecantikan. Tapi  jika anda ragu akan keaslian dan kualitas minyak kemiri dalam kemasan, akan  lebih baik jika membuatnya sendiri karena caranya cukup mudah.

Pertama, siapkan beberapa kemiri, tumbuklah hingga hancur, kemudian rebus kemiri tersebut dengan air. Tunggulah sampai minyak kemiri mengapung ke permukaan dan ambillah minyak tersebut, setelah itu saringlah minyaknya hingga jernih, anda bisa menyimpannya ke dalam botol dan simpan di tempat yang sejuk. Jangan lupa gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan

Untuk informasi anda, di Indonesia setiap daerah terkadang mengenal kemiri dengan nama lain. Misalnya di Batam mengenal kemiri dengan nama kembiri, gambiri. Di Gayo kemiri disebut hambiri kemili, kemudian di Lampung kemiri dikenal dengan kemiling,  di Nias sering disebut buah kareh atau buah keras, masyarakat Dayak mengenal kemiri dengan sebutan  keminting, di daerah tanah sunda sering disebut muncang,   dèrèkan, pidekan, miri  di daerah Jawa,  kamèrè, komèrè, mèrè di Madura.

Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan. Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari kemiri untuk kecantikan dan rambut. Semoga informasi tersebut bermanfaat.