Manfaat Kacang Tanah, Ternyata Baik untuk Kesehatan Kulit

By | 10/12/2019

Manfaat Kacang Tanah, Ternyata Baik untuk Kesehatan Kulit. Mengonsumsi kacang tanah sebagai camilan atau snack memang sangat nikmat. Apalagi jika kacang tanah sudah diolah dan diberikan beberapa bumbu tambahan. Atau, Anda gemar makan rujak yang di dalam bumbunya terdapat kandungan kacang? Tahukah Anda jika kacang tanah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Kalau di dalam masyarakat Anda pernah mendengar kacang dapat menyebabkan dampak buruk jika dimakan berlebihan, kali ini akan dijelaskan tentang berbagai manfaat kacang tanah yang baik bagi tubuh.

manfaat kacang tanah

4 Manfaat Kacang Tanah yang Tidak Banyak Diketahui

Banyak orang yang enggan makan kacang tanah karena katanya bisa membuat mudah berjerawat. Tapi jangan salah, kacang tanah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena itulah manfaat kacang tanah yang baik bagi kesehatan juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Apa saja manfaat itu? Berikut penjelasan beberapa diantaranya.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti. Untuk mencegah dan mengurangi resikonya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang tepat. Di dalam kacang tanah ini terdapat kandungan Asam Folat, Vitamin E, serat magnesium, serta lemak tak jenuh tunggal dan juga antioksidan yang cukup tinggi. Semua kandungan ini bisa menurunkan resiko penyakit jantung jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu setiap minggu.

  1. Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, di dalam kacang tanah terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal atau mono asam lemak tak jenuh. Kandungan inilah yang bisa memberikan manfaat kacang tanah untuk menjaga kandungan kolesterol dalam tubuh bisa tetap terjaga dalam taraf yang normal. Ketika kolesterol dalam tubuh bisa dikendalikan dalam jumlah yang normal, maka otomatis penyakit lain yang disebabkan oleh kolesterol pun bisa dicegah, seperti penyakit jantung dan penyakit komplikasi lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Satu lagi manfaat kacang tanah yang bisa didapatkan adalah bisa mencegah Penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan penyakit yang juga mematikan dan ditakuti. Beberapa penelitian membuktikan jika mengonsumsi kacang tanah secara rutin bisa membuat resiko penyakit diabetes menurun sekitar 21% lebih. Dari sini bisa disimpulkan jika kacang tanah merupakan camilan tepat bagi penderita diabetes ataupun yang belum terkena diabetes.

Tak hanya itu, di dalam kacang tanah juga terdapat banyak kandungan mangan yang mana mangan ini berfungsi untuk menyerap lemak serta kalsium. Dengan begitu, kadar gula dalam darah juga bisa diatur dengan lebih baik.

  1. Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Nah, manfaat satu ini mungkin yang paling sering ditangkap salah oleh kebanyakan orang. Kacang dianggap tidak baik bagi kesehatan kulit karena bisa menimbulkan jerawat. Hal ini ternyata salah besar karena beberapa penelitian menunjukkan hasil sebaliknya. Di dalam kacang tanah terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan resveratol serta serat yang berperan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan inilah yang bisa membuat kulit Anda justru terlihat lebih bersih, sehat, lembab dan bercahaya.

Baca Juga:  Resep Sate Madura Yang Nikmat

Termasuk dalam kategori kacang-kacangan, banyak masyarakat yang takut makan kacang karena percaya akan mitos yang berkembang tentang kacang tanah. Salah satunya seperti mengonsumsi kacang tanah bisa menyebabkan jerawat. Padahal hal itu salah besar dan justru sebaliknya. Karena itu, dengan penjelasan mengenai manfaat kacang tanah di atas semoga membuat Anda tidak lagi takut makan kacang tanah. Kacang tanah tidak membuat jerawatan, justru membuat kulit lebih bersih dan lembab.