Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Alami

Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Alami. Buah dengan warna hijau dan memiliki ukuran yang kecil dan sering digunakan sebagai pelengkap untuk makanan dan minuman, tentu anda sudah tahu kan? Ya, jeruk nipis. Selain karena rasanya yang masam, tapi juga menyegarkan bagi tubuh. Sebelumnya sudah dibahas tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat lain dari jeruk nipis untuk membantu program diet. Untuk anda yang merencanakan atau sedang diet, boleh mencoba diet dengan jeruk nipis yang sehat dan alami.

Berikut Ini Manfaat Diet Dengan Jeruk Nipis:

Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Kandungan dalam jeruk nipis bermanfaat sebagai bahan detoksifikasi tubuh yang sangat ampuh. Detoks diperlukan untuk mengeluarkan zat-zat beracun yang ada dalam tubuh dengan mudah termasuk lemak dan kotoran dalam usus.

Sistem kerja Pencernaan juga menjadi lancar. Membuat minuman dengan jeruk nipis sebagai bahannya juga sangat mudah. Anda bisa membuat infused water jeruk nipis, caranya yaitu siapkan 2 jeruk nipis yang sudah dicuci, buang kulitnya agar tidak terasa pahit. Lalu, iris jeruk nipis berbentuk lingkaran tipis dan masukkan ke dalam botol minum dan tuang air dingin. Simpan dalam kulkas selama 24 jam, keesokannya saat siang hari minumlah infused water tersebut, rasakan kesegarannya dan manfaatnya.

Cara lainnya yaitu dengan memasukkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat. Dengan meminum rutin air dengan campuran jeruk nipis, maka tubuh akan terasa lebih segar dan racun yang keluar membuat pencernaan menjadi lancar. Tapi bagi anda yang memiliki sakit maag akut tidak disarankan, karena asam yang ada dalam jeruk nipis bisa memicu asam lambung meningkat. Konsultasikan pada dokter jika anda ingin menjalankan diet dengan cara ini.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat lainnya dari jeruk nipis yaitu dapat mencegah radikal bebas. Terdapat kandungan anti oksidan yang cukup tinggi dalam jeruk nipis yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan Kulit. Dengan meminum air dengan perasan jeruk nipis secara rutin maka akan membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Meminum infused water jeruk nipis sedikitnya 3 kali seminggu atau setiap hari untuk hasil terbaik. Khususnya bagi anda yang memiliki aktifitas diluar dan sering terkena debu atau asap kendaraan.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam jeruk nipis secara alami meluruhkan lemak dan membantu untuk menurunkan berat badan dengan membakar lemak dalam tubuh. Kandungan asamnya yang meluruhkan lemak yang baru saja kita konsumsi dengan mudah. Maka sangat disarankan untuk meminum es jeruk nipis setelah mengkonsumsi makanan berlemak maupun makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti kari, gulai, gorengan, dan sebagainya. Tidak hanya meluruhkan lemak, jeruk nipis juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan limonin dalam jeruk nipis dapat mencegah produksi zat apo B melalui sel-sel hati. Zat apo B ini akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka, bagi anda yang tidak terlalu memperhatikan jumlah lemak dan kolesterol yang masuk sebaiknya meminum infused water atau es jeruk nipis tiga kali seminggu. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam masakan yang anda olah.

Baca Juga: Cara Diet Air Putih Yang Sehat Dan Aman

Tidak Mudah Lapar

Sedikit sekali yang bisa mengkonsumsi Jeruk nipis secara langsung karena rasa asamnya, tapi ternyata bisa membut kita kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan serat sangat tinggi dalam jeruk nipis. Ini merupakan salah satu peran polisakarida non pati yang berhubungan dengan tingginya serat dalam jeruk nipis.

Baca Juga: Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Dengan membiasakan diri mengkonsumsi jeruk nipis setelah makan berat akan mengontrol lambung untuk merasa kenyang lebih lama jadi tidak mudah lapar. Sangat membantu anda dalam menjalankan diet sehat dan alami. Jangan paksakan jika tidak kuat mengkonsumsi jeruk nipis secara langsung, cuukup dengan infused water atau air hangat dengan campuran jeruk nipis. Bagi anda yang maag harus dikondisikan terlebih dulu, tambahkan madu dalam minuman jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Alami

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet alami dan sehat yang bisa anda terapkan sehari-hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.