Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kecantikan

Diposting pada

manfaat jaheManfaat Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan KecantikanJahe atau dalam bahasa ilmiah dengan nama Zingiber Officinale merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai bahan obat herbal. Jahe sudah sangat terkenal dan sudah digunakan untuk manfaat kesehatan tubuh.

Jahe memiliki rasa pedas hal ini disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Rasa pedas inilah yang berperan untuk menghangatkan tubuh anda, apalagi bila dikonsumsi ketika cuaca dingin. Selain dij adikan sebagai bahan masakan jahe juga biasanya dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh. Minuman olahan jahe yang biasa kita jumpai berupa bandrek atau sundrek.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali jenis jahe di dunia dengan manfaat yang berbeda pula. Berikut beberapa jenis jahe yang bisa kita jumpai:

Jahe badak

Jahe badak ini biasanya dapat dijumpai di pasaran internasional. Bentuk jahe biasa dan Jahe badak berbeda karena jahe badak dari ukuran lebih besar. Warna daging jahe badak yaitu kuning atau putih.

Jahe merah

Manfaat Jahe MerahJahe merah adalah jahe yang  mengandung minyak atsiri tinggi didalamnya dengan rasa yang paling pedas diantara semua jenis jahe lainnya. Bahkan bahan dasar jamu ataupun ramuan farmasi lainnya menggunakan jahe merah. Ukuran rimpangnya paling kecil dan berwarna merah. Jahe ini memiliki serat yang lebih besar dibandingkan jahe biasa.

Karena kandungan minyak atsirinya yang paling banyak diantara jahe lainnya. Menjadikan jahe merah yang paling sering digunakan sebagai obat tradisional.

Jahe kuning

Jahe kuning merupakan salah satu jenis jahe yang paling sering kita jumpai di pasaran. Jahe ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Jahe kuning  ini memiliki rasa dan aroma yang cukup tajam. Jahe kuning memiliki ukuran rimpang yang tidak terlalu besar dan berwarna kuning. Dan juga seringkali dijadikan olahan minuman jahe. Dalam ulasan kali ini, kita akan lebih banyak membahas jahe kuning ini yang sering kita jumpai di pasar tradisional.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, jahe juga bermanfaat untuk kecantikan. Untuk anda yang suka merawat kulit, ada baiknya Anda membaca ulasan mengenai manfaat dari jahe berikut ini:

  1. Mengatasi kulit berminyak.

Jahe dipercaya dapat membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak. Untuk memanfaatkan jahe ini cukup simpel dan mudah cukup dengan mencampurkan jahe yang sudah diparut, ditambahkan sedikit kayu manis bubuk, pala bubuk dan garam. Lalu di aduk-aduk dan tambahkan air hingga membentuk pasta. Setelah tercampur, oleskanlah pada wajah hingga merata dan biarkan beberapa menit sampai masker tersebut menyerap . Setelah itu bilaslah wajah anda dengan air sampai bersih.

  1. Melembabkan dan menghaluskan kulit

Manfaat lainnya adalah jahe juga dapat membantu melembutkan kulit Anda. Caranyapun cukup mudah, hanya dengan mencampurkan air perasan buah delima dan jahe parut. Setelah semuanya tercampur, langsung saja oleskan ramuan tadi secara merata keseluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air sampai bersih.

Manfaat Jahe Bagi Wanita Hamil

Dengan kandungan senyawa yang baik yang terdapat didalam jahe, membuat jahe juga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Dengan menambahkan jahe pada minuman dapat mengurangi mual atau morning sickness pada Ibu hamil muda dan juga dapat membentuk kekebalan tubuh janin yang dikandung di dalam perut Ibu hamil karena kandungan vitamin C yang ada di dalam jahe.

Didalam jahe juga terkandung asam folat yang dapat mencegah resiko bayi cacat lahir. Untuk  Ibu hamil, sebaiknya  konsumsi jahe alami yang diolah sendiri bukan mengkonsumsi jahe yang sudah jadi berupa suplemen atau obat-obatan herbal yang dijual bebas di pasaran.

Itulah beberapa manfaat jahe yang sangat baik bagi tubuh anda, kecantikan, serta baik bagi Ibu hamil untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.