Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Infused Water LemonManfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan. Kali ini saya akan membahas mengenai Infused water. Sebagian dari kita pasti sudah tahu apa itu infused water. Ya infused water adalah air putih yang ke dalamnya ditambahkan irisan buah segar dan merendamnya beberapa saat sampai sari buah menyatu dengan air tanpa ada tambahan gula.

Perendaman dilakukan pada suhu rendah atau dingin maka akan menghasilkan Infused water yang lebih segar dibandingkan air putih biasa. Infused water juga biasanya disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas.

Sekarang ini infused water telah menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan :

  1. Sebagai Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah suatu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Infused water bermanfaat menambah kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi dan pengeluaran racun tubuh. Mengapa? Ini dikarenakan kandungan lemon, jeruk atau citrus lah yang dapat membantu tubuh anda melakukan detoksifikasi. Sehingga anda dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan racun dalam tubuh.

  1. Menyegarkan Tubuh

Dengan meminum infused water ini, tubuh akan terasa lebih segar dibandingkan minum air mineral biasa. Buah yang digunakan untuk Infused water juga beragam ada yang menggunakan lemon atau jeruk nipis dan mengkombinasikannya  dengan jeruk mandarin sehingga rasanya berpadu seperti rasa asam, manis dan tentunya memberikan efek segar pada tubuh. Tapi bagi yang bermasalah dengan sakit maag bisa mengganti buah lemon dengan buah lain yang tidak asam.

Baca Juga: Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Serta Manfaatnya

  1. Mengganti Fungsi Ion Tubuh

Infused water lemon juga bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh yang hilang akibat aktivitas keseharian anda. Dengan meminum air yang memiliki kandungan elektrolit khusus untuk mengembalikan ion tubuh, tapi dengan meminum  infused water anda tidak perlu mengkonsumsi air elektrolit tersebut karena lemon mengandung vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium, dan serat pangan yang membantu memulihkan ion yang hilang.

  1. Sebagai Antioksidan

Dalam  buah terkandung vitamin yang tentunya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah manfaat antioksidan yang berperan penting untuk membantu tubuh menangkal radikal bebas dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini atau biasa disebut sebagai anti aging. Khususnya bagi anda yang terlalu lama di dalam ruangan ber-AC atau banyak kegiatan diluar ruangan.

  1. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Infused water juga memiliki manfaat yang hampir sama seperti air putih bagi tubuh membantu menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika badan sehat makan aktifitas sehari-hari pasti berjalan lancar. Selain menjaga metabolisme tubuh manfaat infused water juga memberikan efek segar dan menjadikan anda lebih semangat.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat berikutnya dari Infused water yaitu membantu sistem saluran pencernaan. Masalah pencernaan memang umum terjadi khususnya jika kita makan sembarangan, misalnya terlalu sering makan yang pedas dan bersantan atau bahkan lupa makan yang berakibat pada maag. Dengan infused water gejala gangguan pencernaan, seperti Sembelit, Susah buang air besar, Sakit perut, Mual dan Mulas bisa dikurangi.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan Yang Baik

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lemon sering digunakan untuk infused water karena memberikan efek segar. Tidak hanya membuat badan lebih segar, pada lemon terdapat vitamin C yang tinggi. Seperti kita ketahui, vitamin C membantu ketahanan tubuh dari virus seperti Influenza, Batuk-batuk, Infeksi Sariawan dan gusi berdarah.

  1. Sebagai Alternatif Bagi Yang Tidak Suka Makan Buah

Ada beberapa orang yang memang tidak menyukai buah-buahan, tapi hanya menyukai minuman jusnya saja. Jus buahpun baik asal tidak diolah bersama dengan gula karena bila jus yang diolah dengan gula dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Infused water adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

  1. Memberikan Rasa Tersendiri Pada Air Mineral

Tidak hanya lemon atau jerik nipis yang digunakan untuk infused water tapi juga ada yang menggunakan beberapa jenis buah tambahan pada infused water seperti tomat, kiwi, dan buah lainnya. Potongan  buah-buahan dalam infused water tentu memberikan rasa yang menyegarkan tersendiri bagi tubuh. Khususnya bagi anda yang tidak terlalu suka air mineral yang rasanya tawar, infused water adalah solusi tepat karena minuman ini tidak mengandung gula tinggi jadi aman untuk diminum.

  1. Menjaga Fokus Pikiran

Manfaat terakhir dan penting dari Infused water ternyata dapat menjaga kondisi pikiran agar tetap fokus. Karena infused water memberikan efek tetap segar makan anda tidak mudah merasa ngantuk saat bekerja dan membantu anda tetap semangat dalam melakukan aktivitas.

Infused water lemon tahan berapa lama? Bila air sudah dipastikan bersih, infused water akan aman dikonsumsi dalam waktu tiga hari. Makin lama disimpan, kandungan dalam buah akan menurun jadi sebaiknya konsumsi segera.

Waktu minum infused water terbaik adalah setelah bangun tidur pada pagi hari dan setelah berolahraga. Untuk mengganti cairan tubuh  setelah 8 jam tidur atau berolahraga.

Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan

Sekian ulasan saya mengenai minuman sehat infused water semoga bermanfaat untuk semua. Terima kasih.