Manfaat Daun Pepaya Bagi Ibu Hamil

Manfaat Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya Bagi Ibu HamilDaun pepaya sering diolah untuk dikonsumsi. Memang rasa pahitnya terasa tetapi sudah banyak masyarakat yang mengonsumsinya. Ada mitos yang beredar tentang daun pepaya yang harus dihindari oleh wanita hamil. Tapi benarkah daun pepaya tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Faktanya secara klinis ada banyak kandungan yang baik dalam daun pepaya.

Dengan mengkonsumsi daun pepaya pada masa kehamilan juga diperbolehkan karena tidak berbahaya asalkan jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Berikut ini @MasPenulis akan bahas kandungan yang ada dalam daun pepaya.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Ibu Hamil

Sumber Zat Besi

Ada kandungan Zat besi yang kaya dalam daun pepaya. Zat besi berfungsi untuk membantu sistem pengangkutan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat ini juga berperan dalam mengangkut elektron yang baik untuk membentuk energi di dalam sel.

Zat besi dan Protein bergabung dalam tubuh untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah serta myoglobin pada serabut otot. Kekurangan sel darah merah ternyata lebih banyak dialami oleh para wanita khususnya saat hamil. Ibu hamil tidak boleh kekurangan sel darah merah karena akan beresiko terkena anemia dan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh selama kehamilan.

Daun pepaya dapat dikonsumsi ibu hamil untuk mengatasi anemia. Daun pepaya mampu membantu untuk memproduksi ASI sehingga dapat menjadi makanan untuk memperbanyak ASI yang lebih baik dan pasti berkualitas.

Mengandung Vitamin D dan Kalsium

Kandungan lain dalam daun pepaya yang baik bagi ibu hamil yaitu terdapat kandungan vitamin D yang berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang janin. Tidak hanya itu, dalam daun pepaya ada juga kandungan kalsium yang sama baiknya seperti vitamin D yang bermanfaat untuk tulang ibu dan janin. Kandungan kalsium bermanfaat membantu untuk mencegah osteoporosis pada ibu dan mencegah gangguan pada tulang.

Vitamin E

Terdapat kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk membantu menjaga janin dalam kandungan tetap kuat serta terhindar dari serangan radikal bebas sehingga ibu tidak mudah terserang penyakit. Kandungan antioksidan dari vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Membuat Nafsu Makan

Daun pepaya memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan secara umum dan juga bagi ibu hamil. Kandungan seperti protein, vitamin C, vitamin B1, kalsium, mineral, karbohidrat dan serat. Walaupun memiliki rasa pahit tapi daun ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan seseorang. Baca Juga: Cara mengatasi mual saat hamil

Mencegah Sembelit

Untuk Ibu hamil sering terjadi perubahan hormonal yang biasa mempengaruhi gerak peristaltik otot-otot usus, yang menyebabkan terjadinya sembelit pada ibu hamil. Kandungan dalam daun pepaya dapat membantu sistem kerja usus dalam mencerna protein dan lemak untuk menghindari gejala sembelit. Baca juga cara mengatasi sembelit di: Manfaat pisang untuk Ibu Hamil

Efek Samping Mengonsumsi Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak kandungan baik bagi ibu hamil. Akan tetapi anda harus tetap memperhatikan gejala atau efek samping yang tidak diinginkan. Jika mengonsumsi daun harus diperhatikan kebersihan dan pengolahannya. Daun pepaya mengandung enzim yang bernama papain, enzim ini bisa mengubah protein menjadi asam amino. Rasa yang pahit juga menjadi salah satu alasan kenapa harus berhati-hati saat mengkonsumsinya. Jangan konsumsi terlalu banyak.

Daun yang pahit beresiko pada keguguran akibat dari rasa dingin yang dihasilkan dari daun tersebut. Makanan pahit jenis lainnya akan memiliki resiko yang sama jika dikonsumsi berlebihan. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi daun pepaya, perhatikan cara pengolahannya supaya rasa pahit daun tersebut hilang.

Sedangkan bagi ibu yang memiliki hipertensi sebaiknya jangan mengonsumsi daun pepaya karena kandungan dalam daun pepaya berpengaruh pada tekanan darah tinggi anda.

Cara Mengkonsumsi Daun Pepaya

Mengkonsumsi daun pepaya terutama pada ibu hamil harus diperhatikan jangan mengonsumsi daun ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung atau begah. Sedangkan untuk pengolahannya supaya rasa pahitnya berkurang yaitu dengan cara daun pepaya diremas-remas terlebih dahulu sebelum diolah menggunakan garam hingga layu serta tambahkan beberapa jenis bumbu lalu di tumis.

Itulah manfaat yang baik dari daun pepaya bagi ibu hamil. Perhatikan cara pengolahnya agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca.