Manfaat Dan Kegunaan Minyak Jarak Untuk Kesehatan

Diposting pada
Manfaat dan Kegunaan Minyak Jarak
Manfaat dan Kegunaan Minyak Jarak

Manfaat Dan Kegunaan Minyak Jarak Untuk Kesehatan. Jarak yang dalam  bahasa latin disebut ricinus communis merupakan tanaman herbal yang sejak dulu dipercaya untuk dipakai obat. Di Indonesia biasa digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Manfaat minyak jarak juga banyak digunakan untuk meringankan sembelit, mengatasi peradangan dan lainnya.

Sebutan untuk pohon jarak di tiap wilayah Indonesia berbeda-beda,  di setiap daerah misalnya Jawa Barat disebut ‘Kaliki’. Di Sumatera, pohon jarak dikenal dengan nama Dulang, ada juga yang menyebutnya dengan Gloah. Ciri fisik dari minyak jarak adalah memiliki warna yang kuning pucat dan kental.

Tanaman jarak mengandung zat ricin, sejenis racun yang mematikan. Pohon jarak adalah satu-satunya tumbuhan yang memiliki biji yang kaya akan asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat. Kandungan asam lemak pada minyak biji jarak, memiliki kekentalan yang sangat stabil pada suhu tinggi. Tak heran bila minyak jarak sering dipakai sebagai campuran pelumas. Berikut ini adalah manfaat dan kegunaan minyak jarak untuk kesehatan:

Manfaat Dan Kegunaan Minyak Jarak Untuk Kesehatan

Mengobati Luka Bakar

Sejak dahulu, minyak jarak digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit terbakar sinar matahari, lecet atau luka kecil dan gangguan kulit lainnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minyak jarak juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak obat-obatan yang dibuat dari kandungan minyak jarak, sebagai penambah energi dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Air Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Asam risinoleat yang terkandung dalam minyak jarak akan menghambat pertumbuhan bakteri, ragi dan virus. Minyak jarak juga mampu membantu meringankan rasa sakit karena infeksi.

Merawat Rambut

Minyak jarak juga cocok untuk perawatan rambut, terutama dalam masalah rambut rontok berlebihan. Kandungan minyak ini, melindungi kulit kepala dan rambut dari infeksi jamur dan mikroba. Cukup dengan minyak yang dipijatkan secara lembut di kepala secara teratur, dengan itu rambut tidak akan mudah rontok dan menghasilkan rambut mengkilap.

Baca Juga: Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut

Mengatasi Rematik

Sakit Rematik adalah rasa sakit yang biasa terjadi pada persendian, umumnya dirasakan oleh pekerja kantoran dan lansia. Kandungan minyak jarak yang kaya akan lemak risinoleat, oleat dan linoleat mampu membantu dalam mengatasi rasa nyeri pada persendian Anda. Cukup dengan gosokkan minyak jarak pada daerah rematik Anda. Cukup lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Sebagai Obat Sembelit

Masalah perut seperti sembelit biasa terjadi karena adanya masalah pencernaan karena bakteri atau virus yang masuk. Minyak biji jarak dapat membantu meringankan sembelit. Asam lemak dalam minyak jarak juga bekerja membantu usus untuk mempertahankan kelembabannya, yang memungkinkannya melewati usus besar lebih mudah.

Memiliki segudang manfaat, namun tetap sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli. Efek samping dari minyak jarak seperti mual, diare, kram dan denyut jantung tak stabil bisa saja terjadi.