Manfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan Yang Baik

Diposting pada

Manfaat Buah Nanas Untuk PencernaanManfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan Yang BaikBuah Nanas dengan rasa manis dan sedikit asam, berwarna kuning dan memiliki bentuk kulit yang khas. Tahukah anda manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi nanas? Buah yang tumbuh di iklim tropis ini, berbuah tanpa mengenal musim. Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Kandungan lain dari nanas ialah  berperan baik untuk sistem pencernaan manusia. Simak apa saja manfaat mengejutkan dari buah nanas berikut ini.

Manfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan Yang Baik

Mengandung Enzim Baik Untuk Pencernaan

Buah nanas memiliki kandungan enzim yang baik untuk pencernaan yaitu enzim bromelain. Enzim ini adalah campuran dari enzim proteolitik yang membantu kerja usus memecah dan membantu untuk menyerap protein lebih banyak. Manfaat lain dari bromelain ini juga mampu mengurangi resiko dari masalah perut seperti, sakit perut dan diare.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan lain yang memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya yaitu, Buah nanas memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Kandungan serat berfungsi untuk membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh dan mengurangi resiko susah BAB. Kandungan serat sangat penting berperan dan sangat dibutuhkan tubuh. Anda boleh mengonsumsinya satu atau dua potong saja. Jangan terlalu banyak mengonsumsi nanas.

Baca Juga: Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Buah Nanas Menangkal Sakit Akibat Perut Kembung

Perut kembung bisa dialami siapa saja, dan biasanya perut akan terasa begah seperti penuh dengan udara. Tapi tidak perlu khawatir, kandungan buah nanas dapat mengurangi sakit karena perut kembung, Biasanya, Cukup dengan mengonsumsi buah nanas bisa mengurangi  secara alami, refluks atau gas pada pencernaan yang muncul karena makanan yang dikonsumsi.  Kandungan bromelain dan fiber dalam nanas berkhasiat untuk sistem pencernaan dalam tubuh.

Mencegah Kanker Usus

Kanker adalah penyakit yang berbahaya, yang sangat merusak sistem dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa di dapat dari mengonsumsi buah nanas, yaitu dapat mengurangi resiko dari kanker usus. Vitamin C dalam buah nanas juga berperan sebagai antioksidan berfungsi untuk melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Ada juga vitamin A, beta karoten, bromelain, dan senyawa flavonoid. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya yang bisa menyebabkan pertumbuhan kanker.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Efek Samping Kebanyakan Makan Buah Nanas

Buah nanas sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Jika terlalu banyak akan ada efek yang kurang baik pada anda, misalnya anda akan merasakan bengkak atau gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal tersebut terjadi karena sifat daging dari nanas itu sendiri yang panas dan akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau makan sedikit nanas lalu anda merasakan gatal atau sampai sulit bernapas, bisa jadi anda alergi pada buah nanas.

Sebaiknya untuk wanita hamil, disarankan tidak mengonsumsi buah nanas sementara waktu  hingga selesai melahirkan, karena kondisi kandungan wanita berbeda-beda dan dikhawatirkan akan  mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran jika mengonumsinya. Bukannya melarang, akan tetapi jika jumlah Bromelain yang masuk terlalu banyak akan membahayakan janin. Kalau memang ingin mengonsumsi buah nanas, pilihlah yang sudah matang jangan yang muda, anda boleh memakan sedikit saja jangan terlalu banyak, misalkan satu atau dua potong saja.

Demikian beberapa Manfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan Yang Baik, semoga bermanfaat bagi anda.