Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

manfaat buah naga
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan. Buah yang memiliki warna merah muda pada kulitnya dan memiliki tekstur yang lembut ini mulai banyak dicari karena kandungan yang dimilikinya. Kebanyakan masyarakat mengetahui buah naga hanya memiliki warna merah muda saja.

Tapi nyatanya, Buah naga memiliki beberapa jenis. seperti

– Buah naga berwarna merah muda dan dagingnya bewarna merah sangat terang.

– Buah naga berwarna merah muda dan dagingnya bewarna merah tidak terlalu terang.

– Buah naga bewarna merah tapi dagingnya bewarna putih.

– Buah naga berwarna kuning dan dagingnya bewarna putih.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga

apa saja kandungan yang ada pada buah naga? Terdapat kandungan seperti Air, Serat, Protein, Thiamine/Vitamin B1, Riboflavin/ Vitamin B12, Niasin/Vitamin B3, Asam askorbat/Vitamin C, Kalsium, kalium, magnesium, retinol, Karbohidrat, Fosfor, lycopene dan juga Zat besi.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan yang sangat kaya, apa saja manfaat yang didapat dengan mengonsumsi buah Naga? Berikut penjelasannya.

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Nutrisi yang terkandung dalam buah naga yaitu mineral alami seperti kalsium, zat besi dan fosfor. Kandungan tersebut penting karena bemanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan kalsium dan besi di dalam buah naga mampu memenuhi kebutuhan tubuh anda khususnya  untuk tulang dan darah.

Buah naga memiliki nilai gizi yang tinggi karena kandungan kalsium dan zat besi yang banyak. Bermanfaat untuk kesehatan tulang, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi otot tubuh dan menjaga transmisi saraf. Kandungan vitamin C yang tinggi pada naga buah berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi yang lebih maksimal.

Mencegah Kanker

Manfaat lain dari buah naga yaitu mencegah Kanker. Satu dari banyak penyakit yang menakutkan dan berbahaya. Khususnya jika anda memiliki pola makan dan gaya hidup yang buruk. Beberapa para ahli menyatakan bahwa beberapa penyakit kanker belum ditemukan obat penyembuhannya. Untuk terhindar dari kanker, konsumsilah buah naga secara rutin konsumsi buah naga.

Senyawa antioksidan phytoalbumin yang cukup tinggi ada dalam buah naga. Senyawa tersebut berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh, sehingga dapat menghambat terjadinya perkembangan sel-sel kanker di tubuh.

Selain  itu, kandungan dalam buah naga membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Berbagai macam racun yang beresiko menyebabkan penyakit kanker akan dibuang.
Kandungan nutrisi dapat mengurangi risiko kanker.

Warna pigmen merah dalam buah naga mengandung lycopene, antioksidan flavanoid, dan phytoalbumins. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Senyawa antioksidan flavanoid di dalam buah naga mencegah penyakit peradangan seperti gout dan arthritis.

Menurunkan Kadar Kolestrol Tinggi

Bagi anda yang memiliki kolestrol yang tinggi tentu anda tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan yang ‘enak’ apalagi makanan yang mengandung banyak lemak. Nah, dalam buah naga terdapat kandungan yang mampu membantu anda  menurunkan kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh anda. Vitamin B3 cukup tinggi dalam buah naga berfungsi menurunkan kolestrol jahat dan membantu mencegah anda dari serangan jantung. Konsumsilah buah naga secara rutin karena selain memiliki rasa yang enak, sangat baik untuk kesehatan anda.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan protein yang cukup tinggi ada dalam buah naga. Selain itu kandungan lain seperti lemak dan karbohidrat yang rendah cocok untuk anda yang mencegah anda dari kegemukan atau sedang melakukan proses diet. Serat dan Protein dalam buah naga cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Mencegah Diabetes Melitus

Tidak sedikit masyarakat yang mengalami penyakit diabetes melitus. Hal itu disebabkan pola makan yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Dengan mengonsumsi secara rutin buah ini dapat membantu mencegah terkena diabetes karena kandungan betacyanin atau antioksidan berfungsi mencegah dari resiko tersebut. Kandungan flavonoid didalamnya cukup tinggi untuk mengurangi dan mengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes.

Mencegah Serangan Jantung

Kandungan serat yang cukup tinggi berfungsi untuk mencegah terjadinya inflamasi dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Terdapat kandungan Omega-3 dan Omega-9

Atau sering disebut asam linoleat dan asam oleat. Kedua asam omega tersebut baik untuk kesehatan jantung anda. Jadi konsumsilah buah naga setidaknya 2 kali seminggu.

Membantu Pembentukan Darah Merah

Kandungan vitamin seperti B12 atau riboflavin dalam buah naga cukup tinggi dan sangat berkhasiat untuk pembentukan sel darah merah. Nutrisi tersebut dapat memenuhi kecukupan sel darah dalam tubuh anda.

Menjaga Kesehatan Usus

Sistem kerja usus dalam tubuh kita terkadang tidak terlalu diperhatikan. Jika anda hobi makan bahkan hingga tengah malam masih mengonsumsi makanan yang berat maka kerja usus semakin berat. Jangan membiarkan hal itu berlarut-larut karena akan fatal akibatnya jika kerja usus setiap harinya berat. Konsumilah buah naga dan kurangilah makanan padat. Kandungan serat dalam buah naga cukup tinggi membantu kerja usus lebih ringan dan memenuhi kebutuhan asupan anda.

Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan folat yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah mencegah anda para ibu hamil dari anemia. Juga kandungan zat besi dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah naga. Selengkapnya baca di: Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Demikian ulasan tentang manfaat buah naga untuk kesehatan. Salam Sehat dari @MasPenulis, semoga bermanfaat untuk pembaca.