Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga
Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu HamilTidak banyak masyarakat yang tahu akan manfaat buah naga untuk ibu hamil. Buah naga mudah didapat dari toko buah dan supermarket. Buah naga ini bentuknya sama, memiliki kulit buah berwarna merah dan memiliki kulit yang berlapis-lapis seperti kulit naga.

Tekstur buah naga yang @MasPenulis ketahui memiliki warna daging yang berbeda-beda. Ada buah naga yang kulitnya berwarna merah dagingnya juga merah, ada juga kulitnya berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih, ada juga yang kulitnya berwarna merah tapi dagingnya putih. Buah naga berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Buah naga termasuk dalam golongan jenis kaktus, dapat hidup dan tumbuh di lingkungan yang kekurangan air.

Kandungan Buah Naga

Mari kita bahas manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dari buah ini. Manfaat bagi para ibu hamil yang  tidak diketahui oleh banyak orang. Bauh naga dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak kandungan dan vitamin dalam buah naga yang baik untuk janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah naga.

Membentuk Sel Darah Merah

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami anemia, maka dari itu konsumsilah buah naga. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung. Terdapat kandungan zat besi dalam buah naga yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Karena saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua untuk ibu hamil untuk janinnya. Jika anda mengalami anemia itu akan mempengaruhi anda misalnya menjadi lemas, lesu dan tidak bertenaga. Masalah lainnya juga bisa mengancam janin anda. Ada resiko kelainan darah, kecerdasan berkurang jika  ibu mengalami anemia.

Sumber Energi

Ibu hamil sering juga mengalami seperti kurang berenergi. Terdapat kandungan karbohidrat dalam buah naga yang bisa menjadi sumber energi anda. Karena tidak sedikit ibu hamil yang terkadang merasa mual jika makan nasi bisa disiasati dengan mengonsumsi buah naga agak banyak untuk memenuhi asupan karbohidrat untuk tubuh dan janin anda.

Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin

Buah naga juga memiliki kandungan asam folat yang dibutuhkan selama kehamilan. Baik untuk ibu dan janin. Folat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika anda kekurangan folat maka janin tidak bisa tumbuh dan tidak bisa berkembang. Resiko terkena keguguran atau terkena kecacatan pada janin bila kekurangan folat. Gangguan yang bisa terjadi pada janin jika kurang mendapat asupan folat seperti gangguan tabung di bagian syaraf dan juga cacat syaraf.

Melancarkan BAB

Kandungan lain yaitu serat dalam buah naga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Ibu hamil rentan terkena masalah seperti susah BAB. Susah BAB adalah masalah umum yang terjadi saat hamil. Agar membantu melancarkan BAB ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sedikitnya 100 gram per harinya. Dipercaya mampu melancarkan BAB dan untuk menyehatkan usus.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem  kekebalan tubuh. Khususnya Saat hamil, ibu memerlukan kandungan vitamin C yang cukup  untuk melindungi dirinya dari berbagai jenis penyakit misalnya batuk, flu dan penyakit lainnya. Jika sistem imun tubuh melemah maka hal yang sama terjadi pada janin. Janin sangat membutuhkan sistem imun dari ibunya untuk menghindari berbagai macam kuman dan bakteri. Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Kandungan lain yang baik dalam buah naga yaitu kandungan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Kalsium yang masuk harus diperhatikan sehingga perkembangan janin anda sehat dan normal. Tidak hanya baik untuk janin, kalsium baik untuk ibu agar terhindar dari osteoporosis.

Menangkal Penyakit

Tentu tidak ada yang ingin mengalami masalah saat anda hamil. Menjaga kesehatan ibu hamil berpengaruh untuk menangkal penyakit bagi janin yang ada dalam kandungan.terdapat kandungan  protein, zat besi dan juga kandungan potasium dalam buah naga yang berfungsi untuk menangkal berbagai penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Menangkal Radikal Bebas

Buah naga mampu untuk menangkal radikal bebas karena didalamnya terdapat antioksidan yang cukup tinggi. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya bagi ibu hamil. Jika ibu hamil terpapar radikal bebas akan terjadi gangguan kesehatan bagi janinnya. Dapat menyebabkan bayi cacat atau lahir secara prematur. Konsumsilah buah naga secara rutin untuk menghindari gangguan tersebut.

Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Kandungan lain yang ada dalam buah naga yaitu karoten. Karoten bermanfaat untuk menyempurnakan indera penglihatan janin. Mencegah bayi anda dari cacat atau gangguan pada mata.

Menstabilkan Tekanan Darah

Terdapat kandungan vitamin B1 yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah Ibu hamil, khususnya yang memiliki hipertensi disarankan mengonsumsi buah naga. Jika ibu hamil mengalami hipertensi sangat rentan terkena komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa Muda Semasa Hamil

Demikian beberapa manfaat yang bisa anda dapat dari buah naga. Semoga bisa jadi referensi para pembaca.