Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

manfaat bawang putih
manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan. Anda tentu tahu Bahan dapur berwarna putih dan memiliki aroma yang khas? Ya, bawang putih. Tanpa bawang putih masakan akan terasa kurang wangi dan kurang enak. Bawang putih menjadi bahan dasar bumbu hampr di semua jenis masakan. Pemanfaat bawang putih tidak hanya untuk masakan tapi juga untuk kesehatan.

Bawang putih mampu menangkal beberapa jenis penyakit. Hanya cara penggunaan bawang putih mentah yang digunakan untuk kesehatan, tidak diolah atau dimasak.

Dan berikut ini @MasPenulis akan bagikan, penggunaan bawang putih mentah untuk kesehatan.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Proses memasak atau mengolah bawang putih dapat mengurangi nutrisi dan kandungan penting pada bawang putih. Jadi, dengan mengkonsumsi bawang putih mentah layaknya makan buah, akan menjamin segala nutrisi dan kandungan yang penting tidak hilang. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang banyak dari bawang putih mentah, sedikitnya dua kali seminggu anda memakan bawang putih mentah dan berikut ini manfaatnya.

Menurunkan Risiko Kanker

Penyakit Kanker adalah penyakit Ganas yang bisa menyebabkan kematian. Terdapat kandungan sulfur bioaktif yang cukup tinggi pada Bawang putih mentah. National Cancer Institute di Amerika Serikat, mengatakan senyawa sulfur bioaktif mampu mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena senyawa tersebut berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Senyawa sulfur bioaktif melindungi tubuh dari zat karsinogen serta menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Banyak penelitian ilmiah dari seluruh dunia telah membuktikan khasiat dari mengkonsumsi bawang putih mentah untuk membunuh dan mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, pankreas dan paru-paru.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah mampu menurunkan dan menstabilkan kadar kolestrol. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine dengan mengkonsumsi sedikitnya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan dan ternyata berhasil. Juga ada penelitian lain oleh para pakar Rafsanjan University of Medical Sciences manfaat luar biasa memakan bawang putih mentah mampu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh anda dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Untuk membuktikan penelitian tersebut para peserta penelitian diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari. Baca Juga: Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol.

Mengendalikan Tekanan Darah

Tidak sedikit orang yang mengalami Hipertensi. Hipertensi disebabkan karena tekanan darah yang besar dalam tubuh. Tapi untungnya bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa. Terdapat kandungan polisulfida dalam bawang putih mentah yang berkhasiat mengendalikan tekanan darah anda.

Sebuah jurnal ilmiah Maturitas mengatakan, polisulfida dapat membantu melegakan dan membuka pembuluh darah agar tidak mendapat tekanan yang besar. Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah anda hingga 10 mmHg.

Mencegah Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Hasil penelitian mengatakan bahwa bawang putih mentah dapat membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri coroner atau yang kita kenal sebagai pembuluh darah yang berfungsi memompa darah ke jantung.

Jika anda secara rutin mengkonsumsi bawang putih mentah dapat membantu untuk mencegah pembentukan juga penumpukan plak pada arteri koroner. Bagi anda yang memiliki jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolisme, konsumsilah bawang putih secara rutin.

Meredakan Infeksi, Radang, dan Pilek

Manfaat lain dari bawang putih mentah yaitu mampu meredakan infeksi, radang dan pilek. Kandungan allicin yang cukup tinggi dalam bawang putih mentah dapat meredakan infeksi, radang dan pilek. Hal itu dikarena Senyawa aktif allicin yang terkandung pada bawang putih memiliki khasiat sebagai antivirus, antimikroba, dan anti jamur yang secara ampuh membunuh berbagai jenis organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy membuktikan dengan mengkonsumsi bawang putih mentah saat musim flu dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah penyakit tersebut.

Mengatasi Rambut Rontok

Ternyata dengan mengonsumsi bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan Alopecia atau kebotakan yang disebabkan penyakit autoimun.Secara efektif bawang putih mentah dapat memperkuat dan membantu pertumbuhan rambut di kulit kepala. Bahkan beberapa orang mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk membantu mencegah kebotakan.

Menjaga Kesehatan Otak

Penyakit Alzheimer dan dementia yang menganggu sistem otak terkadang dialami oleh orang yang lanjut usia. Ternyata dapat dicegah dengan makan bawang putih mentah. Hasil Penelitian terbaru Journal of Neurochemistry membuktikkan kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Baik Untuk Kehamilan

Manfaat besar dari bawang putih mentah ternyata baik untuk kehamilan. Meskipun bukan hal mudah untuk para ibu hamil mengonsumsinya disebabkan aroma yang tajam. Nyatanya dengan mengonsumsi bawang putih mentah membantu mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan dapat meningkatkan berat badan janin. Terdapat kandungan kalsium, vitamin juga antibakteri dalam bawang putih mentah.

Mengurangi Penyakit Reumatik

Tidak sedikit yang mengalami Reumatik. Rasa nyeri otot atau sendi kadang tak terelakan. Tidak mudah juga untuk mendapatkan obatnya. Akan tetapi, bagi anda yang sering mengalami reumatik, anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk mengurangi rasa nyeri akibat reumatik. Terdapat kandungan natrium dan zink yang baik untuk syaraf, otot dan sendi anda. Konsumsilah secara rutin.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan allicin yang ada dalam bawang putih dapat meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Tidak hanya itu, allici juga mampu merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan sistem pencernaan. Jadi, untuk anda yang sulit buang air besar bisa mengonsumsi bawang putih sebagai obat pelega perut.

Baca Juga Manfaat Bawang Putih untuk: Gejala Asma

Itulah beberapa manfaat bawang putih mentah yang baik untuk kesehatan.