Manfaat Bawang Putih, Si Kecil yang Kaya Manfaat

By | 11/01/2020

Manfaat Bawang Putih, Si Kecil yang Kaya Manfaat. Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang bisa ditemukan dengan mudah di dapur. Dalam dunia kuliner, bawang putih berperan sangat penting karena bisa membuat rasa masakan menjadi semakin nikmat. Namun selain membuat masakan menjadi semakin lezat, bawang putih juga memiliki manfaat lebih, terutama dalam dunia kesehatan. Sejak jaman dahulu, bawang putih bahkan sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu bahan pengobatan alternatif.

bawang putih

Manfaat bawang putih yang begitu banyak membuatnya banyak dicari untuk diambil manfaatnya hingga kini.

4 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, ilmu pengobatan tradisional banyak menggunakan bawang putih sebagai bahan utama untuk pengobatannya. Baunya memang cukup menyengat, namun Anda tak boleh meremehkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat bawang putih yang bisa berguna bagi kesehatan? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat pertama bawang putih yang sudah dikenal sejak dulu adalah mampu mengendalikan tekanan darah. Manfaat ini sangat tepat diberikan kepada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan jika kemampuan menurunkan tekanan darah pada bawang putih setara dengan obat penurun tekanan darah seperti atenolol. Manfaat ini didapat dari kandungan allicin. Namun manfaat ini hanya bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsi beberapa siung bawang putih secara mentah.

  1. Menurunkan Kolesterol

Satu lagi manfaat bawang putih bagi kesehatan yang harus Anda ketahui adalah bisa membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Apalagi jika sudah terkompilasi dengan penyakit lain, maka bisa menjadi penyakit yang mematikan. Sebagai pencegahan sekaligus untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu bahan untuk pengobatan. Manfaat ini didapat dari kandungan Allicin dalam bawang putih yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bawang putih ini, akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya secara mentah dengan proses ditumbuk, dihancurkan atau dinamakan langsung.

  1. Mengatasi Pilek, Batuk dan Radang

Pilek, radang dan batuk merupakan beberapa gangguan kesehatan yang lazim dialami oleh setiap orang. Ketika mengalami gangguan tersebut, kebanyakan orang biasanya memilih pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun Anda pun bisa mengambil manfaat dari bawang putih ini untuk mengatasi hal-hal tersebut. Lagi-lagi, manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan Allicin aktif di dalam bawang putih. Sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan manfaat lebih Optimal, maka Anda harus mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Memasukkan bawang putih ke dalam masakan juga terbukti bisa meredakan rasa capek di tubuh.

4  Mengatasi Jerawat

Manfaat bawang putih terakhir yang bisa Anda rasakan adalah dari segi kesehatan kulit. Kalau Anda sering mengalami keluhan kulit wajah yang suka berjerawat, mungkin Anda bisa mencoba memanfaatkan bawang putih sebagai salah satu alternatifnya. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, anti jamur dan antiseptic tinggi yang didapat dari kandungan Allicin aktif di dalamnya. Dengan menjadikan bawang putih sebagai bahan perawatan kulit, bawang putih ini akan membantu meredakan peradangan kulit karena jerawat serta pembengkakan yang juga sering terjadi.

Baca juga: Ketahui 7 Cara Memutihkan Kuku dengan Bawang Putih

Sebagai salah satu jenis bumbu dapur, bawang putih adalah bahan yang tidak boleh terlewatkan dalam setiap racikan menu masakan Indonesia. Selain memberikan cita rasa yang kuat dan lezat pada masakan, tahukah Anda jika bawang putih juga memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar? Jika belum tahu, informasi manfaat bawang putih di atas semoga bisa memberikan pengetahuan baru untuk Anda.