Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut

Manfaat Bawang Merah
Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut. Siapa yang tidak mengenal Bawang merah? Bumbu dapur ini setiap hari digunakan untuk bahan bumbu masakan. Tidak hanya bawang putih yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bawang merah juga baik memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan dalam bawang merah memberikan manfaat untuk kesehatan. Ternyata bawang merah juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut dan menghilangkan ketombe. Terdapat kandungan senyawa dalam bawang merah. Senyawa minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavon likosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati.

Ini beberapa manfaat yang bisa anda dapat dengan menegonsumsi bawang merah mentah.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan 

  1. Mengontrol Tekanan Darah
    Bawang merah mentah yang langsung dikonsumsi dapat membantu menstabilkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Terdapat kandungan quercetin yang termasuk dalam flavonol antioksidan dan berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dengan begitu mengurangi kemungkinan resiko terkena stroke jantung.
  2. Menyembuhkan Sembelit
    kandungan Serat yang ada dalam bawang merah mentah membantu keluarnya racun atau toksin ataupun partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus dalam tubuh. Konsumsilah bawang merah mentah jika anda mengalami sembelit. Baca Juga: Mencegah Sembelit Dengan Daun Pepaya
  3. Menurunkan Kolesterol
    manfaat lain dari Bawang merah dapat menurunkan kolesterol dalam darahdan juga membantu mengurangi resiko terhadap penyakit jantung. Khususnya bagi yang memiliki kolesterol tinggi, konsumsilah bawang merah setiap hari.
  4. Meredakan Sakit Tenggorokan
    Bawang merah juga bisa mengatasi sakit ditenggorokan dan batuk dikenal sebagai obat Ayurveda. Cara memanfaatkannya juga mudah. Siapkan bawang merah mentah, kupas dan cuci bersih. Kemudian haluskan bawang merah tersebut, setelah itu tambahkan sedikit jahe dan madu. Baca Juga: Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami
  5.  Menurunkan Risiko Diabetes. 
    Para penderita diabetes pasti sudah sering disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah. Karena dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, dan untuk anda yang tidak memiliki masalah diabetes juga boleh mengonsumsi bawang merah mentah untuk mencegah terkena diabetes.
  6. Mengurangi Risiko Gangguan Hati
    Kandungan senyawa dalam bawang merah juga dapat membantu mencegah anda dari penyakit gangguan hati. Dengan rutin mengonsumsi bawang merah mentah dapat memperlancar dan membuka arteri yang tersumbat.
  7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
    Kanker adalah penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Kandungan sulfur dalam bawang merah cukup tinggi dan membantu sistem imun tubuh kita dari berbagai jenis virus dan penyakit. Bawang merah bisa mencegah pertumbuhan sel kanker seperti, kanker payudara, paru paru dan kanker prostat.
  8. Mengatasi Wasir
    Mengonsumsi bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat gangguan ambeien. Konsumsi tiga kali sehari secara rutin sudah cukup.

Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut.

Manfaat bawang merah lainnya yaitu dapat merawat rambut. Berikut ini ulasannya.

1. Mengobati Rambut Rontok
Para wanita tidak jarang mengalami kerontokan rambut. Bawang merah memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut anda, dan mencegah dari kerontokan. Kandungan sulfur berkhasiat meningkatkan sirkulasi darah. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa biji bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, lalu jus bawang tersebut.

Sebelum mengaplikasikan jus bawang merah ke rambut, anda lakukan pemijatan di kepala menggunakan hot coconut oil selama 30 menit, agar pori-pori kulit kepala terbuka, baru setelah itu oleskanlah jus bawang merah ke rambut hingga merata. Tutup rambut dengan menggunakan  handuk hangat untuk menguapkan rambut. Setelah 30 menit cuci dengan shampoo dan bilas hingga bersih.

2. Menumbuhkan Rambut
Dengan menggunakan jus bawang merah dan di oleskan ke kulit kepala, ternyata membantu pertumbuhan rambut. Kandungan dalam bawang merah yaitu sulfur dapat melancarkan sirkulasi darah di daerah kepala. Cara penggunaan jus bawang merah membutuhkan coconut oil, campur keduanya hingga rata kemudian aplikasikan ke kulit kepala. Oleskan obat alami tersebut dan pijat-pijat lembut kulit kepala selama 30 menit, setelah itu bersihkan dengan shampoo dan bilas sampai bersih.

3. Menyembuhkan Infeksi Kulit Kepala. Manfaat berikutnya dari bawang merah yaitu bisa menyembuhkan infeksi kulit kepala. Jika anda mengalami Infeksi jamur dapat merusak kulit kepala dan rambut yang dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Gunakan jus bawang merah untuk mengobati infeksi kulit kepala, cukup dengan oleskan ke kulit kepala yang terkena infeksi, biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Mengatasi Ketombe. Ketombe merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Tapi anda tidak perlu terlalu khawatir, ada cara mengatasi ketombe dengan menggunakan jus bawang merah, satu sendok makan lemon, dan beberapa tetes madu. Campur ketiga bahan tersebut kemudian oleskan ke kulit kepala anda sambil sedikit dipijat-pijat. Terakhir bersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air hingga bersih. Baca Juga: Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Perawatan Rambut . itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari bawang merah. Semoga artikel @MasPenulis dapat bermanfaat bagi anda.