Manfaat Alpukat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

By | 12/06/2020

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. Siapa tak suka buah hijau ini? Buah-buahan yang kaya akan vitamin ini merupakan kudapan favorit hampir setiap orang. Biasanya orang-orang menggunakan buah ini sebagai kudapan favorit seperti jus, es teler, es campur dan masih banyak lainnya. Buah yang lembut ini terkadang juga dijadikan pengganti nasi bagi yang sedang menjalankan program diet karena kandungannya sangat rendah karbohidrat. Tapi tahukah Anda, selain enak untuk diminum maupun dimakan, ternyata alpukat merupakan buah-buahan dengan kandungan menakjubkan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, penyakit paling menyeramkan yaitu kanker dapat teratasi dengan buah satu ini. penasaran seperti apa manfaatnya? Berikut akan dijelaskan manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

manfaat alpukat untuk kesehatan 

Buah yang Mujarab, Inilah Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat alpukat untuk kesehatan yang pertama ini sangat bagus untuk orang dikonsumsi orang dewasa. Alpukat akan membantu menstabilkan kondisi kesehatan seseorang lebih baik dibanding yang tidak mengonsumsinya. Orang dewasa dengan usia 40 tahun ke atas lebih rentan terkena berbagai penyakit yang salah satunya adalah jantung. Resiko ini dapat diperkecil dengan mengonsumsi alpukat, karena alpukat memiliki kadar lemak yang baik, sehingga dapat membantu tubuh menurunkan kolestrol yang akan menimbulkan resiko sakit jantung.

  1. Meningkatkan kadar Kolestrol Baik

Alpukat mengandung senyawa yang mampu menurunkan kolestrol dengan menghambat penyerapannya ke dalam aliran darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu meningkatkan HDL atau kolestrol baik dalam tubuh dan menurunkan kolestrol jahat atau LDL.

  1. Menjaga Gula Tetap Stabil

Memiliki kadar gula tinggi tentunya sangat berbahaya dan dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Namun, Manfaat alpukat untuk kesehatan untuk kesehatan tubuh ialah kemampuannya untuk menstabilkan kadar gula darah dan kandungan didalam alpukat juga dipercaya mampu melawan resistensi atau penyebaran insulin didalam tubuh. Kandungan asam oleat pada alpukat juga sangat baik untuk menghindarkan Anda dari resiko penyakit diabetes.

  1. Mencegah kanker

Manfaat alpukat untuk kesehatan merupakan salah satu manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa alpukat memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Manfaat pencegahan kanker ini terungkap pada penelitian yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Selain itu, manfaat alpukat ini juga dapat mengurangi efek samping yang terjadi pada penderita kanker yang melakukan kemoterapi pada limfosit.

  1. Meringankan gejala arthritis

Alpukat memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang pengobatan. Salah satunya, terkait dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak alpukat atau yang biasa disebut Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) menunjukkan bahwa alpukat mampu mengurangi osteoarthritis. Ekstrak alpukat digunakan bersamaan dengan minyak kedelai dipercaya mampu mengurangi rasa sakit pada penderita yang positif terkena osteorarthritis. Dengan begitu alpukat dapat mengatasi arthritis hingga serangan kekakuan tulang.

  1. Mampu menjaga kesehatan rambut

Ini merupakan salah satu Manfaat alpukat untuk kesehatan yang juga jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal alpukat memiliki khasiat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin E pada alpukat mampu merawat kesehatan rambut dan menjaga kekuatan rambut, sehingga akan mengatasi kerontokan pada rambut. Alpukat juga akan menjaga kulit rambut agar tidak kering maupun pecah. Manfaat ini bisa diaplikasikan pada rambut dengan mencampurkan jojoba oil. Kedua bahan ini dapat diaplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Rasakan manfaatnya setelah pemakaian teratur dan rutin.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Bagi seseorang yang lanjut usia, biasanya kepikunan merupakan hal yang paling sering terjadi. Nah, alpukat memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang yang lanjut usia. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, hal ini akan mengakibatkan peningkatan kadar lutein pada tubuh. Kadar lutein ini akan merangsang fungsi kognitif. Fungsi kognitif biasanya adalah meningkatnya kemampuan memori otak menjadi lebih baik, meningkatkan kemampuan Bahasa dan berbicara serta mendengar. Maka, sangat disarankan bagi orang lanjut usia untuk mengonsumsi alpukat.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, salah satu asupan yang dapat membantu Anda tetap ternutrisi dengan baik adalah buah alpukat. Buah alpukan memiliki kadar lemak yang sangat rendah, sehingga mengkonsumsi alpukat merupakan cara yang baik. selain kadar lemak yang rendah, alpukat juga termasuk dalam salah satu asupan yang rendah karbohidrat. Dimana ini sangat cocok bagi anda untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Alpukat juga kaya akan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan anda. Mengonsumsi alpukat juga sangat cocok bagi anda untuk mengurangi konsumsi kalori. Karena alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang tahan lama, sehingga akan membantu anda untuk mengurangi kalori yang dikonsumsi.

Baca juga: Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Membuat Kulit Halus

  1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Bagi para ibu-ibu yang sedang mengandung, sangat disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara rutin dan teratur. Karena Manfaat alpukat untuk kesehatan dan pertumbuhan janin. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati yang sangat bagus untuk membantu perkembangan otak janin selama didalam kandungan. Nutrisi lain yang juga tak kalah pentingnya yaitu kandungan asam folat yang merupakan kandungan nutrisi yang akan membantu janin untuk mengatur dan memciptakan jalinan sel baru. Hal ini akan mengurangi resiko janin terkena cacat ada saat lahir, karena buah luar biasa ini membantu proses penyempurnaan nya. Alpukat sendiri memiliki kandungan asam folat sebanyak 45 mikrograms. Dan biasanya ibu hamil membutuhkan paling sedikit 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Alpukat memiliki kandungan antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin adalah kandungan yang memberikan manfaat alpukat untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan tersebut diperlukan mata untuk menetralisir bakteri yang masuk ke dalam mata yang dapat menimbulkan berbagai gangguan mata. senyawa antioksidan yang dimiliki alpukat juga dapat membantu tubuh dalam penyerapan antioksidan yang bersumber dari makanan yang biasanya akan memperngaruhi mata. Selain itu, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki kemampuan untuk menurutkan resiko penyakit katarak pada orang-orang lanjut usia, karena alpukat mampu melakukan degenerasi macula secara cepat sehingga mampu mengatasi penyakit katarak khususnya pada orang lanjut usia yang rentan terkena katarak.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat alpukat bagi kesehatan yang terakhir adalah kemampuan alpukat memperbaiki sistem pencernaan seseorang. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada alpukat berimbas baik pada kesehatan pencernaan manusia. Dengan antioksidan tersebut, alpukat mampu menjaga keseimbangan bakteri dalam usus dengan meningkatkan bakteri baik. disamping itu, kadar lemak pada alpukat juga mampu menyehatkan lapisan usus sehingga data mengurasi resiko terkena sembelit maupun penyakit iritasi usus besar.

Itulah beberapa Manfaat alpukat untuk kesehatan yang sungguh menakjubkan. Buah yang sangat gampang ditemui ini merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi manusia. Mulailah mengonsumsi alpukat secara rutin untuk kesehatan tubuh Anda.