Khasiat Bengkoang  Untuk Kesehatan

Khasiat Bengkoang
Khasiat Bengkoang

Khasiat Bengkoang  Untuk KesehatanBuah yang tumbuh di iklim tropis ini adalah tanaman yang termasuk pada jenis umbi. Kandungan air pada bengkoang yang cukup banyak baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Ada beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh juga  terdapat kandungan gizi lainnya. Yaitu, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, kalium, serat, zat besi, Fosfor, Vitamin B1, dan Vitamin C. berikut ini penejelasannya:

Khasiat Bengkoang  Untuk Kesehatan

Untuk Obat Sariawan

Khasiat buah bengkoang mampu mengobati sakit sariawan. Kurangnya asupan vitamin C yang dibutuhkan bisa menyebabkan sariawan di mulut, tidak semua menyukai buah jeruk maka dari itu bengkoang bisa menjadi solusi pengganti untuk memenuhi asupan anda. Caranya mudah, hanya dengan membuat jus bengkoang lalu kumur-kumur atau diminum tapi biarkan jus itu mengenai sariawan terlebih dulu.

Mengobati Batu Ginjal/Empedu

Tidak banyak orang yang mengetahui jika mengkonsumsi bengkoang berkhasiat untuk membantu mengobati batu ginjal dan empedu. Karena ada postassium dan fosfor yang baik bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu. Saat anda mengalami batu ginjal atau empedu, cara alami yaitu siapkan bengkoang, cuci sampai bersih, kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian dan makanlah bengkoang tersebut.

Untuk Diabetes Melitus

Bagi penderita diabetes  yang wajib menghindari gula dan karbo tinggi. Bengkoang, jadi salah satu solusi yang dapat membantu mengurangi dan menstabilkan kadar gula. Semua kandungan yang ada pada bengkoang baik seperti yang sudah dijelaskan diawal, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, kalium, serat, zat besi, Fosfor, Vitamin B1, dan Vitamin C mampu memenuhi kebutuhan anda. Cara lainnya untuk mengobati Diabetes Melitus dapat dibaca disini: Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Untuk Meringankan Asma

Terdapat 3 persen Magnesium pada Bengkoang. Kandungan Magnesium diklaim membantu meringankan Asma, bahkan pada pasien asma kronis mampu menormalkan dan merelaksasi otot-otot bronkus sistem nafas mereka berkat kandungan ini. Bisa dikonsumsi setiap hari bagi para penderita asma.

Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ inti yang penting, fungsi jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Berkaitan dengan hal tersebut, senyawa tembaga juga membantu memproduksi darah ke jantung. Kandungan tembaga diperlukan untuk penyimpanan penggunaan juga pelepasan besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin. Kebutuhan kandungan Tembaga bisa diperoleh dari bengkoang yang dikonsumsi setiap harinya, untuk membantu kerja jantung menjadi lebih baik.

Untuk Sel Darah Merah

Tidak sedikit orang mengalami anemia yang disebabkan kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Bahaya dari kurangnya sel darah merah juga tidak bisa diabaikan, dan harus dicari solusinya. fungsi riboflavin yaitu meningkatkan sel darah merah. Buah bengkoang memiliki kandungan tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk melancarkan produksi darah merah, konsumsilah setiap hari.

Untuk Maag

Maag sering terjadi karena asam lambung yang meningkat. Bisa disebabkan karena kurangnya asupan yang dibutuhkan tubuh. Terdapat kandungan alkali yang mampu menyerap asam lambung yang berlebih. Jadi, konsumsilah bengkuang segar secara rutin. Baca Juga Manfaat Pisang Untuk Maag

Menjaga Sitem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari bengkoang yaitu membantu untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh manusia. Terdapat kandungan Fitonutrien befungsi untuk melindungi sistem tubuh dari berbagai jenis virus dan bakteri serta meningkatkan imun kita.

Untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata harus selalu diperhatikan. Karena jika tidak penyakit mata seperti katarak tentu menggangu anda dalam melihat. Sama halnya seperti wortel, bengkoang memiliki beta karoten. Fungsi Beta karoten untuk melindungi kesehatan mata. Dengan  mengkonsumsinya secara rutin, untuk mata yang sehat.

Untuk Pembentukan Enzim

Ada sekitar 7 persen Kandungan zat besi pada bengkoang. Fungsi zat besi  yaitu untuk pembentukan enzim. Kandungan Zat besi  sangat penting sebagai penyusun beberapa jenis enzim juga bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase. Enzim berguna untuk membantu organ tubuh dalam memproduksi senyawa pembantu. Supaya  organ sehat dan bekerja sesuai fungsinya.

Khasiat Bengkoang  Untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa penjelasan khasiat untuk kesehatan dari Bengkoang. Semoga bermanfaat bagi para pembaca @MasPenulis.