Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

By | 05/12/2019

Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh. Semua orang pasti sudah mengetahui jika wortel memiliki banyak sekali manfaat yang bagus unuk kesehatan tubuh. Tak dapat dipungkiri jika seluruh sayuran memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama wortel. Di dalam wortel terdapat banyak sekali kandungan manfaat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Wortel sendiri juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam makanan ataupun minuman. Mulai dari sayur, roti, jus, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan manfaat wortel dengan melimpah melalui pilihan berbagai kreasi yang ada. Apabila Anda belum mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi wortel, maka sebaiknya simaklah ulasan berikut.

 

Inilah Manfaat Wortel yang Harus Anda Ketahui

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sudah bukan rahasia umum lagi jika wortel merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Di dalamnya terdapat kandungan beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh mata. Beta karoten memiliki kemampuan untuk mengolah nutrisi menjadi vitamin A. Selain bagus untuk kesehatan mata, vitamin tersebut juga mampu mencegah munculnya potensi penyakit katarak, glaucoma, degenerasi makula, dan masih banyak lagi.

  1. Memperkuat Daya Tahan

Masalah daya tahan tubuh juga bisa teratasi apabila Anda sering-sering mengonsumsi wortel. Di dalam 100 gram wortel terdapat kandungan 6 mg vitamin C. Sudah bukan rahasia umum lagi jika vitamin C dapat menjadi sumber antioksidan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila tubuh Anda sedang terserang penyakit-penyakit ringan seperti flu dan semacamnya, maka langsung saja rutin mengonsumsi wortel. Manfaat wortel tersebut juga dapat meningkatkan metabolism tubuh sehingga penyakit akan enggan mampir ke dalam tubuh.

  1. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Wortel adalah salah satu makanan yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Selain vitamin A dan vitamin C, masih terdapat kandungan kalium yang mampu mengontrol aliran dan juga tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Kalium tersebut juga mampu menyeimbangkan natrium atau kadar gula yang ada di dalam tubuh serta membuatnya tetap sehat. Untuk bisa mendapatkan manfaat wortel yang maksimal, Anda harus mengonsumsinya secara rutin. Anda bisa mengolahnya menjadi bahan sayuran atau meminumnya dalam bentuk jus.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Anda mungkin tidak menyangka jika wortel dapat mengurangi adanya resiko penyakit kanker. Kanker sendiri adalah salah satu penyakit yang berkembang melalui sel-sel di dalam tubuh. Untuk mencegahnya, tubuh membutuhkan anti oksidan yang dapat melindungi seluruh sel-sel di dalam tubuh. Namun, Anda harus memilih wortel yang sudah matang karena memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Dalam pemilihan wortel yang matang Anda bisa melihatnya dari segi warna, yakni yang lebih pekat dan cenderung lebih oranye. Untuk bisa mendapatkan manfaat wortel secara maksimal, Anda bisa mengonsumsinya rutin setiap hari.

  1. Memperkuat Tulang Beserta Gigi

Masih banyak orang yang belum mengetahui jika manfaat wortel dapat membantu meningkatkan kondisi tulang beserta gigi. Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tulang dan membuatnya tetap kuat meskipun digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Hal ini sangat cocok untuk orang-orang yang telah lanjut usia dan memiliki tulang yang rawan. Selain itu, vitamin K ternyata juga cocok untuk menjaga kesehatan gigi menjadi lebih kuat dan anti ngilu.

Nah, itulah beberapa manfaat wortel yang perlu Anda ketahui. Semua manfaat tersebut bisa diperoleh dengan berbagai bentuk. Anda bisa megolahnya menjadi kreasi makanan dan minuman apa saja sesuai dengan kesukaan.