Ketahui Beberapa Manfaat Jamur Tiram yang Berguna Bagi Kesehatan

By | 29/02/2020

Ketahui Beberapa Manfaat Jamur Tiram yang Berguna Bagi Kesehatan. Jamur tiram tentunya menjadi bahan yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Karena bahan satu ini seringkali diolah di berbagai makanan berat maupun sebagai camilan. Rasanya yang nikmat dan gurih ini menjadikan banyak orang menyukai olahan jamur tiram. Namun perlu Anda ketahui pula ternyata jamur tiram juga menyimpan berbagai nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, dan lain-lainnya. Tak heran jamur tiram merupakan pilihan yang tepat untuk sumber makanan sehat. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak manfaat jamur tiram sebagai berikut:

Manfaat Jamur Tiram

Simak Manfaat Jamur Tiram yang Perlu Anda Ketahui

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa sel darah putih dalam tubuh sangat berperan dalam melawan virus, bakteri dan penyakit. Bagian sel darah putih yang berperan tersebut adalah makrofag. Apabila Anda mengonsumsi jamur tiram, kandungan aktif yang dimilikinya dapat merangsang makrofag bekerja lebih sehingga sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

  1. Menurunkan tingkat kolesterol dan diabetes

Manfaat jamur tiram yang luar biasa selanjutnya adalah menurunkan tingkat kolesterol dan diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan lovastatin yang dapat membantu meregulasi sirkulasi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan beta-glucan pada jamur tiram juga dapat menyerap kadar kolesterol di aliran darah. Selain itu, kadar trigliserida dan gula darah yang dimiliki penderita diabetes dapat menurun apabila rutin mengonsumsinya.

Baca juga: Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

  1. Mencegah kanker

Kanker disebabkan oleh bertumbuhnya sel abnormal pada tubuh. Namun, kandungan beta-glucan dan glikoprotein yang ada pada jamur tiram dapat melawan sel abnormal tersebut dengan meningkatkan respons anti-kanker pada tubuh secara alami. Sehingga resiko terjadinya kanker dapat dicegah.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan saraf

Manfaat jamur tiram lainnya adalah menjaga kesehatan tulang dikarenakan kandungan tembaga yang terdapat pada jamur tiram. Selain itu, asam pantotenat juga dapat mendukung kerja sistem saraf serta membantu memproduksi hormon yang dibutuhkan.

  1. Mengatasi infeksi saluran pernapasan

Jamur tiram memiliki efek anti alergi yang dipercaya dapat meredakan infeksi saluran pernapasan atas. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih untuk membuktikannya.

  1. Sumber vitamin B3

Vitamin B3 berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan, serta kerja organ-organ di dalam tubuh. Vitamin B3 juga bermanfaat untuk membantu pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan agar bisa menghasilkan energi. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi jamur tiram sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B3.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan beta-glucan dalam jamur tiram dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus juga berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol.

  1. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah juga merupakan salah satu manfaat jamur tiram. Kandungan zat ergosterol yang mampu mengoptimalkan manfaat vitamin D dengan bantuan sinar matahari akan menjadi efektif sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Demikian beberapa manfaat jamur tiram yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan. Anda dapat mencoba berbagai resep masakan lezat yang berbahan dasar jamur tiram. Karena seperti yang Anda ketahui jamur tiram memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Maka dari itu jangan ragu-ragu menambahkan jamur tiram kedalam daftar makanan sehat Anda sehari-hari. Dan tentunya perlu Anda perhatikan pula pengolahan jamur tiram saat memasak agar kandungan nutrisinya tidak berkurang banyak. Cara memasak seperti direbus dan dikukus adalah pilihan yang baik untuk mempertahankan kandungannya. Semoga bermanfaat!