Kesalahan Saat Mencuci Muka Bisa Sebabkan Masalah

Diposting pada
Kesalahan Saat Mencuci Muka
Kesalahan Saat Mencuci Muka

Kesalahan Saat Mencuci Muka Bisa Sebabkan MasalahRajin mencuci muka tidak selalu membuat muka terbebas dari masalah kulit seperti jerawat, kenapa? Bukan jaminan dengan mencuci muka setiap hari bisa membuat wajah mulus tanpa masalah, apalagi bila mencuci wajah dengan air saja . Jika cara saat mencuci muka salah, itu akan membuat muka anda tetap terlihat kusam, atau malah berjerawat dan komedo.

Cara yang salah saat membersihkan wajah malah akan membuat kotoran masuk ke pori-pori dalam kulit yang menyebabkan komedo atau jerawat. Perlu anda ketahui, bagaimana cara yang benar saat membersihkan wajah. Membersihkan wajah cukup dua kali sehari, khususnya saat anda selesai beraktifitas diluar atau saat berada di ruangan yang memiliki AC. Sangat disarankan sebelum tidur, anda harus membersihkan wajah, agar kotoran atau debu tidak menempel lama. Berikut beberapa cara yang salah saat mencuci muka.

Mencuci Muka Dengan Telapak Tangan Yang Kotor

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda, namun yang pasti setiap hari tangan yang selalu bersentuhan dengan berbagai macam benda. Misalnya saat naik ke bus kota, tangan pasti memegang besi untuk pegangan saat naik. Di pegangan besi tersebut pasti ada banyak kuman atau bakteri. Dan masih banyak benda yang tidak diketahui apakah ada kuman atau bakteri. Tanpa anda sadari, Kuman yang menempel di telapak tangan belum dibersihkan tapi malah langsung mencuci muka. Itu sama saja memindahkan kuman dari telapak tangan ke muka. Jadi, bersihkan dulu tangan dengan menggunakan sabun, lalu boleh mencuci muka.

Baca Juga: Manfaat Dan Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Wajah

Sembarang Pilih Produk

Tidak jarang pria dan wanita, asal membeli produk untuk kulit wajah. Khususnya wanita yang sangat memperhatikan kecantikan, belum begitu memahami bahan apa saja yang terkandung dalam produk yang dibelinya. Melihat iklan produk kecantikan di tv atau membeli karena rekomendasi temannya. Membeli produk pembersih wajah, make up, dan pelembab wajah bahkan membeli produk pemutih yang tidak terdaftar.

Sangat berbahaya bukannya membuat semakin cantik, tapi malah menyebabkan wajah menjadi berjerawat, flek hitam, komedo atau berminyak. Maka penting mengetahui jenis kulit dan apa yang paling dibutuhkan kulit wajah anda.

Gunakan Pelembap Untuk Kulit Kering

Fungsi Pelembap dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Mencegah partikel asing atau racun yang berbahaya bagi kulit. pelembapbisa anda gunakan setelah mencuci muka, agar kulit jadi  lebih lembab dan tetap segar. Saat menggunakan pelembap, berikan sedikit pijatan memutar di wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih Bersinar

Terlalu Sering Cuci Muka Atau Hanya Sekali Dalam Sehari

Tidak perlu terlalu sering cuci muka, memang mencuci muka perlu tapi cukup dua kali sehari yaitu saat pagi dan saat malam sebelum tidur. Memang mencuci muka bisa membersihkan debu atau kotoran dari wajah, tapi jika terlalu sering akan membuat kulit wajah menipis. Jika anda libur dan tidak keluar rumah, cukup membersihkan muka sebelum tidur saja.

Baca Juga: 3 Manfaat Air Beras Untuk Wajah Agar Cantik

Membilas Secara Terburu-Buru

Saat mencuci muka menggunakan pembersih wajah, sebaiknya pastikan sabun di wajah bersih. Jangan sampai sabun muka masih terasa menempel, bila perlu bilas beberapa kali hingga bersih. Juga untuk anda yang sering menggunakan make up, gunakan milk cleanser untuk menghapus make up yang menempel, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Produk Berbahan Kimia

Zaman sekarang ini, banyak juga yang menjual produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya yang harus selalu diperhatikan, jangan sampai salah membeli produk. Perhatikan juga bahan yang ada dalam produk kecantikan dengan melihat komposisi yang terkandung. seperti pewarna, pengharum, dan parabens. Hindari produk kecantikan yang memiliki komposisi deterjen berkonsentrasi tinggi, sodium lauril sulfat atau SLS. Karena bahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan reaksi alergi pada kulit wajah.

Melewatkan Face Oil

Face oil disarankan oleh para dermatologis untuk digunakan semua jenis kulit. Beberapa orang beranggapan jika memiliki kulit berminyak tidak perlu menggunakan face oil padahal boleh digunakan dan para dermatologis menyatakan bahwa minyak begitu bersahabat dengan semua jenis kulit dan minyak akan larut jika bertemu sesama minyak.

Kebiasaan Menggosok

Saat anda mau mengaplikasi masker atau menggunakan pembersih atau juga exfoliant. Tidak boleh sembarangan menggosok kulit wajah, jika terlalu kencang dapat menarik kulit dan mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Setelah membersihkan wajah hindari menggosok dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk saja dengan handuk.

Mencuci Wajah Tanpa Membersihkan Make Up Terlebih Dahulu

Bagi anda para wanita yang biasa menggunakan make up pada wajahmu seharian, jangan lupa untuk selalu membersihkan make up dengan make up removal atau pembersih make up. Ini diperlukan, agar make up yang menempel di kulit wajah lepas dan lakukan sebelum mencuci muka.

Baca Juga: 4 Manfaat Es Batu Untuk Kulit Wajah

Menggunakan Handuk Kasar

Setelah mencuci muka, gunakan anduk yang tipis dan lembut. Jangan menggunakan handuk yang kasar dan kaku karena bisa membuat iritasi pada kulit.

Itulah beberapa cara yang harus anda hindari saat membersihkan wajah yang benar, semoga bermanfaat.