Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lele untuk Ibu Menyusui

By | 11/03/2020

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lele untuk Ibu Menyusui. Bila sebelumnya saya sudah bagikan manfaat ikan lele untuk kesuburan pria, sekarang kita bahas manfaat lele untuk ibu menyusui. Lele merupakan salah satu ikan rendah merkuri yang baik untuk ibu menyusui. Banyak lembaga kesehatan di berbagai dunia yang merekomendasikan ibu menyusui untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua porsi setiap minggunya. Para ibu bisa mendapatkan manfaat lele untuk ibu menyusui dari kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan air tawar ini.

Resep Pecel Lele dengan Sambal Terasi

Berikut adalah 5 nutrisi penting pada ikan lele yang bagus untuk ibu-ibu yang sedang menyusui.

 5 Manfaat dan Nutrisi Lele untuk Ibu Menyusui

  1. Protein untuk massa otot dan sistem imun

Ikan lele mengandung nutrisi protein yang sangat lengkap. Ikan air tawar ini mengandung protein yang baik seperti metionin, asam amino, dan leusin. Sekitar 15 gram protein ada di dalam satu porsi ikan lele. Nutrisi yang satu ini sangat bagus untuk membangun massa otot. Selain manfaat untuk bayi, protein ikan ini juga bagus untuk membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh bagi ibu menyusui. Beberapa ahli juga menyatakan kandungan protein di dalam ikan lele lebih tinggi dari daging dan susu.

  1. Rendah lemak yang bagus untuk metabolisme

Lemak dibutuhkan oleh tubuh, tetapi untuk lemak jenuh sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak terutama untuk ibu menyusui. Hal tersebut menjadi alasan mengapa ikan lele merupakan alternatif yang tepat untuk para ibu yang sedang menyusui. Jenis ikan yang satu ini dikatakan memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah. Namun, penting untuk memperhatikan cara pengolahan dan juga penyajiannya agar manfaat lele untuk ibu menyusui bisa diperoleh dengan lebih optimal. Jangan konsumsi ikan lele secara berlebihan karena bisa menyebabkan cairan di dalam tiroid meningkat dan tidak bagus untuk kesehatan.

  1. DHA untuk sistem saraf bayi

DHA merupakan lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3. Manfaat lemak DHA ini adalah membantu perkembangan dan sistem saraf bayi. Lele mengandung omega-3 yang bagus untuk pertumbuhan otak janin di dalam kandungan. Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan penglihatan bagi bayi. Mengingat manfaat lele untuk ibu menyusui tersebut, ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau olahan ikan lele.

  1. Kalium untuk kesehatan jantung

Ibu menyusui yang rajin mengonsumsi ikan lele dapat memperoleh manfaatnya seperti kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Ikan lele mengandung kalium yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan aliran pembuluh darah. Nutrisi yang satu ini juga bagus untuk menjaga kadar mineral di dalam tubuh agar tetap seimbang. Manfaat ikan lele yang tinggi kalium juga bagus untuk membantu membersihkan racun dan karbondioksida di dalam darah.

  1. Fosfor yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat lele untuk ibu menyusui selanjutnya adalah kandungan fosfor yang bagus untuk tulang dan gigi. Setiap 100 gram ikan lele mengandung sekitar 168mg fosfor. Kandungan fosfor dalam ikan lele tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang hanya sekitar 100mg. Fosfor merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor juga dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh dan membantu sintesis DNA pada bayi. Ibu menyusui yang mengonsumsi ikan lele juga dapat memperoleh manfaat fosfor untuk membantu metabolisme ekstrak.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Demikian 5 manfaat lele untuk ibu menyusui dari setiap nutrisi yang terkandung di dalam ikan air tawar tersebut. Ikan lele sendiri memiliki daging yang mudah diserap sehingga bagus untuk sistem pencernaan ibu menyusui.