Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesuburan Pria

By | 23/02/2020

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesuburan Pria. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ikan yang memiliki tubuh licin seperti belut ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat ikan lele untuk kesuburan pria yang bisa diperoleh dari melimpahnya gizi di dalamnya.

Manfaat Lele untuk Kesuburan Pria

Manfaat Ikan Lele untuk Kesuburan Pria Berdasarkan Kandungan Gizi di dalamnya

  1. Omega3 menjaga produksi sperma

Kekurangan DHA atau lemak omega3 dapat menyebabkan jumlah sperma menjadi sangat rendah dan bentuknya bulat. Sperma yang bagus adalah berbentuk memanjang dan bergerak dengan baik. Kualitas sperma tersebut dapat dipengaruhi dari tingkat asupan DHA seorang pria. Mengonsumsi sumber omega3 seperti ikan lele sangat bagus untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Selain untuk kesuburan pria, asam lemak omega3 ini juga bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan melawan peradangan.

  1. Vitamin B untuk sperma tetap sehat

Walaupun vitamin B dalam ikan lele tidak begitu tinggi, nutrisi ini bisa diperoleh dan bermanfaat untuk menjaga sperma tetap sehat. Ikan lele mengandung vitamin B12 yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem saraf, membantu pembentukan sel darah normal, dan pembuatan materi genetik. Sumber vitamin B ini bisa menjadi makanan yang bagus untuk pria mengingat manfaat ikan lele untuk kesuburan pria dapat membantu menjaga kualitas sperma tetap sehat. Ikan air tawar ini bisa dijadikan sumber vitamin B bagi para pria yang ingin produksi sperma lebih berkualitas. Sperma yang berkualitas dapat dilihat dari jumlah produksi sperma dan pergerakan sperma itu sendiri.

  1. Niasin dan asam pantotenat untuk kesuburan

Lele kaya akan nutrisi seperti vitamin B yang bagus untuk kesuburan pria. Selain itu, di dalam ikan air tawar ini juga mengandung niasin dan asam pantotenat. Setiap 2mg niasin dapat memasok 13% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan oleh pria. Selain niasin, asam pantotenat di dalam ikan lele juga bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa dan meningkatkan kesuburan pria.

  1. Magnesium untuk kesehatan otot pria

Kandungan magnesium di dalam ikan lele tidak begitu tinggi. Namun, manfaat ikan lele untuk kesuburan pria dapat diperoleh dari kandungan mineral tersebut pada setiap porsi ikan lele. Magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu mengurangi stress, dan juga membantu meningkatkan kesehatan otot-otot pria. Magnesium memiliki manfaat untuk mengurangi insomnia, tekanan darah tinggi, dan kecemasan. Tingkat kecemasan yang terkontrol tersebut bagus untuk produksi dan kualitas sperma pria dewasa.

  1. Vitamin D meningkatkan kadar testosteron

Salah satu sumber vitamin D terbaik dapat diperoleh dari ikan lele. Setiap 143 gram ikan lele dapat memenuhi sekitar 180% kebutuhan vitamin D pria dewasa.  Manfaat ikan lele untuk kesuburan pria adalah untuk membantu meningkatkan kadar testosteron. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan dorongan seks bagi pria dewasa. Vitamin D di dalam ikan lele juga bagus untuk mengurangi risiko kanker prostat.

Baca Juga: Resep Pecel Lele Yang Nikmat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D sangat penting untuk perkembangan inti sel sperma agar tetap sehat. Mengonsumsi sumber vitamin D seperti ikan lele dapat membantu menjaga kualitas sperma dan air mani. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan libido. Kekurangan vitamin dapat memicu motilitas sperma atau pergerakan sperma menjadi lebih lambat.

Baca Juga: Cara Budidaya Lele Untuk Pemula

Demikian beberapa nutrisi dan manfaat ikan lele untuk kesuburan pria. Melimpahnya gizi di dalam ikan lele bagus untuk pria, tetapi jangan lupa untuk diimbangi dengan sumber pangan lain seperti sayur, kacang-kacangan, buah, dan daging.