Inilah 7 Manfaat Sawi yang Belum Banyak Diketahui Orang

By | 04/12/2019

Inilah 7 Manfaat Sawi yang Belum Banyak Diketahui Orang. Sayuran sawi atau biasa disebut sosin atau caisim memiliki beberapa jenis, mulai dari sawi hijau, sawi putih, hingga sawi pahit. Meskipun terdapat perbedaan jenis, secara umum nutrisi yang terkandung pada sawi tidak jauh berbeda. Ada beragam manfaat kebaikan sawi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat sawi yang belum banyak diketahui.

Manfaat Sawi

7 Manfaat Sawi bagi Kesehatan Tubuh

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sawi dikenal sebagai salah satu sayuran yang mempunyai kandungan serat tinggi, yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, sawi juga mengandung lemak dalam kadar yang rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat sawi yang lain adalah membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Apabila kolesterol jahat di dalam darah terlalu tinggi, tentu akan membahayakan tubuh karena bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Peningkatan kolesterol jahat ini bisa dipicu oleh makanan ataupun faktor lingkungan. Sawi mempunyai kandungan mineral yang tinggi untuk mengontrol kadar kolesterol serta mencegah berkembangnya kolesterol jahat dalam darah.

  1. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Sawi juga mempunyai khasiat lainnya yaitu menjaga sistem kekebalan atau imunitas dalam tubuh. Sistem imunitas ini memiliki fungsi melindungi tubuh dari semua patogen dan melawannya agar tidak terjadi infeksi. Dengan mengonsumsi sawi secara rutin bisa menjaga sistem imunitas tetap dalam kondisi baik. Hal ini karena sawi kaya kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan kapasitas kerja sistem imunitas tubuh.

  1. Berfungsi Sebagai Antioksidan Alami

Sawi merupakan salah satu sumber antioksidan alami. Manfaat sawi ini sangat berperan dalam menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Semua jenis sawi mempunyai kandungan antioksidan yang sama tinggi. Antioksidan beserta vitamin A dan C yang dimiliki sawi bisa melindungi sel tubuh akibat kerusakan atau serangan bakteri/virus. Selain itu, antioksidan ini juga menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Berfungsi untuk Detoksifikasi Tubuh

Sawi juga mempunyai manfaat dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Tidak bisa dipungkiri jika akibat aktivitas sehari-hari maupun asupan makanan bisa menumpuk racun di dalam tubuh. Oleh karena itu perlu nutrisi dan mineral yang mampu melakukan detoksifikasi. Sawi dengan kandungan klorofil dan serta yang tinggi dipercaya bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui metabolisme pencernaan.

  1. Mencegah Peradangan

Manfaat sawi lain yang belum banyak diketahui orang adalah mencegah terjadinya peradangan. Sawi mengandung zat dengan sifat anti inflamasi yang berfungsi mencegah peradangan. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi resiko penyakit arthritis atau jenis bengkak-bengkak lain yang bisa memicu infeksi. Sawi juga mengandung vitamin K serta asam lemak Omega-3 yang mengandung isothiocyanate untuk mengurangi potensi stroke.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral Alami

Sawi kaya akan vitamin A, C, serta K yang berperan penting dalam menjaga fungsi organ tubuh. Vitamin A dan C sebagai antioksidan alami guna melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, serta vitamin K berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu, sawi juga kaya magnesium, zat besi, kalsium, kalium, dan mineral lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah manfaat sawi bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Agar kandungan nutrisinya tetap seimbang, Anda juga penting memperhatikan pengolahan dan cara memasak sawi secara tepat. Hal ini agar kandungan nutrisi tidak hilang akibat proses pengolahan. Anda bisa mengolah sawi dengan cara ditumis, direbus, atau dijadikan jus.