Gejala, Penyebab Dan Pencegahan Batuk Berdarah

Diposting pada

Batuk BerdarahGejala, Penyebab Dan Pencegahan Batuk BerdarahTidak sedikit masyarakat yang menganggap remeh penyakit seperti Batuk berdarah. Batuk terus menerus dan terkadang mengeluarkan darah perlu ditanggapi dengan serius, gejala seperti itu menunjukan ada masalah pada paru-paru anda. Seharusnya dari batuk yang tidak berhenti anda segera memeriksakan diri ke dokter agar tahu cara mengobatinya.

Penyakit seperti Turbekulosis atau TBC sudah banyak merenggut nyawa manusia, maka dari itu untuk terhindar dari penyakit tersebut anda juga harus mengetahui penyebab, pengobatan dan pencegahan batuk berdarah. Berikut ini ulasannya:

Gejala Batuk Berdarah

Gejala umum yang biasanya terjadi yaitu rasa gatal pada tenggorokan dan sering batuk. Saat batuk disertai dahak dan darah keluar.  Darah yang keluar juga bukan berasal dari pencernaan atau tenggorokan atau mulut. warna darah merah terang dan berbuih, batuk berdarah disebut juga hemoptisis atau hemoptoe, buih yang dikeluarkan saat batuk berdarah disebabkan oleh darah yang bercampur dengan lendir dan juga udara.

Perlu anda ketahui gejalanya seperti ketika anda batuk, keluar lendir atau dahak dan darah yang berwarna merah segar, wajah anda terlihat pucat, disertai demam dan suhu tubuh yang tidak normal, terkadang saat bernafas menjadi berat atau sesak, sering keringat dingin pada malam hari dan juga anda merasa kurang nafsu makan.

Baca Juga: 7 Tips Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu Batuk

Anda perlu mengetahui dan mengenal penyebab batuk berdarah, seperti dibawah ini.

Infeksi

Adanya infeksi pada saluran pernafasan yang menyebabkan batuk berdarah Infeksi dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit TBC, pneumonia dan abses paru. Jika infeksi cepat diketahui, maka tahap penyembuhannya bisa cepat, tapi jika sudah menjadi TBC proses untuk penyembuhannya akan memakan waktu yang lama.

Tumor

Adanya Tumor di paru-paru bisa menyebabkan Batuk berdarah. Tumor ini disebut karsinoma paru.

Bronkitis

Batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh bronchitis. Penyakit seperti bronchitis adalah penyakit yang mudah menyebar dan cukup sulit disembuhkan. Anda perlu waspada jika ada disekitar anda mengalami bronchitis agar tidak tertular. Biasanya pengidap bronkitis akan mengalami batuk keluar gumpalan darah.

Penyakit Kardiovaskular

Batuk berdarah bisa terjadi bukan hanya karena infeksi paru-paru tapi juga karena kardiovaskular atau jantung. Gejalanya dada terasa sakit dan detak yang tidak stabil. Batuk berdarah bisa karena aneuremia toraksis, mitral stenosis, maformasi arteriovenous.

Radang Paru-paru

Batuk berdarah karena radang tenggorokan. Penyakit TBC adalah penyakit yang berbahaya,bisa menyebar melalui udara, jadi perlu jaga jarak dengan orang yang menderita penyakit TBC. Selama pengobatan lebih baik lagi masuk ke dalam ruangan isolasi agar orang lain tidak tertular. Baca Juga: Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami

Kelainan Pembuluh Darah

Kelainan di pembuluh darah di paru-paru bisa menjadi pemicu batuk berdarah, tidak jarang ada yang mengalami hal ini dan membuat panik. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli.

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru sangat berpotensi mengalami batuk berdarah, apalagi jika kanker ini dibiarkan hingga stadium akhir. Bagi penderita kanker paru-paru perlu penanganan khusus.

Iritasi Tenggorokan

Batuk terus-menerus dan terasa gatal di tenggorokan bisa menyebabkan batuk berdarah, apalagi selama 2 minggu batuk tidak berhenti, hal itu terjadi karena adanya iritasi pada tenggorokan. Jika anda mengalami batuk dan dalam waktu 3 hari masih belum berhenti segera periksakan diri anda pada dokter.

Pencegahan Batuk Berdarah

Jika ada orang disekitar kita baik keluarga maupun teman yang mengalami penyakit yang menular sebaiknya lakukan pencegahan agar tidak tertular seperti dibawah ini :

Menjaga Jarak Dengan Penderita

Karena sifat penyakit seperti TBC, Bronchitis adalah menular anda perlu menjaga jarak dengan penderita. Gunakan juga masker saat menjenguk penderita, karena penyakit tersebut bisa menyebar melalui udara.

Pola Hidup Sehat

Memastikan diri menjaga pola hidup sehat baik dari makanan dan juga lakukan olahraga teratur. Menghindari asap rokok dan tidak merokok karena kalau sudah kena penyakit berbahaya siapa lagi yang akan rugi kalau bukan diri sendiri.

Jika anda atau keluarga anda mengalami batuk terus-menerus, khususnya yang sering menghirup asap rokok atau perokok aktif, segeralah memeriksakan diri, penanganan yang cepat akan lebih memudahkan masa penyembuhan. Cintailah kesehatan anda dengan gaya hidup sehat demi anda dan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.