Efek Samping Kayu Manis Bila Dikonsumsi Berlebihan

Diposting pada

Kayu ManisEfek Samping Kayu Manis Bila Dikonsumsi BerlebihanKayu manis lebih banyak dikenal sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun selain untuk manfaat tersebut, kayu manis juga bisa dikonsumsi sebagai ramuan tradisional dalam mengobati penyakit tertentu. Karena aromanya yang khas sering dimanfaatkan sebagai penambah aroma dan rasa pada teh atau kopi, sehingga bagi menggemari aroma kayu manis hampir setiap hari mengkonsumsi rempah yang satu ini.

Efek Samping Kayu Manis. Tapi tahukah Anda, jika dikonsumsi secara berlebihan, kayu manis dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Ya, meski banyak disukai, kayu manis tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, apalagi jika terlalu sering atau terlalu banyak. Bahkan dalam keadaan serius, kayu manis dapat membuat orang mengalami penyakit yang tidak boleh diremehkan. Nah, berikut ini merupakan beberapa efek bahaya dari mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan.

Efek Samping Kayu Manis Bila Dikonsumsi Berlebihan:

1. Menyebabkan Iritasi Lambung

Bagi Anda penderita ulkus lambung, sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kayu manis terlalu berlebihan. Hal ini membuat lambung semakin teriritasi, kayu manis dapat memperparah sakit pada lambung anda. Jika anda tetap ingin mengkonsumsinya, sebaiknya tidak melebihi dari setengah sendok teh agar tidak memperburuk penyakit lambung anda.

2. Merangsang Kelahiran Prematur

Bagi ibu yang sedang hamil memang memiliki banyak larangan dalam hal makanan maupun minuman. Salah satunya adalah tidak boleh mengkonsumsi kayu manis, baik yang ada dalam makanan maupun minuman. Ini dikarenakan rempah yang satu ini dapat merangsang kontraksi otot rahim sehingga bayi dalam kandungan anda terancam lahir sebelum waktunya.

3. Darah Menjadi Encer

Kayu manis dikenal memiliki kandungan senyawa yang dapat menyebabkan darah menjadi lebih encer. Saat terjadi luka, kondisi ini dapat menghambat pembekuan darah pada luka. Dianjurkan jangan mengkonsumsi kayu manis saat dalam keadaan haid atau akan menjalani operasi. Karena akan terjadi pendarahan parah bila darah anda terlalu encer.

Baca Juga: Buah Untuk Penambah Darah Yang Efektif Mengatasi Anemia

4. Mengganggu Kesehatan Hati dan Ginjal

Kayu manis juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal maupun hati karena adanya kandungan senyawa coumarin di dalamnya. Kerja hati dan ginjal semakin berat dengan coumarin sehingga bisa memberikan dampak buruk terhadap kedua organ yang penting tersebut.

Baca Juga: 6 Makanan Peningkatan Kesuburan Bagi Wanita

5. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Kadar gula dalam darah memang harus tetap diperhatikan dan diusahakan supaya tetap stabil dan terhindar dari  diabetes. Karena ketakutan tersebut, banyak yang berbondong-bondong untuk mengkonsumsi kayu secara rutin agar gula darah tidak meningkat. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan membuat kadar gula terus menerus turun. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan sering merasakan sakit kepala.

6. Denyut Jantung Meningkat

Kandungan senyawa yang ada didalam kayu manis juga dapat menyebabkandenyut jantung meningkat. Detak jantung menjadi lebih keras dan cepat, dan juga suhu tubuh yang  terus meningkat. Jika hal tersebut terus terjadi maka bisa membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan akan menyebabkan gangguan pada organ jantung.

Karena sekarang anda sudah tahu bahayanya, mulai sekarang ada lebih baiknya anda belajar agar tidak tergantung dan tidak selalu mengkonsumsinya. Sebaiknya 1-2 kali dalam seminggu dengan dosis sedikit bila ingin tetap mengkonsumsi, masih bisa ditolerir dan bagi ginjal atau hati memiliki waktu untuk menetralisir senyawa dalam kayu manis dalam tubuh yang bersifat toksik.

Sekian ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.