Cara Ternak Ayam Bangkok Cepat Besar

cara ternak ayam bangkokCara Ternak Ayam Bangkok Cepat Besar. Di Indonesia terdapat berbagai jenis ayam yang di budidayakan. Salah satu jenis ayam yang paling diminati untuk di budidayakan adalah ayam Bangkok. Keunggulan jenis ayam ini adalah memiliki tubuh yang besar dan tegap, memiliki motif bulu yang bagus, dan agresif. Maka dari itu ayam jenis ini dikenal dengan jenis ayam petarung. Dan keistimewaan dari ayam Bangkok ini yaitu harga jual yang relative tinggi. Tak heran apabila para peternak lebih memilih jenis ayam ini daripada jenis lainnya.

Langkah-langkah Ternak Ayam Bangkok

Perawatan yang baik tentunya akn menhasil kualitas ayam Bangkok yang super istemewa. Untuk itu terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam budidaya ayam Bangkok. Simak pejelasan di bawah ini:

  1. Piihlah induk betina dan pejantan yan memiliki kualitas bagus dan sehat.
  2. Usahakan rentan usia pejantan berkiisar antar 1 hingga 2,5 tahun.
  3. Usahakan rentan usia betina berkisar antara 7 – 8 bulan.
  4. Pada saat membuat kandang, usahakan untuk memberikan lampu penerangan agar kondisi ayam pada malam hari tetap hangat.
  5. Pastikan jarak kandang yang nantinya akan Anda gunakan jauh dari pemukiman. Minimal 500 meter agar tidak mencemari lingkungan sekitar Anda.
  6. Usahakan lokasi kandang di area terbuka agar ayam tidak mudah stress.

Pengelompokan Ayam Berdasarkan Tingkat Usia

Jika dilihat dari faktor usia, pengelomppokan ayam Bangkok dibagi menjadi 4, anatara lain:

  1. Ayam anakan dengan rentang usia 0 hingga 6 minggu.
    Ukuran kandang ideal yaitu 100cm X 50 cm X 20cm yang berisi 20 ekor ayam.
  2. Anak ayam dengan rentan usia 6 minggu hingga 12 minggu.
    Ukuran kandang ideal yaitu 100cm X 100cm X 40cm yang berisi 30 ekor.
  3. Ayam muda dengan rentan usia antara 12 minggu hingga 16 minggu
    Ukuran kandang ideal yaitu 100cm X 100cm X 60cm berisi 15 ekor ayam.
  4. Ayam dewasa rentan usia antara 18 minggu hingga 68 minggu.
    Ukuran kandang ideal yaitu 30cm X 30cm untuk 1 ekor ayam.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok

Untuk ayam yang berumur di bawah 3 bulan sebaiknya menggunakan pakan jenis pur. Jenis pakan ini mengandung protein dan kalsium sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ayam. Pemberian pur sebaiknya diampur dengan menggunakan sedikit air hangat agar teksture sedikit lebih lunak supaya pakan dapat dicerna dengan baik oleh anak ayam.

Baca Juga: Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

Untuk ayam yang berumur di atas 3 bulan sebainya menggunakan voor dengan teksture yang lebih kasar. Anda dapat mecapur voor denga nasi ataupun dedek. Selain voor Anda juga dapat menggunakan beras merah, gabah atau konsentrat karena tidak semua ayam cocok menggunakan makanan enis voor.

Untuk ayam yang berusia di atas 6 bulan, umumnya lebih enyukai tanaman biji-bijian seperti jagung, beras, setiap 3 hari sekali sebaiknya berikan vitamin agar vitalitas tubuh ayam tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Cara Budidaya Belut Untuk Pemula Menggunakan Media Tanpa Lumpur

Apabila Anda ingin mengawali usaha budidaya ayam Bangkok sebaiknya dimulai dengan skala kecil terlebih dahulu. Untuk prospek kedepan selain menjual ayam Bangkok, Anda juga dapat menjual telor ayam dan sisa kompos ternak pada petani. Dapat dikatakan usaha budidaya ayam Bangkok memiliki peluang yang cukup besar merambah menjadi ladang bisnis lainnya. Jika Anda tertarik, semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda.