Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Diposting pada

Cara Menghilangkan Bau MulutCara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami. Masalah bau mulut adalah masalah yang harus segera di atasi, karena bisa mengganggu panampilan dan kepercayaan diri seseorang. Kurang percaya diri biasanya dialami orang yang mengalami masalah bau mulut. Orang yang berada di dekatnyapun akan merasa terganggu saat mencium bau mulutnya dan pastinya mencoba untuk menghindar berinteraksi dengan orang yang memiliki bau mulut tersebut.

Jenis Bau Mulut
Bau mulut terbagi menjadi dua jenis. Banyak orang tidak bisa membedakan jenis bau mulut. Kebanyakan mereka hanya tahu jika bau mulut hanya ada satu macam. Berikut ini jenis bau mulut yang harus anda ketahui :

1. Bau Mulut Normal
Bau mulut yang normal biasanya terjadi saat pagi hari. Karena saat pagi hari kebanyakan orang akan mengalami bau mulut yang diakibatkan kurangnya sekresi air liur. Sekresi air liur yang kurang ini akan membuat orang mengalami bau mulut. Dengan menggosok gigi bisa menghilangkan bau mulut tersebut.

2. Bau Mulut Akut
Bau mulut akut adalah bau mulut yang bisa ditimbulkan oleh infeksi dan berbagai jenis penyakit tertentu. Menggosok gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan masalah bau mulut ini.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bagaimanakah cara agar terhindar dari bau mulut dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut berikut ulasannya:.

1. Gosok Gigi
Gosok gigi adalah salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Orang yang memiliki masalah bau mulut biasanya orang yang jarang dan malas untuk menggosok gigi. Menggosok gigi sampai bersih bisa menghilangkan dan menghindarkan diri anda dari masalah bau mulut.

2. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut
Selain menggosok gigi ada cara lain supaya anda terhindar dari bau mulut. Yaitu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi anda. Terselipnya sisa makanan seperti daging bisa membuat penampilan gigi terlihat tidak menarik dan menjijikan bagi sebagian orang.
Tidak hanya itu saja terselipnya sisa makanan di celah-celah gigi anda bisa menyebabkan sakit gigi dan penyakit gigi adalah salah satu penyebab bau mulut.

3. Obat Anti Bakteri
Bau mulut dapat timbul karena adanya bakteri di dalam mulut. Bakteri itu bisa menginfeksi mulut, gigi dan gusi. Efeknya, infeksi tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena masalah bau mulut. Untuk menghilangkan infeksi tersebut adalah dengan mengkonsumsi obat anti bakteri. Dimana obat anti bakteri ini bisa membunuh bakteri penyebab infeksi bau mulut.

4. Benang Gigi
Cara lain menghilangkan bau mulut yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan benang gigi. Benang gigi ini bisa membantu anda untuk membersihkan celah-celah gigi dari sisa makanan dan serat makanan. Benang gigi juga bisa membantu anda terhindar dari sakit gigi.

5. Obat Kumur
Jika anda tidak mau mengkonsumsi obat, anda bisa menggunakan obat kumur khusus mulut. Saat ini ada banyak obat kumur yang bisa membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam memilih obat kumur. Pilihlah obat kumur yang bagus dan tanpa efek samping.

6. Alat Pembersih Lidah
Lidah adalah tempat yang disukai oleh kuman dan bakteri. Selain di gigi dan gusi, lidah juga merupakan tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. Orang yang rajin menggosok gigi, bukan berarti orang itu rajin juga membersihkan bagian lidahnya. Selama ini lidah sering luput dari perhatian orang. Banyak yang melewatkan lidah untuk dibersihkan, akibatnya lidah akan jadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Ada banyak kuman dan bakteri yang bisa membentuk lapisan di lidah. Lapisan tersebut bisa menyebabkan terjadinya bau busuk.

Untuk membersihkan kuman dan bakteri pada lapisan lidah, anda bisa menggunakan alat pembersih khusus lidah. Atau anda bisa juga menggunakan sikat gigi untuk menggosok seluruh permukaan lidah secara perlahan. Dengan menggunakan alat pembersih lidah lebih baik dibandingkan dengan sikat gigi adalah alat pembersih lidah akan dibuat menyesuaikan dengan tekanan yang bisa diterima oleh lidah. Sehingga tekanan yang telah disesuaikan itu tidak akan melukai permukaan lidah.

7. Permen Karet
Cara praktis mengatasi bau mulut yang bisa langsung dilakukan dengan mengunyah permen karet bebas gula. Permen karet bebas gula bisa membantu gigi anda terlindung dari tumbuhnya plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi tersebut merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut.

8. Rokok
Cara lain untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Memang bukan sesuatu yang mudah untuk menghentikan kebiasaan ini. Tapi lebih sulit mana diantara menghentikan kebiasaan merokok anda atau dijauhi oleh orang-orang terdekat anda dan lebih luas lagi dijauhi oleh masyarakat. Salah satu dampak buruk merokok yaitu bisa menjadi penyebab bau mulut yang paling sering dialami perokok. Tidak heran jika seorang perokok akan memiliki nafas yang tidak sedap. Rokok tidak hanya menyebabkan bau mulut saja, tapi juga bisa menyebabkan seseorang terkena bau badan. Bau badan dan mulut bau akibat rokok tentu 2 hal yang tidak ada seorangpun yang menginginkannya bukan?

Baca Juga: Bahaya Rokok Pada Ibu Hamil

9. Hindari Permen Manis
Kandungan gula dalam permen bisa memicu timbulnya kuman dan bakteri di dalam mulut. Bagi orang yang gemar mengkonsumsi permen manis akan dengan mudah terkena berbagai macam penyakit gigi. Sakit gigi yang disebabkan permen manis inilah yang menyerang di dalam mulut ini, sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut.
Maka dari itu hindarilah mengkonsumsi permen manis terlalu banyak. Sebaiknya setelah mengkonsumsi permen anda harus segera berkumur atau menyikat gigi.

10. Menghindari Dehidrasi
Menghindari dehidrasi merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut yang berkepanjangan. Orang yang mengalami dehidrasi akan memiliki bau mulut yang sangat menyengat akibat kekurangan air putih. Air putih dapat mencegah dehidrasi karena bisa menjaga cairan di dalam tubuh tetap stabil.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

11. Mengobati Penyakit Gusi
Penyakit gusi adalah penyebab bau mulut yang harus diwaspadai. Bau mulut pada penderita penyakit gusi bisa membuat bau mulut yang berkepanjangan dan dalam tempo waktu yang lama. Gusi itu tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri selain gigi dan lidah. Anda bisa memeriksakan kesehatan gusi kepada dokter gigi yang menangani berbagai macam gangguan dan penyakit gusi.

12. Memperhatikan Kebersihan Kawat Gigi
Kawat gigi (behel) sekarang ini adalah trend di masyarakat, tidak hanya remaja saja yang suka menggunakan kawat gigi. Tapi kalangan ibu-ibu pun banyak yang menggunakan kawat gigi. Behel berfungsi untuk membantu merapihkan gigi tapi ada juga yang menjadikan behel sebagai trend semata. Entah apapun tujuan dari pemasangan kawat gigi sebaiknya harus memperhatikan faktor kebersihan kawat gigi. Kawat gigi yang kurang diperhatikan kebersihannya akan rentan jadi sarang pertumbuhan kuman dan bakteri, karena sisa makanan dapat menempel pada kawat gigi.

Jika kuman dan bakteri bersarang dikawat gigi, maka mulut pun akan menjadi bau. Maka dari itu, memperhatikan kebersihan kawat gigi adalah cara untuk terhindar dari bau mulut. Cara membersihkannya bisa menggosok bagian kawat gigi secara menyeluruh kemudian rutin melakukan kontrol di dokter gigi. Selain itu hindarilah memakai behel yang dapat dilepas pasang.

13. Mengunjungi Dokter
Jika anda benar-benar ingin menyelesaikan masalah bau mulut anda, anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan solusi dan cara menghilangkan bau mulut yang tepat. Namun jika tidak berhasil, pemeriksaan fisik akan dilakukan terutama di daerah bagian gigi. Setelah ditemukan kelainan dan penyakit pada diri anda, dokter baru bisa memberikan solusi berdasarkan penyebabnya. Ada baiknya rutin memeriksakan gigi dengan dokter minimal enam bulan sekali.

14. Spa Gigi
Ya, spa bukan hanya untuk tubuh saja tapi juga ada spa untuk gigi. Spa bisa membuat gigi anda bersih, bebas dari berbagai macam kuman dan bakteri. Spa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi bau mulut anda. Spa gigi dapat dilakukan dalam waktu dua bulan sekali.

15. Permen Mint
Mengkonsumsi permen mint adalah salah satu cara praktis yang bisa diakukan untuk menghilangkan bau mulut walau untuk sementara. Sebaiknya anda menyiapkan permen mint dalam tas dan saku anda. Permen dengan kandungan mint dapat membuat nafas anda menjadi lebih segar dan tidak bau lagi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Permanen

16. Teh Hijau
Mengkonsumsi secangkir teh hijau setiap paginya dapat membantu anda mengatasi bau mulut. Hal ini dikarenakan, teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

17. Rebusan Daun Sirih
Obat dari berbagai macam masalah kewanitaan ini, ternyata digunakan sebagai penghilang bau mulut. Air rebusan daun sirih ini bersifat antiseptik. Sifat antiseptik tersebut yang membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.
Caranya penggunaanya adalah sehabis sikat gigi anda bisa menjadikan rebusan daun sirih sebagai obat kumur. Setelah berkumur dengan air daun sirih berkumur lagi menggunakan air bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap Dengan Bahan Alami

18. Hindari Makanan Berbau Tajam
Hindarilah berbagai macam makanan yang berbau tajam. Aroma makanan tersebut bisa mengendap lama di dalam mulut sehingga meskipun anda telah berjam-jam lamanya memakan makan tersebut, aromanya akan tetap ada seperti efek samping mengkonsumsi durian. Beberapa jenis makanan berbau tajam itu misalnya bawang putih, petai, jengkol dan masih banyak lagi lainnya.

19. Batasi Alkohol
Bagi orang yang suka meminum minuman beralkohol akan memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam alkohol tersebut dapat menimbulkan bau mulut. Biasanya bau yang ditimbulkan peminum ini adalah bau minuman alkohol itu sendiri yang habis diminumnya, tapi lama kelamaan bahaya alkohol tersebut akan berubah menjadi bau busuk.

20. Berkumur
Cara menghilangkan bau mulut tak sedap adalah dengan berkumur. Dengan berkumur bisa membuang dan menghilangkan kuman dan bakteri di dalam mulut, meskipun memang tidak seefektif bila dibandingkan dengan menggosok gigi. Jika anda habis makan makanan yang manis tapi anda jauh dari rumah, anda bisa hanya berkumur untuk menetralisir bau akibat memakan makanan tersebut.
Sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.