14 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Mudah Dilakukan

By | 10/06/2020

14 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Mudah Dilakukan. Mata adalah jendela dunia. Sebab melalui mata,  manusia dapat melihat segala keindahan yang ada di dunia. Anda juga dapat melihat kerabat terdekat. Melihat fungsinya yang sedemikian penting maka sudah seharusnya kesehatan mata menjadi prioritas. Beberapa dari Anda seolah kurang berhati-hati dalam kegiatan sehari-hari yang bisa mengganggu indera penglihatan. Dari pada menyesal di kemudian hari lebih baik mulai menjaga fungsi kerjanya. Di bawah ini akan ditampilkan beragam cara menjaga kesehatan mata:

 Berikut Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

  1. Tidak terlalu lama menatap layar handphone atau alat elektronik

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau teknologi sudah semakin maju. Banyak pekerjaan mengharuskan Anda menatap komputer atau laptop. Jika durasi mata melihat kecerahan layar tidak lama tentu tidak masalah namun jika dilakukan secara sering dengan waktu yang berlebihan jelas membahayakan mata. Sinar layar yang langsung menatap mata dapat merusak retina. Biasakan istirahat selama beberapa menit agar mata tidak tegang dan kabur. Hal demikian juga berlaku untuk Anda yang berlebihan menatap layar smartphone

  1. Hindari membaca dalam cahaya redup

Membaca merupakan kebiasaan yang baik. Bagaimanapun buku ialah jendela ilmu dan melalui membaca maka Anda akan membawa manfaat. Tapi tahukah Anda kebiasaan membaca dalam kondisi cahaya redup sangat membahayakan. Maka dari itu cara menjaga kesehatan mata yang baik ialah atur cahaya terang saat ingin membaca. Anda dapat menyalakan lampu ruangan saat membaca buku agar mata tidak mengalami ketegangan. Jangan lupa beristirahat saat merasa lelah berlebihan.

  1. Gunakan kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam bukan untuk gaya-gayaan atau sekedar ingin tampil modis. Melainkan kacamata hitam mampu melindungi Anda dari sinar UV yang dihasilkan dari terik matahari. Cara menjaga kesehatan mata ini cocok untuk Anda yang bekerja di tempat yang terpapar terik matahari secara langsung. Sinar UV dapat mengganggu fungsi kerja mata serta merusak retina.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Selain mencegah melalui beragam aktivitas,  Anda juga harus perhatikan pola makan yang di pilih. Bagaimana pun penyakit akan enggan menghampiri bila Anda sering mengonsumsi makanan bergizi termasuk kerusakan mata. Banyak penelitian membuktikan beragam olahan buah,  ikan dan sayuran banyak mengandung nutrisi,  vitamin,  serta protein tunggu yang mampu menjaga kesehatan mata.

  1. Jangan merokok

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya berkaitan dengan gaya hidup Anda. Merokok bukan hanya menjadi penyebab sakit jantung dan paru-paru.  Tapi merokok juga dapat merusak kesehatan mata. Perokok lebih rentan mengalami kerusakan retina akibat kandungan pada rokok tersebut. Selain itu paparan asapnya juga pedih di mata sehingga membahayakan. Sebaiknya Anda mulai memperhatikan hal demikian sebelum menyesal pada waktunya.

  1. Jangan terlalu lama memakai lensa

Lensa mata sudah menjadi gaya baru di kehidupan modern ini. Mata Anda akan tampak lebih Indah dengan beragam model pilihan. Namun ada beragam efek samping yang berbahaya di balik itu semua. Terutama bila Anda terlalu sering memakai lensa dalam kehidupan sehari-hari. Mata Anda bisa mengalami kerusakan permanen atau bahkan kebutaan. Jadi boleh menggunakan lensa tapi gunakanlah secara bijak,  jangan berlebihan.

  1. Rutin olahraga

Olahraga merupakan aktivitas penting bagi umat manusia. Badan menjadi lebih fit dan terhindar dari beragam penyakit. Namun tahukah Anda bahwa olahraga juga menjadi cara menjaga kesehatan mata yang baik. Dengan rajin berolahraga maka Anda dapat terhindar dari diabetes serta kolesterol tinggi yang mampu berimbas pada kesehatan mata. Imun tubuh juga akan meningkat sehingga aktivitas sehari-hari menjadi lancar.

Baca juga:  Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

  1. Jangan menyepelekan hal kecil

Sebagai manusia terkadang Anda tidak sadar beberapa hal membahayakan. Contohnya terkait dengan kesehatan mata seperti kelilipan maupun perih di mata. Jangan anggap enteng itu semua. Sebaiknya segera memberi tetes mata secukupnya ataupun mengompres dengan air bersih. Jangan pernah langsung mengucek mata dengan tangan karena bisa menyebabkan iritasi. Jika tak kunjung membaik ada baiknya segera lakukan cek ke dokter.

  1. Jangan gunakan tetes mata secara berlebihan

Tetes mata merupakan obat efektif mengatasi segala permasalahan terkait mata. Tapi layaknya obat lain,  jika pemakaian dilakukan secara berlebih tentu malah membahayakan kesehatan mata. Memakai obat tetes mata secukupnya menjadi cara menjaga kesehatan mata yang tepat. Gunakan sesuai petunjuk penggunaan. Jangan mudah panik,  memakainya secara berlebihan malah bisa memperburuk kondisi mata Anda.

  1. Manfaatkan mentimun

Mentimun bukan hanya menjadi sayuran yang segar untuk di konsumsi. Anda dapat memanfaatkan sayuran ini sebagai kompresan mata. Selain dapat digunakan sebagai masker,  timun juga dapat menyegarkan kelopak mata. Cara penggunaannya cukup mudah,  Anda hanya perlu membuat beberapa iris mentimun yang kemudian tempelkan pada kelopak mata. Lakukan cara demikian beberapa kali dalam seminggu agar mata tetap terlihat fresh dan cerah.

  1. Tidak terlalu sering menatap sinar langsung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sinar matahari dapat merusak kesehatan mata. Terutama bila Anda menatap langsung saat terik. Usahakan pandangan tidak memandang langsung sinar demikian agar retina mata tidak rusak. Anda juga dapat mencegah dengan cara lain seperti penggunaan kacamata hitam saat bekerja di luar ruangan. Cara menjaga kesehatan mata demikian sangat bijak agar terhindar dari kerusakan permanen.

  1. Rutin cek mata

Penyakit mata terkadang datang secara tiba-tiba. Sebab gejala bisa saja terlambat. Dari pada telat dalam penanganan maka lebih baik Anda secara rutin mengecek ke dokter mata. Pengecekan itu sendiri merupakan hal wajib paling tidak dua tahun sekali. Hal itu agar Anda tahu apakah fungsi indera penglihatan masih maksimal atau tidak. Selain itu juga apakah mata Anda membutuhkan bantuan kacamata atau tidak. Bahkan untuk usia 40 tahun ke atas di sarankan mengecek mata satu tahun sekali.

  1. Menjaga jarak pandang

Terkadang Anda tidak sadar kalau melihat sesuatu secara terlalu dekat membahayakan mata. Contohnya ketika sedang asyik menonton televisi kadang beberapa orang melihat layar sangat dekat. Hal demikian tentu tidak baik untuk kesehatan mata mengingat fungsi kerja mata akan tegang serta lebih melelahkan. Jadi atur jarak paling tidak sejauh 60 cm. Demikian pula ketika membaca buku maupun ketika sedang bermain laptop

  1. Rajin cuci tangan dan membersihkan lensa

Indera penglihatan seperti mata sangat rawan terkena bakteri dan kuman. Anda bisa saja secara tidak sadar membuat kuman maupun bakteri menempel di mata. Jadi rajin-rajinlah mencuci tangan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Rajinlah pula membersihkan lensa kacamata secara teratur agar terhindar dari bakteri yang ada. Selain itu lensa akan menangkap penglihatan yang lebih jelas saat dalam keadaan yang bersih.

 

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang patut Anda pahami. Mengingat fungsi indera penglihatan yang sangat penting maka ada baiknya Anda selalu memperhatikan secara baik agar kesehatan tetap terjaga. Jangan lupa perhatikan pula mengenai faktor genetik atau keturunan sebab beberapa keturunan penyakit mata lebih rawan terkena hal yang sama. anda dapat melakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi.