Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami

Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan
Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan AlamiTidak sedikit masyarakat yang mengalami gangguan pada tenggorokan yang disebabkan oleh lendir. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas.

Penyebab dari munculnya lendir di tenggorokan terjadi karena bakteri atau virus, faktor cuaca, debu, asap rokok, asap kendaraan.Hampir semua masyarakat pernah mengalami hal tersebut, biasanya gangguan pada tenggorokan disertai dengan batuk, pilek, rasa gatal atau sakit, pusing, bahkan demam.

Adanya lendir di tenggorokan, menyebabkan rasa pahit di lidah dan membuat kurangnya nafsu makan. Jangan anggap sepele batuk berlendir membuat aktifitas anda terganggu.

Lendir di tenggorokan seringkali mempengaruhi indera yang lain. Misalnya, hidung menjadi ikut tersumbat dan pendengaran terganggu karena saluran telinga ikut tersumbat.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami

  1. Batuk Efektif. Batuk adalah bentuk dari sistem tubuh kita yang bekerja secara alami. Batuk efektif harus dilakukan untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan dengan teknik batuk yang benar. Posisi anda duduk harus  posisi tegak. Siapkan tisu untuk menampung lendir/dahak. Jangan tahan batuk, gunakan tisu jika lendir/dahak keluar, dengan begitu semakin cepat lendir di tenggorokan atau di paru-paru berkurang.
  2. Terapi uap. Di zaman modern ini sudah ada banyak alat yang digunakan untuk terapi uap. Tapi itu adanya di dokter. Akan tetapi kita bisa membuat terapi uap sendiri dengan cara menggunakan wadah seperti baskom, kemudian masukkan air panas kemudian tambahkan minyak kayu putih atau ramuan jahe. Setelah hiruplah uap dari wadah tersebut. Terapi uap bisa membantu anda mengeluarkan lendir yang ada dalam tenggorokan.
  3. Ramuan jeruk nipis. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk membuat minuman segar. Tapi ternyata bisa digunakan untuk mengatasi lendir di tenggorokan. Cara membuatnya juga cukup mudah, siapkan 2 buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua bagian, kemudian peras jeruk nipisnya. Lalu ambil segelas air hangat masukkan perasan jeruk tersebut. Tambahkan sedikit madu murni dan aduk secara merata. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari sampai anda sembuh. Manfaat Jeruk Nipis Lainnya di: Cara Alami Yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati
  4. Minum jahe. Tanaman herbal yang sudah banyak digunakan sebagai bahan obat alami lainnya yaitu Jahe, kandungan didalamnya dapat membantu untuk mengatasi penyakit pada saluran pernafasan, dan membantu mengeluarkan lendir/dahak di tenggorokan. Cara pengolahnya cukup mudah, siapkan 2  ruas jahe yang sudah dicuci bersih, digepuk bisa mengguankan batu ulekan sebentar saja, kemudian masukkan ke dalam segelas air panas. Tambahkan madu murni 1 sendok makan, biarkan hingga hangat setelah itu minum. Anda bisa meminum ramuan jahe ini 3 kali sehari. Manfaat Jahe Lainnya di: Macam Macam Gejala Asma, Penyebab dan Cara Alami Mengobatinya
  5. Ramuan kunyit. Kandungan dalam kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengeluarkan virus yang ada dalam tubuh. Cara membuat ramuan kunyit untuk batuk juga simpel. Siapkan 2 ruas kunyit yang sudah dikupas dan cuci bersih. Parut kunyit tersebut kemudian peras, air perasan kunyit campurkan ke dalam setengah gelas air panas. Biarkan sebentar supaya hangat, bisa tambahkan madu murni. Minumlah 2 kali sehari.
  6. Perbanyak asupan cairan. Banyak meminum air putih dapat membantu lendir keluar. Membantu metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan dan juga dapat mengencerkan lendir/dahak di tenggorokan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa meminum air hangat agar lebih nyaman ke tubuh.
  7. Bawang putih. Mengonsumsi langsung beberapa bawang putih mentah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anda, termasuk untuk mengatasi batuk berdahak. Anda bisa mengonsumsi langsung seperti lalapan. Zat yang terkandung mampu membantu antibiotik dalam tubuh meningkat.
  8. Perbanyak konsumsi buah. Mengonsumsi buah-buahan yang memang memiliki banyak vitamin dan kandungan mineral, bisa menjaga agar kondisi tubuh anda tetap sehat. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh, juga menangkal berbagai jenis penyakit. Rajinlah mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Seperti jeruk, pepaya, mangga, anggur, melon, pisang, apel, dan yang lainnya.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara membuat obat a batuk secara alami. Alangkah baiknya jika anda melakukan pencegahan agar tidak terserang virus yang menyebabkan anda sakit. Anda bisa memakai masker jika tempat sekitar anda berada banyak debu, asap rokok, dan asap kendaraan.
Memperhatikan asupan gizi dari makanan yang anda konsumsi juga membantu anda mencegah dari terserangnya penyakit. Rutin berolahraga juga harus dilakukan.

Jika anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan menunjukan gejala demam yang tinggi, segeralah temui dokter.

Demikian ulasan Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan yang Efektif dan Alami. Semoga bermanfaat bagi pembaca @MasPenulis.